Analisis semiotika pada karakter dan symbol faksi pada game azur lane

  • Daffa Athaya Aryaputra Nirwana universitas Dr,Soetomo
  • Nevrettia Christantyawati Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 639 , pdf downloads: 306
Keywords: gamers, semiotik, android, azurlane

Abstract

Azur Lane merupakan game mobile asal Cina besutan Bilibili yang dirilis pada 25 Mei 2017. Game ini memiliki server Jepang dan global yang dirilis pada 14 September 2017 dan 20 Mei 2019. Bercerita tentang gadis kapal era Perang Dunia 2 yang bertempur melawan musuh yang disebut Siren. Dalam game ini terdapat 14 chapter utama yang berlatar di Perang Pasifik dan terdapat 9 faksi yang terlibat dalam Perang Dunia 2. Simbol faksi dan karakter utama setiap faksi menggunakan hal-hal yang terdapat pada dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pertanda dan penanda yang terdapat pada karakter dan simbol faksi dalam game Azur Lane. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori dalam penelitian ini menggunakan semiotika model Ferdinand de Saussure karena untuk megetahui tanda dan penanda dalam karakter dan simbol faksi pada game Azur Lane. Hasil dari penelitian ini adalah pada setiap simbol faksi yang terdapat pada game Azur Lane memiliki makna masing-masing. Simbol-simbol tersebut merepresentasikan negara-negara yang diwakilinya. Karakter utama dari setiap faksi yang terdapat dalam game ini merupakan representasinya dari kapal yang terkenal dan terbesar dari setiap negaranya.

Published
2022-07-31
How to Cite
Nirwana, D. A. A., & Christantyawati, N. (2022). Analisis semiotika pada karakter dan symbol faksi pada game azur lane. Journal Communication Specialist, 1(1), 45-60. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4876
Section
Articles