Pengaruh iklan rokok terhadap perilaku merokok pada wanita usia 20-30 tahun di Surabaya

  • Novia Fajar Rahmawati universities D,soeomo
  • Harliantara Prayuda Universitas Dr.Soetomo
Abstract views: 344 , PDF downloads: 402
Keywords: iklan, rokok, perempuan, perilaku

Abstract

Budaya merokok dikalangan wanita dewasa sudah hal yang biasa di mata masyarakat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara terpaan iklan rokok terhadap perilaku merokok pada wanita usia 20-30 tahun di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini yaitu wanita merokok dengan usia 20-30 tahun yang berjumlah 97 orang. Intrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui respon subyek terhadap apa yang diinginkan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara terpaan iklan rokok terhadap perilaku merokok pada wanita yang berumur 20-30 tahun di Kota Surabaya. Dalam hal ini bisa ditunjukkan data yaitu (sig) < α atau 0,017 < 0,05, maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho tolak, maka dapat diartikan bahwa dari pengaruh terpaan iklan rokok dari poster, internet, iklan TV, dll sangat mempengaruhi Perilaku perempuan untuk melakukan aktivitas merokok. Dari hasil penelitian indikator media yang lebih dominan mempengaruhi yaitu iklan rokok yang ditampilkan pada TV melalui penjelasan dan gambar produk rokok yang ditayangkan terdapat 72% atau yang memilih setuju 41 responden dari 97 responden yang dipilih. Sisa 28% dipengaruhi dari faktor-faktor lain.

Published
2022-07-31
How to Cite
Rahmawati, N. F., & Prayuda, H. (2022). Pengaruh iklan rokok terhadap perilaku merokok pada wanita usia 20-30 tahun di Surabaya. Journal Communication Specialist, 1(1), 111-122. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4880
Section
Articles