Komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam proses pembelajaran

  • Rizki Aditia universities Dr. Soetomo
  • R Hartopo Eko Putro Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 470 , pdf downloads: 0
pdf downloads: 134
Keywords: komunikasi, antarpersonal, siswa, orang tua, prestasi

Abstract

Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP AL AMIN Surabaya. Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di Sekolah SMP AL AMIN Surabaya. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif, descriptif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam peneliti ini yang menjadi sumber data adalah orang tua dan juga guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal yang dilakukan orang tua terhadap anak dilingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Komunikasi yang digunakan ialah komunikasi verbal dan non verbal yang bersifat relasional. Guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran dan mendidik dalam lingkungan sekolah juga berperan penting dalam prestasi yang diharapkan siswa. Dari apa yang sudah diuraikan diatas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan secara langsung dapat mempengaruhi dan merubah segala hal, prestasi belajar, karakteristik, pikiran, kebiasaan, sikap dan perilaku. Semua itu ialah umpan balik yang diberikan melalui komunikasi interpersonal.

Published
2022-07-31
How to Cite
Aditia, R., & Putro, R. H. E. (2022). Komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam proses pembelajaran. Journal Communication Specialist, 1(1), 81-88. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4881
Section
Articles