IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA DEPARTEMEN HUMAS UNIVERSITAS MERDEKA MALANG

  • TABITA TERESIA KUBELLA -
Abstract views: 423 ,
Keywords: Iklim Komunikasi Organisasi, Komunikasi, Perbedaan Generasi

Abstract

Generasi X, Y maupun Z didefinisikan sebagai perbedaan generasi atau generational differences. Pengertian generational differences secara sederhana adalah pemetaan atau pengelompokan manusia berdasarkan kategori umur dengan range tertentu yang memiliki ciri-ciri yang sangat khas, atau gap generasi ini dapat didefinisikan sebagai keseluruhan orang dari generasi ke generasi. Perbedaan antar generasi menjadi masalah utama pada angkatan kerja saat ini. Ketiga generasi berbeda yaitu, Generasi X, Y dan Z memiliki cara pandang berbeda sehingga sehingga sering menimbulkan miskomunikasi pada keseharian organisasinya. Persepsi menjadi penting karena menentukan bagaimana setiap individu melakukan interpretasi dan pemaknaan terhadap setiap kejadian yang berlangsung disekitarnya. Pada penelitian ini lingkungan yang dimaksud adalah organisasi sebagai tempat bekerja. Perbedaan antar generasi ini akan menjadi sangat penting bagi perkembangan setiap organisasi yang memiliki angkatan kerja yang berasal dari generasi kerja yang berbeda. Departemen Humas Universitas Merdeka Malang sebaiknya mengetahui dampak yang ditimbulkan dari lintas generasi ini pada iklim komunikasi organisasi, bisa berdampak positif atau berdampak negatif terhadap organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Metode Eksplanatif Kulaitatif. Temuan yang penting dalam penelitian ini Komunikasi yang memiliki proses sangat lama bahkan sampai 12, 10, dan 9 tahun masa kerja membuktikan kepercayaan yang terjadi antara arus pesan ke bawah maupun ke atas sangat kuat. Perbedaan generasi yang ada tidak mempengaruhi sistem kerja bahkan iklim komunikasi organisasi di dalam departemen Humas Universitas Merdeka Malang. Disadari atau tidak bahwa memiliki karyawan dengan generasi berbeda mereka akan memiliki perpaduan yang unik dengan kreatifitas yang terbentuk dari dalam diri mereka sesuai dengan kemampuan dan pekerjaan mereka masing-masing. Justru sesama generasi di dalam kepemimpinan yang notabene sama-sama generasi X yang tidak memiliki ekuilibrium di dalam Iklim Komunikasi Organisasi dan berdasarkan analisis kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi dengan tambahan temuan peneliti yang perlu dimasukkan adalah Kapabilitas dan Afiliasi untuk menunjang ekuilibrium Iklim Komunikasi Organisasi Pada Generasi Yang Berbeda.

Kata Kunci :Iklim Komunikasi Organisasi, Komunikasi, Perbedaan Generasi

 

Generations X, Y and Z are defined as generational differences. The definition of generational differences is simply the mapping or grouping of humans based on age categories with a certain range that has very distinctive characteristics, or this generation gap can be defined as a whole person from generation to generation. Differences between generations are a major problem in today's workforce. The three different generations, namely, Generations X, Y and Z have different perspectives so that it often causes miscommunication in the daily life of the organization. Perception is important because it determines how each individual interprets and interprets every event that takes place around him. In this study, the environment in question is the organization as a place to work. This intergenerational difference will be very important for the development of any organization that has a workforce that comes from different working generations. The Department of Public Relations of Merdeka University Malang should know the impact of this cross-generation on the organizational communication climate, it can have a positive or negative impact on the organization. This study uses a qualitative approach with the Qualitative Explanatory Method. An important finding in this study Communication which has a very long process even up to 12, 10, and 9 years of service proves that the trust that occurs between the downward and upward message flows is very strong. The existing generational differences do not affect the work system and even the organizational communication climate within the Department of Public Relations, Universitas Merdeka Malang. Whether they realize it or not, having employees with different generations will have a unique blend of creativity that is formed from within them according to their respective abilities and work. Precisely fellow generations in leadership who incidentally are both generation X who do not have equilibrium in the Organizational Communication Climate and based on trust analysis, joint decision making, honesty, openness in downward communication, listening in upward communication, attention to goals high performance with additional research findings that need to be included are Capabilities and Affiliations to support the equilibrium of Organizational Communication Climate in Different Generations.

Keywords: organizational communication climate, Communication, Generation Difference

Published
2022-10-31
How to Cite
KUBELLA, T. T. (2022). IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA DEPARTEMEN HUMAS UNIVERSITAS MERDEKA MALANG. Journal Communication Specialist, 1(4), 532-555. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4894
Section
Articles