ANALISIS STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION PERGURUAN TINGGI SWASTA UNMER MALANG (STUDI KASUS OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI)

  • Firmando Sion Prayoga Unitomo
Abstract views: 494 ,
Keywords: Komunikasi Korporat, Media Digital, Reputasi, era industri 4.0.

Abstract

Pandemi Covid 19 telah memberikan perubahan dalam aktifitas corporate communication yang selama ini menjadi tugas inti dari Biro Humas UNMER Malang. Kondisi pandemi telah men-switch  kegiatan kehumasan mengarah pada cyber public relations. Saat ini reputasi perguruan tinggi juga sangat ditentukan oleh kesiapan perguruan tinggi dalam melakukan transformasi digital di berbagai bidang. Pemanfaatan media digital dan teknologi internet sebagai sarana komunikasi korporasi ini sangat urgent karena akan memudahkan perguruan tinggi untuk mendistribusikan informasi secara luas dan tepat sasaran Membangun sebuah fungsi komunikasi korporat dengan cara memulai isu global dan langkah strategis merupakan pendekatan yang paling efektif, yang selanjutnya dapat dikembangkan ke dalam aspek-aspek yang lebih sempit dan mengerucut dari fungsi tersebut. Fungsi komunikasi korporasi menopang pengembangan reputasi dari perusahaan yang kemudian akan menjadi identitas organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksplenatif kualitatif. Temuan penting dalam penelitian ini adalah perkembangan kegiatan kehumasan yang mengarah pada cyber public relations pada akhirnya menuntut ketanggapan dalam percepatan teknologi digital. Jika saat ini penyampaian informasi lebih dominan disebarkan melalui media sosial, dalam beberapa tahun ke depan kemungkinan besar perubahan trend akan terjadi. Wacana tentang metaverse misalnya harus diperhatikan sebagai salah satu bentuk baru platform yang perlu diikuti perkembangannya untuk menetapkan strategi yang tepat dalam penyampaian informasi. Namun demikian lebih dari itu, data bertahun-tahun yang mengungkapkan bahwa pemasok informasi pertama pada calon mahasiswa adalah keluarga, kerabat dan alumni UNMER Malang maka peningkatan kualitas internal harus menjadi concern bersama. Sehingga komunikasi korporat UNMER Malang harus dititikberatkan pada kepuasan mahasiswa, alumni, hingga karyawan dalam yang terlibat di UNMER Malang, yang kemudian diwujudkan dalam testimoni mereka pada masyarakat luas, sehingga terbentuklah image dan reputasi perusahaan, dan akhirnya tujuan jangka panjang UNMER Malang dapat tercapai.

Published
2022-10-31
How to Cite
Prayoga, F. S. (2022). ANALISIS STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION PERGURUAN TINGGI SWASTA UNMER MALANG (STUDI KASUS OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI). Journal Communication Specialist, 1(4), 520-531. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/4911
Section
Articles