Adolescent Religious Behavior In Using Instagram Social Media

  • yessica agusti unitomo
  • Redi Panuju Unitomo
  • Nur'annafi Farni Syam Maella
Abstract views: 322 , pdf downloads: 33
Keywords: Media Sosial , Instagram, Perilaku Religius, Gereja , Komunikasi religius

Abstract

Media sosial dengan segala keunggulannya dapat membantu dalam segala bentuk komunikasi termasuk salah satunya yaitu Instagram. Berdasarkan pada informasi dalam komunikasi, terdapat komunikasi yang bersifat religius yaitu menggunakan Instagram untuk mengungkapkan berbagai hal yang bersifat religius. Komunikasi seperti ini khususnya bagi anak mudah atau remaja bisa terus dibudayakan untuk membangun generasi yang religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku religius remaja di gereja AGC dalam penggunaan media sosial Instagram. Tujuan komunikasi religius melalui instagram untuk mengkontribusikan terbentuknya semangat religius yang ter-internalisasi diri. Kecemasan terkait dengan semakin memudarnya peran agama dalam menampilkan wajah yang menyejukkan, seringkali menghadapi banyak hambatan dan tantangan, terutama dalam membentuk generasi manusia yang mengedepankan semangat persaudaraan dan solidaritas bersama tanpa memandang latar belakang dari masing-masing pribadi dan kelompok. Media sosial merupakan alat komunikasi yang dimaknai sebagai kenyataan sosial yang memiliki manfaat masing-masing dan individu dalam melakukan tindakan yang memiliki kontribusi kepada masyarakat. Tipe penelitian adalah penelitian kualitatif, teknik analisis data menggunakan wawancara mendalam (depth interview).  Informan penelitian yang dipilih adalah satu remaja Gereja AGC Sidoarjo. Wawancara dilakukan dengan menggunakan panduan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis isi yaitu mengupas mengenai isi pesan yang dikomunikasikan melalui Instagram.

Published
2022-09-01
How to Cite
agusti, yessica, Panuju, R., & Nur’annafi Farni Syam Maella. (2022). Adolescent Religious Behavior In Using Instagram Social Media . Journal Communication Specialist, 1(2), 206-217. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5006
Section
Articles