Interpersonal Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Anak Pengguna Gadget Aktif (Study Kasus Pada Keluarga Dengan Anak Usia 7-10 Tahun)

Interpersonal Communication Between Parents and Children Active Gadget Users (Case Study On Family With Children Aged 7-10 Years)

  • yesi agustin erlangga
Abstract views: 31 , PDF downloads: 28

Abstract

Komunikasi adalah proses dimana seseorang atau beberapa orang (kelompok, organisasi, komunitas) menyampaikan informasi untuk berhubungan dengan orang lain dan lingkungan. Secara umum, komunikasi dilakukan secara verbal atau lisan yang dapat dipahami oleh dua pihak atau lebih. Namun, jika penggunaan bahasa lisan tidak dapat dipahami, dimungkinkan untuk berkomunikasi melalui gerak tubuh atau dengan menunjukkan sikap tertentu, seperti menggelengkan kepala atau mengangguk, dan tersenyum. Metode ini disebut komunikasi nonverbal.

Komunikasi interpersonal merupakan salah satu komunikasi yang sering digunakan dalam keluarga untuk saling memahami lawan bicara. Komunikasi ini di fokuskan untuk bisa berkomunikasi dua arah dengan lawan bicara agar tercipta paham yang sama. Dalam keluarga dimana anak menjadi pengguna gadget aktif, komunikasi interpersonal merupakan salah satu cara paling efektif untuk bisa menyamakan paham antara anak dan orang tua yang bisa memperlancar orang tua untuk bisa mengarahkan anak mereka.

Dari berbagai cara komunikasi, komunikasi interpersonal sangat membantu bagi orang tua untuk mengarahkan anak mereka karena anak bisa merasakan keintiman dalam berkomunikasi dengan orang tua mereka. Komunikasi interpersonal menuntut pengguna komunikasi ini untuk saling bertatap muka dan salling berkomunikasi secara langsung dan verbal.

Kata Kunci : Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Anak, Gadget, verbal

Published
2024-03-27
How to Cite
agustin, yesi. (2024). Interpersonal Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Anak Pengguna Gadget Aktif (Study Kasus Pada Keluarga Dengan Anak Usia 7-10 Tahun): Interpersonal Communication Between Parents and Children Active Gadget Users (Case Study On Family With Children Aged 7-10 Years). Journal Communication Specialist, 3(1), 68-72. https://doi.org/10.25139/jcs.v3i1.5316
Section
Articles