PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS DI KALANGAN REMAJA GEN Z

  • Dewi Kinanti Student
Abstract views: 1602 ,
Keywords: Creativity, Gen Z, TikTok

Abstract

TikTok menjadi trend baru dan menjadi budaya yang cukup berpengaruh penggunaannya di Indonesia. Terlebih lagi TikTok digunakan sebagai media kreativitas di kalangan remaja Gen Z, sehingga penggunaan TikTok mengalami tren yang menanjak naik cukup tajam. Dengan media sosial TikTok, selain dapat digunakan untuk mengekspresikan diri, tetapi juga bisa melatih diri untuk menjadi pribadi yang kreatif dan penuh inovasi. Karena alasan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan aplikasi TikTok itu sendiri sebagai media kreativitas serta dampak positif dan negatif di kalangan remaja Gen Z. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan naratif dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Pada penelitian ini wawancara dilakukan kepada tiga orang informan yaitu satu informan utama dan dua orang informan pendukung. Informan utama pada penelitian ini adalah Alya Avivah sebagai Konten Kreator dan informan pendukung yaitu Gisella Syarief dan Ratu Namira sebagai pengguna aktif aplikasi TikTok. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok memiliki pengaruh terhadap pengembangan kreativitas remaja Gen Z.

Published
2022-12-19
How to Cite
Dewi Kinanti. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS DI KALANGAN REMAJA GEN Z. Journal Communication Specialist, 1(6), 736-746. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5512
Section
Articles