Pemanfaatan isi Film Filosofi Kopi sebagai Referensi Bagi Motivasi Diri Para Pebisnis Coffee Shop dan Barista
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana film “Filosofi Kopi” dimanfaatkan para
pebisnis Coffee Shop dan barista (peracik kopi) sebagai motivasi diri masing – masing dalam
memajukan usaha atau profesinya. Merupakan film drama yang menceritakan dua orang sahabat
yang menghadapi banyak tantangan dalam merintis kedai kopi. Penggunaan isi media massa
menurut John Vivian digunakan peneliti untuk menganalisa dan menjabarkan temuan data.
Dari hasil wawancara mendalam terhadap para narasumber, peneliti menemukan bahwa isi cerita
dari film “Filosofi Kopi” dijadikan referensi oleh para pebisnis coffee shop dan barista untuk
mengembangkan usaha dan profesinya. Selain terhibur oleh film tersebut, mereka cenderung
terinspirasi oleh dua tokoh sentral dalam film karena semangat yang digambarkan tokoh tersebut,
selain itu perjalanan mereka dalam merintis kedai kopi membuat para narasumber ingin
mengalaminya dalam kehidupan nyata.
Kata kunci : Film Filosofi Kopi, Kedai Kopi, Coffee Shop, Barista, Penggunaan Isi Media,
Referensi, Motivasi
Abstract
This research is intended to see how’s “Filosofi Kopi” movie used by coffee shop’s
businessman and barista (the coffee mixer) as motivate themselves in developing their business or
advancing their profession. This film is a drama film about friends who face many challenges in
raising their coffee shop’s. The uses of mass media by John Vivian is used by researchers to analyze
and describe the data.
From the results of in-depth interviews with the interviewees, the researchers found that the contents
of the story of the "Filosofi Kopi" movie were used as references by coffee shop’s businessman and
barista to developing their business and advancing their profession. Besides being entertained by
the movie, they tend to be inspired by the two central characters in the movie because of the passion
the character’s despict, also their journey in raising coffee shops makes the interviewees want to
experience it in real life.
Keywords : Filosofi Kopi Movie, Coffee Shop, Barista, Mass Media Uses, Reference, Motivation