Storytelling Kampung Lawang Seketeng Surabaya Melalui Flatform Media Digital

  • Adi Tia Firman Syaivudin Adi Universitas Dr. Soetomo
  • Zulaikha Universitas Dr. Soetomo
  • Sanhari Prawiradiredja Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 27 , PDF downloads: 54
Keywords: Storytelling, Media Digital, Destinasi Wisata, Kampung Lawang Seketeng Surabaya

Abstract

Destinasi Wisata Surabaya merupakan aset Sejarah yang menyimpan banyak cerita sejarah kehidupan bangsa Indonesia di masa lalu yang harus dijaga dan di lestarikan secara baik dan telah di resmikan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 11 November tahun 2019 sebagai kampung sejarah. Pesatnya perkembangan teknologi media digital mempengaruhi suatu potensi Destinasi wisata Surabaya yang menjadi ciri khas kearifan lokal dan menjadikan Kampung Lawang Seketeng Surabaya sebagai Destinasi Wisata Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis konten (content analysis), menyusun melihat objek penelitian melalui perspektif naratif, dimana disampaikan adalah sebuah cerita. Analisis data menggunakan metode semiotika yang digunakan untuk penelitian ini adalah content analysis dan paradigma naratif. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media digital dapat berpotensi dan mampu dalam meneganalkan suatu destinasi wisata dimana kampung lawang seketeng memiliki peninggalan sejarah kota Surabaya yang di kemas dalam sebuah video yang bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata sejarah yang berada ditengah kota Surabaya. Dengan adanya video mengenai destinasi wisata yang ada di media digital secara tidak langsung netizen biasanya akan menyebarluaskan cerita yang memuat kearifan lokal. Mereka pada umumnya akan mencari sumber informasi yang dapat mencangkup seluruh informasi secara baik, diantaranya melalui melalui storytelling yang beredar di media sosial. Perkembangan teknologi digital membuat seseorang ingin menceritakan kembali melalui storytelling dengan lebih baik dan metode pembahasan yang lebih menarik untuk di ceritakan kembali.

Published
2023-07-27
How to Cite
Adi, A. T. F. S., Zulaikha, & Sanhari Prawiradiredja. (2023). Storytelling Kampung Lawang Seketeng Surabaya Melalui Flatform Media Digital. Journal Communication Specialist, 2(2), 345-355. https://doi.org/10.25139/jcs.v2i2.6332
Section
Articles