Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Word Of Mouth, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal, word of mouth, dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Sejahtera Buana Trada Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pembeli mobil di PT. Sejahtera Buana Trada Surabaya. Sampel penelitian diambil sebanyak 40 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil uji F, komunikasi interpersonal, word of mouth, dan personal selling secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik komunikasi interpersonal, maka keputusan pembelian konsumen akan semakin tinggi. Word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik word of mouth, maka keputusan pembelian konsumen akan semakin tinggi. Personal selling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik personal selling yang dilakukan, maka keputusan pembelian konsumen akan semakin tinggi.