Analisis Semiotika Pada Logo Baru PT. Telekomunikasi Seluler

  • Florianus Charles Jaques Universitas Dr. Soetomo
  • Yenny Universitas Dr. Soetomo
  • Citra Rani Angga Riswari Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 43 , PDF downloads: 18

Abstract

Logo merupakan salah satu aspek visual yang mencerminkan suatu perusahaan, produk, komunitas serta organisasi dan lembaga atau yang lainya yang mempunyai makna atau filosofi yang berasal dari kebudayaan serta identitas suatu Lembaga tersebut. Logo berfungsi sebagai suatu pembeda dari suatu lembaga ataupun organisasi atau entitasnya dengan entitas lainya. PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) merupakan operator selular asal Indonesia yang pada tahun 2021 melakukan perubahan logo perusahaan mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apa saja makna – makna yang terdapat pada logo baru PT. Telekomunikasi Selular. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce (Representamen, Object, Interpretant). Semiotika merupakan kajian ilmu yang mempelajari tentang tanda – tanda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi & Studi literature yakni  mengumpulkan informasi serta data yang berkaitan dengan penelitian.. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanda-tanda yang terkandung dalam logo baru Telkomsel meliputi aspek kebudayaan lokal yakni batik Indonesia serta aspek teknologi digital yang diwakili dalam wujud portal.

Published
2023-10-23
How to Cite
Florianus Charles Jaques, Yenny, & Citra Rani Angga Riswari. (2023). Analisis Semiotika Pada Logo Baru PT. Telekomunikasi Seluler. Journal Communication Specialist, 2(3), 520-533. https://doi.org/10.25139/jcs.v2i3.7166
Section
Articles