Analisis Semiotika Iklan Indomie Versi “Hidupkan Inspirasimu”


Abstract
Indomie merupakan produk yang populer di Indonesia dan bisa disebut melegenda. Indomie terjangkau bagi konsumen tanpa mengorbankan standar kualitasnya Indomie sudah memiliki product image dan brand awareness di benak konsumen mie instan Indonesia. Pada September 2022, Indomie akan merayakan hari jadinya yang ke-50. Dan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk melakukan iklan Indomie versi “Hidupkan Inspirasimu” yang diiklankan di TV. Tidak hanya di televisi, iklan Indomie juga menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube. Iklan tentunya memiliki pesan dan makna yang penting untuk sebuah produk yang dipromosikan. Pada iklan Indomie versi “Hidupkan Inspirasimu” ini ada inovasi yang baru melalui kreasi yang akan terus menjadi inspirasi. Dan adanya nilai yang dipertahankan untuk sebuah produk Indomie tetap menarik. Karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengungkapkan tanda yang memiliki makna di iklan Indomie versi “Hidupkan Inspirasimu”. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Unit analisis dari penelitian ini adalah tanda-tanda serta makna pesan pada iklan Indomie versi “Hidupakan Inspirasimu pada setiap scene yang sudah di-capture berupa representament, object dan interpretant seperti yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklan produk Indomie ini bukan hanya dikenal sebagai sebuah produk makanan yang sudah terkenal tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi diri melalui berbagai konsep inspirasi yang berbeda-beda. Dan bukan hanya untuk produk Indomie, tetapi bagi yang melihat iklan itu jadi bisa untuk menghidupkan inspirasinya dan memberikan dampak positif.