Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs
<p class="p1">Jurnal Studi Komunikasi, salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo, didirikan pada Januari 2022 Journal Communication Spesialist, jurnal peer-review tersamar ganda, mengeksplorasi pertanyaan konstruktif ke berbagai bidang mempelajari Ilmu Komunikasi.</p> <p class="p1">Ini membahas masalah dengan pandangan multi-perspektif dalam Ilmu Komunikasi. Journal Communication Spesialist yang terbit pada setiap dua bulan. Semua artikel dalam jurnal ini terdaftar dengan DOI unik, disediakan oleh Crossref. Journal communication spesialist juga terindeks oleh DOAJ (Directory of Open Access Journal) serta menjadi bagian dari anggota Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI) - </p>en-US[email protected] (Nurannafi Farni Syam Maella)[email protected] (Nurannafi FSM)Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0700OJS 3.1.1.0http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Komunikasi Antarbudaya Antara Mahasiswa Papua Dengan Mahasiswa Surabaya Di Universitas Dr. Soetomo Surabaya
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6536
<p>Indonesia memiliki beragam suku dan kebudayaan, kebudayaan itu mencakup banyak aspek dalam kehidupan manusia, mulai dari sistem religi dan kepercayaan, teknologi, dan peralatan, kesenian, hingga nilai-nilai dan norma-norma yang mengatur anggota masyarakat yang ada dalam budaya tersebut.Seperti halnya budaya di papua berbeda dengan budaya di surabaya, sehingga terdapat anekaragam perbedaan budaya tak hanya perbedaan bahasa, tetapi juga perbedaan kepercayaan, nilai, norma, sikap, persepsi mengenai suatu hal, hingga perbedaan pemaknaan terhadap pesan baik secara verbal maupun non-verbal. Komunikasi antarbudaya tidak hanya terjadi di lingkungan masyarakat pada umummnya tetapi terjadi juga dalam lingkungan pendidikan, salah satunya di Universitas Dr.Soetomo Surabaya, mahasiswa yang ada didalamnya terdiri dari latar belakang sosial budaya yang berbeda baik dari Papua itu sendiri yang mendiami kota Surabaya. Tujuan untuk mengetahui komunikasi antarbudaya antara mahasiswa Papua dengan Mahasiwa Surabaya di Universitas Dr.Soetomo.</p> <p> Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan model taxonomical research. Key informant dalam penelitian ini berjumlah 5 orang mahasiswa Papua dan beberapa mahasiswa Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, Studi pustaka dan observasi. Pengumpulan data dengan menggunakan interview guide. Berdasarkan hasil penelitian penulis, mahasiswa Papua adalah orang yang baik, terbuka dan suka membantu . dan waktu mengobrol mereka lumayan singkat, biasanya karena mereka takut adanyaa miskomunikasi Sehingga disimpulkan adanya hambatan dalam masalah bahasa,yang mengakibatkan miskomunikasi, tetapi juga pemahaman terhadap aspek budaya yang terjadi diantara mereka.Apalagi budaya mereka sangat berbeda jauh dengan budaya yang ada di surabaya baik dalam hal kepercayaan, nilai, dan norma-norma yang dianut. Saran untuk Mahasiswa Papua dan mahasiswa Surabaya agar saling memahami dan menghargai perbedaan budaya .</p>MUHAMAD FARMAN SALAM
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6536Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0700ANALISIS KONTEN MEDIA INSTAGRAM LAPIS KUKUS PAHLAWAN SURABAYA
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6732
<p>Komunikasi pemasaran sangat penting bagi semua usaha supaya bisnis berjalan dengan lancar, tak terkecuali di dalam suatu perusahaan. Penting bagi perusahaan menjalin komunikasi yang baik dengan audiens atau konsumen agar tercipta hubungan baik sehingga produk yang dipasarkan laris terjual. Komunikasi pemasaran menjadi kunci utama keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya supaya mencapai target. Trend memasarkan produk di media social sangat efektif dan menarik terutama melalui media Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran melalui media Instagram yang terjalin antara perusahaan dan konsumen berjalan dengan baik atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penampilan data, dan menarik kesimpulan. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan mengamati akun media sosial Instagram dari Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Analisis Konten Media Instagram Lapis Kukus Pahlawan Surabaya sudah berjalan dengan efektif.</p> <p> </p> <p><em>Marketing communication is very important for all businesses so that the business runs smoothly, not least in a company. It is important for companies to build good communication with audiences or consumers in order to create good relationships so that the products being marketed are selling well. Marketing communication is the main key to the success of a company in marketing its products in order to achieve the target. The trend of marketing products on social media is very effective and interesting, especially through Instagram. The purpose of this study is to find out how marketing communications through Instagram media that exist between companies and consumers are going well or not. The method used in this research is descriptive qualitative using data collection, data reduction, performance data, and interesting conclusions. The data from this research were obtained by observing Instagram social media accounts from Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Based on the results of the analysis of the data obtained, it can be concluded that Media Content Analysis for Instagram Lapis Kukus Pahlawan Surabaya has been running effectively.</em></p>Nissa Zahralilalamin Nissa Zahralilalamin
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6732Wed, 15 Jan 2025 12:25:37 +0700Analisis Framing Pemberitanaa Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Di Media Online Bola.net
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6762
<p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ABSTRAK</span></span></strong></p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini dilatarbelakangi disebutnya suporter saat pertandingan di Liga 1 2021-2022 antara Arema dengan Persebaya. </span><span style="vertical-align: inherit;">Karena kecewa Aremania melihat tim mereka, tak terpecahkan dalam 23 tahun, di kandang melawan Persebaya, pada laga tersebut Arema mengalami kekalahan dengan skor 2-3 oleh Persebaya yang berimbas melenggang di area Stadion Kanjuruhan, Malang. </span><span style="vertical-align: inherit;">Dengan korban tersebut di lakukan penembakkan gas air mata oleh pihak kepolisian ke arah tribun dan lapangan yang mengakibatkan korban sebanyak 712 orang dan 132 orang meninggal dunia. </span><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 4 elemen yang berdampak saat penangkapan tersebut yaitu : Suporter Aremania, Pihak Keamanan Kepolisian, TGIPF (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta), dan Manajemen Pelaksana.</span></span></p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. </span><span style="vertical-align: inherit;">Data dikumpulkan dengan teknik analisis framing media dengan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. </span><span style="vertical-align: inherit;">Dalam penelitian ini sebanyak 10 berita yang digunakan untuk menganalisi data; </span><span style="vertical-align: inherit;">2 Oktober 2022 dengan judul berita “Update Korban Jiwa: Tragedi Kanjuruhan 129 Nyawa Melayang” tanggal 2 Oktober 2022 dengan judul berita “Buntut Tragedi Kanjuruhan, PT LIB Hentikan Liga 1 2022/23 Selama Sepekan”, tanggal 2 Oktober 2022 dengan judul berita “Tragedi Kanjuruhan: Massa Sudah Anarkis”, tanggal 4 Oktober 2022 dengan judul berita “Ini Alasan Panpel Tak Segera Buka Pintu Stadion pada Tragedi Kanjuruhan”, tanggal 5 Oktober 2022 dengan judul berita “Gelar Rapat Perdana, Ini Rancangan Rekomendasi TGIPF Tragedi Kanjuruhan”, </span><span style="vertical-align: inherit;">tanggal 6 Oktober 2022 dengan judul berita “Ini Alasan Dirut PT LIB Jadi Tersangka Dalam Tragedi Kanjuruhan”, tanggal 10 Oktober 2022 dengan judul berita “TGIPF Tragedi Kanjuruhan Kantongi Sejumlah Barang Bukti dari Kunjungan di Malang”, tanggal 11 Oktober 2022 dengan judul berita “PSSI Dipanggil TGIPF Terkait Tragedi Kanjuruhan, Begini Hasilnya”, tanggal 12 Oktober 2022 dengan judul berita “Pernyataan Polisi bahwa Gas Air Mata Tak Membunuh Disebut Defensif dan Tak Berempati”, tanggal 21 Oktober 2022 dengan judul berita “Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan Kembali Bertambah, Kini Jadi 134 Orang. </span><span style="vertical-align: inherit;">Data tersebut di ambil pada tanggal 2 Oktober – 21 Oktober 2022. Sementara analisis kualitatif diambil dari interpretasi data dengan memberikan keterangan dan penjelasan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil penelitian menunjukkan bahwa bola.net dapat dikaitkan dengan analisis framing media.</span></span></p>Mochammad Ainul Yaqin
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6762Wed, 15 Jan 2025 12:27:31 +0700PENGGUNAAN BAHASA GAUL DALAM PERGAULAN SOSIAL MELALUI MEDIA WATSAPP
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6314
<p>Penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan peneliti terhadap bahasa subkultural dalam bermedia sosial di kalangan Remaja. Peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mencari tahu tentang bahasa khusus Remaja dalam berkomunikasi melalui media sosial <em>WattsApp</em>. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif. Peneliti menunjuk lima narasumber yang terdiri dari lima remaja yang berbeda kota asal, 2 remaja berasal dari Surabaya asli, 2 remaja berasal dari Madura yang bertempat tinggal di Surabaya dan 1 remaja berasal dari Papua dan baru bertempat tinggal di Surabaya beberapa tahun yang lalu. Dari ke lima narasumber tersebut peneliti akan mewawancarai terkait pendapat bahasa khusus yang ada di Surabaya.</p> <p> Dengan melalui aplikasi <em>WatsApp </em>tersebut, peneliti ingin mengetahui kemudahan aplikasi, manfaat dalam menggunakan media sosial, penyampaian komunikasi, hambatan dan dampak positif dan negatif bermedia sosial. dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi <em>WatsApp </em> menjadi salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan, terlihat dari beberapa rangkaian tes wawancara seperti pengumpulan data serta menjalin komunikasi dan tujuan penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu bahasa Bahasa gaul dalam bermedia sosial dengan melalui salah satu aplikasi yaitu <em>WatsApp</em>.</p> <p>Kata kunci : Bahasa Gaul<em>, </em>Komunikasi <em>Cyber</em>, Remaja</p>Rina Dwi Agustin Rina
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6314Wed, 15 Jan 2025 12:33:25 +0700Komunikasi Publik Pemerintahan Dalam Penyusunan dan Implementasi Peta Jalan Revitalisasi SMK di Jawa Timur
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5992
<p>Presidential Instruction Number 9 of 2016 concerning Vocational High School Revitalization in order to improve the competitiveness of Indonesian human resources has become a reference for the Ministry of Education, Culture, Research and Technology to implement vocational revitalization programs throughout Indonesia by considering regional potential, resources and real needs manpower to support economic development and regional development. The Presidential Instruction has been responded to by the East Java Provincial Government through Governor Regulation number 22 of 2017 concerning the acceleration of the revitalization of Vocational High Schools in East Java Province. This study aims to determine the organizational communication strategy of the East Java Provincial Government in compiling a Vocational High School Revitalization Roadmap that requires Regional Apparatus Cooperation, the Role and Participation of the Business and Industry World, suggestions and input from universities as well as harmonious Regency/City Government synergies.</p>Adji Widyaningrum
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5992Wed, 15 Jan 2025 12:41:27 +0700A City Government Communication in Encouraging MSMEs in the Pandemic Period
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5424
<p><em>Government communication is not only about communication that is used as a tool or instrument used by the government to provide delivery to get various messages and information. The Surabaya City Government (Pemkot) continues to strive to improve the wheels of the community's economy. Especially to the perpetrators of Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)</em> <em>in the City of Heroes who were affected by the pandemic so that their sales turnover decreased. Through the Peken Surabaya website (Economic empowerment and economic resilience nang suroboyo) also helps promote UMKM products with various choices, in collaboration with all UMKM</em><em>’</em><em>s in the city of Surabaya.</em> <em>Based on the discussion and analysis, in terms of its role as a catalyst, to encourage assisting UMKM’s in increasing the amount of production or production quality with the efforts of the Surabaya City UMKM Cooperatives and Trade Office to provide empowerment and facilities, especially during the COVID-19 pandemic. continue to build the spirit of the fighters driving UMKM’s in Surabaya.</em> <em>Based on the results in the field, UMKM owners who are in the old age group are indeed not very active in developing their business through online with a variety of diverse social media media and frequent delivery of information because their understanding of online media is also decreasing so that they are unable to access many media but with the assistance of the UMKM Cooperatives and Trade Office of the City of Surabaya, they are able to compete with young UMKM’s, where in addition to going online there is also the facilitation of the UKM Center from the government to market and sell UMKM products in Surabaya.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: <strong>City Government, Government</strong></em><strong> <em>Communications, </em></strong><strong><em>UMKM</em></strong><strong><em>, Peken Surabaya</em></strong></p> <p><em> </em></p>sazkia
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5424Wed, 15 Jan 2025 12:46:46 +0700PENDEKATAN KOMUNIKASI RESILIENSI : MENGENDALIKAN KESEDIHAN PASCA KEHILANGAN ORANG TUA KARENA COVID-19 PADA REMAJA DI SURABAYA BARAT
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5376
<p>Hasil penelitian ini bertujuan untuk bahwa mengetahui pendekatan komunikasi resiliensi, karena remaja dikatakan mampu mencapai resiliensidapat dipengaruhi oleh dua faktor yang meliputi faktor resiko (risk factor) dimana merupakan kemampuan individu untuk bangkit yang disebabkan karena adanya stressor yang secara langsung mampu menekan diri individu sehingga dapat memperbesar potensi resiko pada diri individu tersebut pada tindakan yang negatif. Faktor kedua adalah faktor pelindung (protective factor) yang merupakan kemampuan individu untuk bangkit melalui penguatan yang diberikan kepada individu dengan cara memodifikasi stimulus atau obyek perilaku agar individu dapat mengatasi stimulus negatif berikutnya. </p> <p><em>The results of this study aim to know the resilience communication approach, because adolescents are said to be able to achieve resilience can be influenced by two factors which include risk factors (risk factor) which is the individual's ability to rise due to a stressor that is directly able to suppress the individual's self so that it can enlarge potential risk to the individual in negative actions. The second factor is a protective factor which is the individual's ability to rise through </em><em>the reinforcement given to the individual by modifying the stimulus or object of behavior so that the individual can overcome the next negative stimulus.</em></p>Mochammad Khalifah Subiantoro
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5376Wed, 15 Jan 2025 12:56:43 +0700KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK AUTISME DI LINGKUNGAN NGAGEL TIMUR SURABAYA
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5360
<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komunikasi orang tua dengan anak autisme di lingkungan ngagel timur surabaya. Peneliti menggunakan analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, dan juga display data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya sangat tidak mudah untuk bisa dipahami oleh anak autisme dalam berbicara, tetapi orang tua tetap berusaha yang terbaik untuk anaknya. Peneliti juga membahas hasil data penelitian dari wawancara peneliti bersama orang tua anak autisme dan juga beserta dokumentasi berupa foto yang telah dilakukan. Berdasarkan dari hasil data - data yang telah dikumpulkan oleh peneliti, dengan menggunakan interaksi simbolik sebagai hal yang dapat berhubungan dalam pembentukan makna.</p>Adelia Ayu Rahmadhanni
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5360Wed, 15 Jan 2025 13:24:20 +0700Interpersonal Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Anak Pengguna Gadget Aktif (Study Kasus Pada Keluarga Dengan Anak Usia 7-10 Tahun)
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5316
<p>Komunikasi adalah proses dimana seseorang atau beberapa orang (kelompok, organisasi, komunitas) menyampaikan informasi untuk berhubungan dengan orang lain dan lingkungan. Secara umum, komunikasi dilakukan secara verbal atau lisan yang dapat dipahami oleh dua pihak atau lebih. Namun, jika penggunaan bahasa lisan tidak dapat dipahami, dimungkinkan untuk berkomunikasi melalui gerak tubuh atau dengan menunjukkan sikap tertentu, seperti menggelengkan kepala atau mengangguk, dan tersenyum. Metode ini disebut komunikasi nonverbal.</p> <p>Komunikasi interpersonal merupakan salah satu komunikasi yang sering digunakan dalam keluarga untuk saling memahami lawan bicara. Komunikasi ini di fokuskan untuk bisa berkomunikasi dua arah dengan lawan bicara agar tercipta paham yang sama. Dalam keluarga dimana anak menjadi pengguna <em>gadget </em>aktif, komunikasi interpersonal merupakan salah satu cara paling efektif untuk bisa menyamakan paham antara anak dan orang tua yang bisa memperlancar orang tua untuk bisa mengarahkan anak mereka.</p> <p>Dari berbagai cara komunikasi, komunikasi interpersonal sangat membantu bagi orang tua untuk mengarahkan anak mereka karena anak bisa merasakan keintiman dalam berkomunikasi dengan orang tua mereka. Komunikasi interpersonal menuntut pengguna komunikasi ini untuk saling bertatap muka dan salling berkomunikasi secara langsung dan verbal.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Anak, <em>Gadget</em>, verbal</p>yesi agustin
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5316Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0700Representasi Perempuan Jawa Dalam Film Drama Biografi Sejarah Bumi Manusia
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6023
<p>This study discusses the depiction of Javanese women in the Indonesian historical</p> <p>biographical drama film "Bumi Humans", especially in the role of mistress who is identical to Javanese women. Sha Ine Febryanti who received an award at the Indonesian Movie Actors (IMA) Awards in 2016 as the Best Female Actor. Exploitation of a woman's body began to be highlighted and used as a commodity, aka a seller. Women in films are placed as a tool to attract men's attention. The representation of women in Indonesian historical biographical drama films cannot be separated from the role of mistresses who are synonymous with women.</p> <p> </p> <p>The method used by researchers in this thesis research is Sara Mills's discourse analysis method. This method focuses attention on the discourse of feminism. How women are shown in the text, both in novels, pictures, photographs and news. In addition, Mills also pays more attention to the position of the subject-object and the position of the reader. The research methodology used is a critical paradigm with a qualitative approach. The data used in this study is a series of dialogues and images (scenes) in the film Bumi Manusia.</p> <p> </p> <p>The results of this study are that women who stand alone as feminism are depicted by the main character as an indigenous concubine. Women actually cannot equal the position of men in the highest positions. Because women still have a domestic life such as wanting to have children and other household life according to the opinion of feminists that women do not have rational thoughts.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Keywords: </strong>Subject, Object, Reader, Feminism, Women, Human Earth.</p>Aisyah Andriani
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6023Wed, 15 Jan 2025 13:32:14 +0700Persepsi Pendengar terhadap penyiar Box Radio 17 Untag Surabaya
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7371
<p>Gaya Komunikasi penyiar sangat penting dalam menunjang kesuksesan sebuah Program Box Radio 17 dalam menarik Minat para pendengar melalui program program acaranya, dimana dengan Gaya komunikasi yang Khas yang dimiliki oleh penyiar, Rumusan Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Gaya Siaran Program Box Radio 17 Untag Surabaya dalam penyampaian informasi Obrolan Asik dan santuy dalam menarik Minat pendengar ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui /menemukan sajian berupa informasi dan hiburan mengenai sebuah materi dengan gaya yang menarik dan Nyaman Untuk di dengarkan Oleh Audiens (Pendengar) Saat penyiaran berlangsung Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Obyek penelitiannya adalah Mengenai hal-hal yang berhubungan dengan program Box radio 17 dari Gaya Komunikasi penyiarnya. Kesimpulan, Mas Deva ( Penyiar box Radio 17 Untag) 1. Artikulasi cenderung memiliki kejelasan dalam pengucapan kata- kata kalimat sehingga pesan yang disampaikan mudah dimengerti maupun dipahami oleh pendengar; 2. Intonasi, cenderung memiliki kemampuan untuk publlik speaking secara berirama dan tidak monoton; 3. Cara pengucapan, cenderung memiliki pengucapan yang jelas dan tepat atas setiap kata atau istilah yang dikemukakan; 4. Kreatif/imajinasi, dalam hal kreatif imajinasi yaitu daya cipta/ide yang dituangkan dengan ungkapan kata -kata yang indah saat menyajikan informasi seputar artis terkini yang sangat bermanfaat bagi para pendengar.</p> <p>Kata Kunci: persepsi, gaya komunikasi, penyiar radio</p>Auliya fikom
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7371Wed, 15 Jan 2025 13:53:36 +0700PENGARUH CYBER PUBLIC RELATION TERHADAP CITRA INDIHOME DIKALANGAN PELANGGAN AREA SURABAYA UTARA
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7754
<p><em>This research investigates the impact of cyber public relations on Indihome's image through PT's Instagram social media within Telkom Indonesia Witel North Surabaya. The primary focus is twofold: first, to determine whether cyber public relations indeed influences Indihome's image, and second, to identify the specific cyber public relations strategy employed for this purpose.</em> <em>The study adopts a quantitative research approach, utilizing statistical calculations encompassing both descriptive and inferential statistics. The research findings reveal interconnected variables and offer insights into the relationship, differences, and influences between them. With a t-count of 10,490 and a significance value of 0.000 (α: 0.05), the research establishes a statistically significant positive influence of the Cyber public relations variable on Indihome's image through Instagram social media at a significance level of 0.05.</em> <em>Hypothesis testing further supports the contention that cyber public relations plays a pivotal role in shaping Indihome's image on Instagram social media. The significance value of 0.000 (α: 0.05) solidifies the argument, affirming a substantial positive influence of the Cyber public relations variable on the company's image.</em> <em>In conclusion, this research contributes valuable insights into the realm of cyber public relations, affirming its significant positive impact on Indihome's image through Instagram social media in Telkom Indonesia Witel North Surabaya. The findings underscore the importance of a well-crafted cyber public relations strategy in managing and enhancing a company's image in the digital age. This study offers practical implications for businesses aiming to leverage social media platforms effectively for positive brand perception.</em></p>R. RADITYA WIRA FABRI RADIT
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7754Wed, 15 Jan 2025 13:56:24 +0700REPRESENTASI PENERIMAAN DIRI PADA TOKOH SPEKTRUM AUTISME DALAM DRAMA KOREA EXTRAORDINARY ATTORNEY WOO
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7779
<p><em>Self-acceptance is very important for everyday life. This self-acceptance can be seen in a Korean drama entitled Extraordinary Attorney Woo which discusses lawyers with autism spectrum disorders. Researchers are interested in analyzing how self-acceptance is represented in the Korean drama Extraordinary Attorney Woo. This study uses a qualitative method with semiotic analysis from John Fiske which divides social codes into reality levels, representation levels, and ideology. The materials for this research are 8 scenes in the Korean drama Extraordinary Attorney Woo episodes 1, 3 and 4 which visualize representations of self-acceptance. The results of this study are that there are several stages of self-acceptance in the Korean drama Extraordinary Attorney Woo, namely the rejection stage, the depression stage, the diversion stage, and the acceptance stage. This drama also shows that families with children with autism need social support for their mental health.</em></p>Nurul Auliya
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7779Wed, 15 Jan 2025 13:58:17 +0700Analisis Konten pada Akun Instagram Radio Fikom Unitomo
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7780
<p><em><span style="font-weight: 400;">Instagram merupakan platform media sosial yang sangat efektif untuk digunakan sebagai alat promosi. Promosi dalam instagram tidak hanya berupa foto, namun dapat berupa video atau motion graphic. Instagram memungkinkan kita membuat konten dengan berbagai bentuk visual. Didalam pembuatan konten instagram di butuhkan perencanaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teori Komunikasi Visual. Dimana elemen komunikasi visual antara elemen tipografi, ilustrasi, layout, dan warna. Dalam mendesain konten instagram dibutuhkan perencanaan desain konten agar dalam mengkomunikasi pesan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis mengenai tipografi, ilustrasi, layout, dan warna pada konten akun instagram radio fikom unitomo surabaya. Hasil penelitian ialah tipografi tidak memiliki konsistensi, ilustrasi tidak memiliki kesamaan dalam model ilustrasinya, layout masih berantakan, namun dalam pemilihan warna mempunyai konsistensi.</span></em></p>FAHRUDIN AHRU
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7780Wed, 15 Jan 2025 14:01:02 +0700ANALISIS PENGGUNAAN TAGAR #PERCUMALAPORPOLISI DAN DALAM FUNGSI COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION DI INSTAGRAM
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7667
<p><em>Known as computer-mediated communication, computer-mediated digital interaction or communication allows everyone to interact without ever meeting in person. This is based on a recent survey conducted by the Indonesian Internet Service Users Association from January 11 to February 24, 2022, and involved 7,568 respondents in various parts of Indonesia. Among them, Instagram is one of the most used social media. Instagram holds the record for the most used social media after WhatsApp. Social media hashtags are useful for grouping content in such a way that it's easy to search. The #2019GantiPresiden hashtag is an introductory content that covers Joko Widodo's image as Indonesia's president, while #jokowi2period claims the opposite, namely that he deserves to be the next president. The hashtags mark content related to campaigns or public relations to prevent the spread of viruses in homes. The history of the initial emergence of the hashtag #PercumaLaporPolisi occurred on October 6 2021, the hashtag #Percumalaporpolisi became a trending topic on Twitter social media. This research is qualitative in nature, namely the social reality being studied (Mamik, 2015). Therefore, in this study the phenomena are described as they are, and then discussed according to the ideas of this research, without seeing what should have happened. This research examines the hashtags #percumalaporpolisi as a means of communication between content creators and content recipients. This research is descriptive in nature, that is, it examines a phenomenon and describes it in words (Rusandi & Rusli, 2021). The information collected is not in the form of numbers but in the form of words or pictures (Moleong, 2010). Therefore, content related to police performance cases that appear on the Instagram social network that is searched for with the hashtags #free reportorpolisi and #1hari1oknum are collected and described using the hashtag theory (#) as a CMC tool.</em></p>MOCHAMAD FARID SUSANTO
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7667Wed, 15 Jan 2025 14:03:25 +0700REPRESENTASI SOLIDARITAS PERSAHABATAN DALAM FILM ANIME KIMETSU NO YAIBA MUGEN RESSHA-HEN
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7648
<p><em>Film is a mass media that has elements of stories that reflect people's lives, habits carried out by people in real life, often represented in a film. One of the habits of the general public that is often represented in a film is friendly solidarity. In this study, the goal is to find out the representation of friendship solidarity in the anime film Kimetsu no Yaiba Mugen Ressha-hen using John Fiske's semiotic theory using levels such as the level of reality, the level of representation and the level of ideology. This research uses qualitative research methods, with a qualitative descriptive approach. In this study the technique used is the persistence technique, which is a technique to check the validity of data that continuously observes the film studied. Data collection techniques using literature studies and documentation. The result of this study is to convey the message contained in the scenes in the film Kimetsu no Yaiba Mugen Ressha-hen which has a message of solidarity such as helping each other, caring for each other, working together and always together even in difficult situations.</em></p>ISMAIL YAHYA
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7648Wed, 15 Jan 2025 14:06:10 +0700KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK KANDUNG PENYANDANG TUNAGRAHITA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMAS SASANA BHAKTI SURABAYA
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7640
<p><em>Children with special needs should be treated differently from children in general. Intellectual disability is a term used to describe children with below-average intellectual abilities. This below-average intelligence causes people with intellectual disabilities to struggle in at least four areas related to attention, memory, language, and learning ability. Therefore, the role of parents in implementing interpersonal communication with mentally retarded children is very important. The purpose of this study is to determine the communication between parents and children with intellectual disabilities in applying discipline to children's learning. The research methods used are descriptive and qualitative. Data sources for this study are primary and secondary data from field observations, informational interviews and research papers. Based on the results of research and discussions that have been conducted, it is concluded that interpersonal communication between parents and children with special needs in the educational profession has proven to be effective and well established. It is based on the specified category.</em></p>Arisma Fitri Utami
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7640Wed, 15 Jan 2025 00:00:00 +0700STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM KAMPANYE CALON PRESIDEN TAHUN 2024
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7546
<p><em>Analisis ini menggambarkan fenomena pidato politik dari tiga calon presiden (capres) utama dalam Rakernas Apeksi 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurai strategi komunikasi verbal dan non-verbal yang digunakan oleh Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto dalam membangun citra kepemimpinan mereka. Pendekatan penelitian melibatkan analisis pektif verbal, struktural argumen, metode retorika, ekspresi wajah, gerakan tubuh, intonasi suara, kontak mata, dan strategi komunikasi. Teori penelitian didasarkan pada pemahaman mendalam terhadap elemen-elemen komunikasi tersebut, yang membantu menggali cara para capres membangun pesan-pesan, mempengaruhi audiens, dan menyampaikan visi politik mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo menekankan persatuan dan keberlanjutan, Anies Baswedan fokus pada isu-isu perkotaan, dan Prabowo Subianto menonjolkan ekonomi dan kedaulatan. Implikasi dari analisis ini merinci keahlian masing-masing capres dalam menggunakan ekspresi wajah, gerakan tubuh, intonasi suara, dan kontak mata untuk mendukung pesan-pesan mereka. Strategi komunikasi yang inklusif, pemanfaatan media sosial, dan pendekatan kredibel dengan data dan fakta juga memainkan peran kunci dalam membangun citra kepemimpinan. Secara keseluruhan, pemahaman mendalam terhadap elemen-elemen ini bermanfaat untuk mengevaluasi efektivitas komunikasi politik dan dampaknya pada persepsi publik. </em></p>Erick Skenly Nustelu
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7546Wed, 15 Jan 2025 14:21:42 +0700REPRESENTASI PENYELESAIAN KONFLIK ANTARA ORANG TUA DAN ANAK PADA FILM NGERI-NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7505
<p><em>Film always records the reality that grows and develops in society, and is then projected onto the screen. Film's ability to reach many social segments has made experts aware that films have the potential to influence audiences. The theme that is often raised in films is about family. Because the family theme is very close to people's daily lives. The film “Ngeri-Ngeri Sedap” (2022) is an Indonesian film that tells the story of conflicts between family members that occur in many families in society. Everyone certainly wants to have a harmonious family. But every family must experience their own conflicts. The purpose of this research is to find out how the form of conflict that occurs between parents and children. This type of research is descriptive qualitative. This study uses Roland Barthes' semiotic theory. With data collection techniques, namely observing or observing research subjects and also photographing certain parts of the film. The object of this research is the film "Ngeri-Ngeri Sedap". The results of this study indicate that the overprotective attitude of parents towards children can cause various kinds of conflicts between parents and children.</em></p>Sakinatin Mahmudatul Irfani
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7505Wed, 15 Jan 2025 14:25:22 +0700Analisis Semiotika Iklan Indomie Versi “Hidupkan Inspirasimu”
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7441
<p>Indomie merupakan produk yang populer di Indonesia dan bisa disebut melegenda. Indomie terjangkau bagi konsumen tanpa mengorbankan standar kualitasnya Indomie sudah memiliki product image dan brand awareness di benak konsumen mie instan Indonesia. Pada September 2022, Indomie akan merayakan hari jadinya yang ke-50. Dan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk melakukan iklan Indomie versi “Hidupkan Inspirasimu” yang diiklankan di TV. Tidak hanya di televisi, iklan Indomie juga menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube. Iklan tentunya memiliki pesan dan makna yang penting untuk sebuah produk yang dipromosikan. Pada iklan Indomie versi “Hidupkan Inspirasimu” ini ada inovasi yang baru melalui kreasi yang akan terus menjadi inspirasi. Dan adanya nilai yang dipertahankan untuk sebuah produk Indomie tetap menarik. Karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengungkapkan tanda yang memiliki makna di iklan Indomie versi “Hidupkan Inspirasimu”. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Unit analisis dari penelitian ini adalah tanda-tanda serta makna pesan pada iklan Indomie versi “Hidupakan Inspirasimu pada setiap scene yang sudah di-capture berupa representament, object dan interpretant seperti yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklan produk Indomie ini bukan hanya dikenal sebagai sebuah produk makanan yang sudah terkenal tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi diri melalui berbagai konsep inspirasi yang berbeda-beda. Dan bukan hanya untuk produk Indomie, tetapi bagi yang melihat iklan itu jadi bisa untuk menghidupkan inspirasinya dan memberikan dampak positif. </p> <p><em> </em></p>Diah kartika
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7441Wed, 15 Jan 2025 14:35:04 +0700PENGARUH IKLAN E COMMERCE SHOPEE 11.11 DI TRANS TV TERHADAP PERILAKU MEMBELI PADA IBU TUMAH TANGGA DI DESA KARANGSOKO
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7439
<p><em><span style="font-weight: 400;">Marketing communications are affected by technological advances. The development of internet technology in Indonesia is followed by the growth of e-commerce companies. E-commerce is electronic commerce where one can distribute, buy, and sell various types of products. This study aims to prove the effect of Shopee 11.11 e-commerce advertisements on Trans TV on the buying behavior of housewives in Karangsoko Village, Trenggalek District, Trenggalek Regency. This type of research is classified as descriptive with a quantitative approach. The data in this study were obtained by means of a survey in the form of observation and distributing questionnaires to 95 respondents who had previously been determined by simple random sampling technique. Then carried out various statistical tests to obtain conclusions.value of t</span></em><em><span style="font-weight: 400;">count</span></em><em><span style="font-weight: 400;"> (4,503) > t</span></em><em><span style="font-weight: 400;">table</span></em><em><span style="font-weight: 400;"> (0.212) and the value of F</span></em><em><span style="font-weight: 400;">count</span></em><em><span style="font-weight: 400;"> 318,722 > F</span></em><em><span style="font-weight: 400;">table</span></em><em><span style="font-weight: 400;"> 3.07 which means that there is a linear relationship between X and Y variables or it can be said that the Shopee 11.11 E-commerce Advertising variable on Trans TV has an effect on buying behavior of housewives in Karangsoko Village, Trenggalek District, Trenggalek Regency. The value of correlation or relationship (R) is 0.774. From this value, the coefficient of determination (Rsquare) of 77.4 means that the effect of the independent variable (Shopee 11.11 advertisement) on the dependent variable (buying behavior of housewives) is 77.4% while the rest (100% - 77.4% = 22.6%) caused by other factors not examined in this study.</span></em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em><span style="font-weight: 400;">: Advertising, Shopee, Buying Behavior</span></em></p>Marreta Etha
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7439Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0700KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELAYANAN PUBLIK KELURAHAN KEPUTRAN DALAM MELAKSANAKAN SAPA WARGA PAGI DAN MALAM HARI
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7429
<p><em>Another fundamental human activity is communication. The importance of communication in human life as social beings cannot be overstated. Humans can relate to one another through communication in many areas of human life, including the home, workplace, market, community, and other places where people congregate. Every human being will be involved in communication at some point. The process of sending, sorting and receiving symbols or messages from one or more people so that messages can be received and understood by listeners and interlocutors can be interpreted as communication.</em><br><em>This research uses a qualitative approach, the phenomenological method. The purpose of this research is to know the interpersonal communication of public services in the Keputran sub-district in carrying out greetings to residents in the morning and evening.</em><br><em>The result of this finding is that interpersonal communication between co-workers and the community as a whole is considered sufficient, but there are times when certain indicators cannot be applied properly because miscommunication always occurs even though information media has been provided in the form of verbal and non verbal communication.</em></p>ZHEVANA APRILLIA
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7429Wed, 15 Jan 2025 14:42:54 +0700Pengaruh Gaya komunikasi pimpinan terhadap motivasi kerja karyawan PT EKA JAYA KARUNIA ABADI SURABAYA
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7374
<p>Dalam suatu lingkungan kerja, untuk memengaruhi orang-orang dengan efektif, seorang pemimpin perlu menunjukkan pola perilaku kerja yang konsisten yang bertujuan mencapai tujuan yang diinginkan. Gaya komunikasi pemimpin merujuk pada pola perilaku konsisten tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari gaya komunikasi pemimpin terhadap motivasi kerja para karyawan di perusahaan PT Ekajaya Karunia Abadi Surabaya. Dengan memahami keterkaitan antara gaya komunikasi pemimpin dan motivasi kerja para karyawan, perusahaan mampu mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan memotivasi karyawan sehingga dapat mencapai tujuan organisasi secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 67 sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap motivasi kerja karyawan PT Ekajaya Karunia Abadi Surabaya.</p>Bayu sabda Smaradhana
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7374Wed, 15 Jan 2025 14:49:34 +0700B "CONTENT ANALYSIS ON THE YOUTUBE CHANNEL DREAMS OF DAY"
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7847
<p>In this case, the author found a social media channel called Dreams Of Day in developing its potential in the gaming category, which has several content aspects that contain visual effects and memes that are different from content creators in general. The author's interest in researching this channel is that the channel is brave enough to display different content, especially in the gaming category on a platform that is currently popular, namely YouTube. YouTube itself has given birth to many content creators, usually called YouTubers, who provide interesting content in various forms. YouTube itself values all content creators who use the platform, and because we value all content creators who use the platform, joining YouTube itself is free of charge. YouTube also pays content creators in the form of Adsense to content creators who meet their categories. In this research, the researcher decided to use semiotic analysis, namely the meaning of signs including hidden things or specific intentions and Peirce's semiotic theory is a science or method of analysis that discusses sign systems. The subject of this research is the Dreams Of Day YouTube account, data collection was obtained from observations and interviews. Based on the discussion above, the author concludes that Dreams Of Day has lots of different visual effects and memes in each content it creates. This is influenced by several factors such as certain factors, such as the large number of content creators, especially in the gaming category, who use the same elements and just like that, which results in almost a lot of content being packaged the same and just like that, only with different perspectives, from these observations the channel youtube Dreams Of Day decided to do something different.</p>Hafizhudin Zul Qisti
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7847Wed, 15 Jan 2025 15:01:01 +0700STRATEGI KOMUNIKASI PENGUATAN PENGADUAN MELALUI APLIKASI SP4N-LAPOR! PADA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7337
<p><strong><em>ABSTRACT (inggris)</em></strong></p> <p><em>This study discusses the communication strategy for strengthening compalaints through the SP4N-LAPOR! application, to the Provincial Government of East Java. As for the complaint channel SP4N-LAPOR! has been designated as the General Application for Public Service Complaint Management. However, the level of community participation in the use of the SP4N-LAPOR! application has not shown a significant figure. As seen from the number of complaints received and the population of East Java Province. The focus of this research is how the East Java Provincial Government’s communication strategy is in strengthening complaints through the SP4N-LAPOR! application. In the Provincial Government of East Java. This qualitative research uses interview, observation, and documentation data collection techniques and uses a literature study. The results of this research are that the communication strategy carried out by the East Java Provincial Government is Anwar Arifins’s communication strategy and analyzed using SWOT analysis. The strategy carried out is publication and socialization via face-to-face, social media, the East Java Provincial Government website, as well as collaborating with districts/cities to socialize SP4N-LAPOR! down to the village level.</em></p> <p><em> </em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em>Complaint Handling Management; Public Service; Local Government Communication; Communication Strategy; SP4N-LAPOR!;</p> <p><em> </em></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi penguatan pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR! pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun Kanal pengaduan SP4N-LAPOR! telah ditetapkan sebagai Aplikasi Umum Bidang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Namun Tingkat partisipasi masyarakat terhadap penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! belum menunjukkan angka yang signifikan. Jika dilihat dari jumlah pengaduan yang diterima dan jumlah penduduk Provinsi Jawa Timur. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penguatan pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR! di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah strategi komunikasi Anwar Arifin dan dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Strategi yang dilakukan dengan publikasi dan sosialisasi melalui tatap muka, media sosial, website Pemprov Jatim, serta berkolaborasi dengan Kabupaten/Kota untuk sosialisasi SP4N-LAPOR! sampai ke tingkat desa.</p> <p> </p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pengelolaan Pengaduan; Pelayanan Publik; Komunikasi Pemerintahan Daerah; Strategi Komunikasi; SP4N-LAPOR!</p>Ria Amalia Pratali
Copyright (c) 2024 Journal Communication Specialist
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/7337Wed, 15 Jan 2025 15:04:36 +0700