Literasi sistem jurnal berbasis daring dan google cendekia di kalangan akademisi starki

Rustono Farady Marta, Agustinus Rustanta, Joshua Fernando

Abstract


Abstract Online journal systems literacy and Google Scholar among Tarakanita College (STARKI) is carried out to bridge the process of transformation from print journals to online journals. Therefore, careful preparation needs to be done both in terms of resources and technical aspects, including lecturers as sources of manuscripts must understand how to work online, as well as the technical ability to manage journals online. The intended participants of this training activity were 34 lecturers and education staff consisting of administrators of the Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan and the Jurnal Ilmu Komunikasi and Bisnis, as well as permanent and non-permanent lecturers of STARKI. It is hoped that through mentoring to the STARKI team is the ability to work scientifically independently armed with an understanding of the mechanism of SINTA, ARJUNA, and Google Scholar (GS) and STARKI journals can obtain optimal accreditation. Furthermore, the STARKI journal can be a contribution to education in particular, for the wider community to enjoy the knowledge that can be justified.

Keywords: Google Scholar; Literacy; Online Journal System; STARKI.

 

Abstrak Literasi sistem jurnal berbasis daring dan Google Cendekia di Kalangan Akademisi Sekolah Tinggi Tarakanita (STARKI) dilakukan dengan tujuan sebagai menjembatani proses transformasi dari jurnal cetak menuju jurnal daring. Oleh karena itu, perlu persiapan matang baik dari sisi sumber daya maupun dari sisi teknis antara lain para dosen sebagai sumber produsen naskah harus memahami cara kerja daring, juga kemampuan teknis mengelola jurnal secara daring. Peserta yang dituju dari kegiatan pelatihan ini adalah 34 orang dosen dan tenaga kependidikan yang terdiri dari pengelola Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan serta Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, serta dosen tetap maupun tidak tetap STARKI. Diharapkan melalui pembimbingan kepada tim STARKI adalah kemampuan untuk bekerja ilmiah secara mandiri berbekal pemahaman mekanisme SINTA, ARJUNA, dan Google Scholar (GS) dan jurnal STARKI dapat memperoleh akreditasi optimal. Selanjutnya, jurnal STARKI dapat menjadi salah satu sumbangan bagi pendidikan khususnya, bagi masyarakat luas dapat menikmati pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kata Kunci: Google Cendekia; Jurnal Berbasis Daring; Literasi; STARKI.


Full Text:

PDF

References


Darmayanti, R. (2016). Membangun budaya literasi informasi bagi masyarakat kampus. Jurnal Iqra’, 10(01), 92–101.

Faizal, M., & Rosmadi, M. (2018). Analisis manfaat literasi informasi untuk mengembangkan metode pembelajaran di perguruan tinggi. Seminar Nasional Pakar Ke 1 Tahun 2018, 143–147.

Fatonah, S., & Afifi, S. (2008). Difusi Inovasi Teknologi Tepat Guna di Kalangan Wanita Pengusaha di Desa Kasongan Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 41–56.

Fitria, Y., & Farida, F. (2018). Strategi Promosi Agen Properti Independen Pada Media Online. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1376

Fitriarti, E. (2019). Urgensi Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Informasi Kesehatan Di Era Digital. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 219–231. https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6929

Handayani, I., Febriyanto, E., & Shofwatullah, M. (2019). Peningkatan Sistem Pengelolaan E-Journal Berbasis Upgrade system e-journal management based open. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 9(1), 1–13.

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982

Kriyantono, R. (2020). Efektivitas website perguruan tinggi negeri sebagai penyedia informasi bagi mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(1), 117. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.1799

Kurniullah, A. (2017). Konsep Transmedia Storytelling Pada Iklan Cetak Mobil Volkswagen Dengan Media Augmented Reality. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(02). https://doi.org/10.30813/bricolage.v2i02.836

Marta, R., Fernando, J., & Kurniawati, L. (2020). Tinjauan Peran Komunikasi Keluarga pada Kinerja Public Relations melalui Konten Laman Resmi Media Daring KPPPA. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 30–42. https://doi.org/10.22500/18202028620

Marta, R., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga pada Instagram @KEMENPPPA. Ettisal: Journal of Communication, 4(2).

Marta, R., Hafiar, H., Budi Setiawan, Y., Andriani, F., Lestari, P., Pamungkas, S., … Agustina Setyaningsih, L. (2019). Author compliance in following open journal system of communication science in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012222

Prabowo, T., & Irwansyah, I. (2018). Media Komunikasi Digital PolisiKu: Pelayanan Publik Polri kepada Masyarakat. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(3), 382. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i3.1174

Rony, N., & Panuju, R. (2018). Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1375

Rustanta, A. (2015). Communication Technology Backwash toward Interpersonal Communication Behavior. Communication Sphere, 1(1), 9–24.

Satvikadewi, A., Danadharta, I., & Aprianto, B. (2019). Keberlanjutan Jurnalistik Sehat Di Era Konvergensi Daring Suarasurabaya.Net Dengan Pendekatan Engagement Pyramid. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(2), 177–194. Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/1855/1556

Sya, M., & Marta, R. (2019). Alignment Frame Construction by Three Online Newspapers on the Slogan of Bangka Belitung Islands. Jurnal Studi Komunikasi, 3(November), 332–354. https://doi.org/10.25139/jsk.3i3.1701

Syahriyani, A. (2010). Optimalisasi budaya literasi di kalangan mahasiswa: upaya meretas komunikasi global. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial Dan Humaniora., 1(Desember), 67–78.

Teguh, M., & Ciawati, S. (2020). Perancangan Strategi Digital Martketing Communication bagi Industri Perhotelan dalam Menjawab Tantangan Era Posmoderen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 51–64.

Wibowo, S., Marta, R., & Panggabean, H. (2019). Discourse of Family Well-Being and The Value of Work at RPTRA’S Testimonial Videos. Jurnal Masyarakat & Budaya, 21(3), 383–395.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jkp.v4i1.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:
 
 
 

View My Stats

JKP' StatCounter Report