Proses akulturasi dalam iklan elektronik chinese new year 2018 matahari department store

Abstract views: 291 , PDF downloads: 183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses akulturasi yang terkandung dalam iklan Matahari Department Store yang bertema Imlek pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan proses akulturasi dan sikap interkulturalisme yang terdapat dalam iklan tersebut. Penulis menemukan beberapa aspek dalam hasil analisis penelitian ini, yaitu makna dan arti dari tradisi dari dua kebudayaan yang berbeda (kebudayaan Jawa dan Tionghoa), dan juga representasi toleransi antar suku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan tersebut terdapat beberapa fase terjadinya proses akulturasi, yaitu adanya kontak antar budaya dan proses adaptasi. Iklan ini tidak hanya memperlihatkan proses akulturasi, namun sikap interkulturalisme. Proses akulturasi di dalam iklan melibatkan sikap interkulturalisme yang ditandai dengan usaha untuk menghilangkan etnosentrisme, menggunakan sudut pandang budaya lain untuk memandang budaya sendiri, saling menghormati dan menerima satu sama lain.

References

2018 Annual report. (n.d.). Retrieved February 8, 2020 from http://investor.matahari.co.id/sites/default/files/2019-04/ar-2018.pdf
Ardanareswari, I. (2019, July 19). Sejarah kebaya di masa kolonial: Busana perempuan tiga etnis. Retrieved from https://tirto.id/sejarah-kebaya-di- masa-kolonial-busana-perempuan-tiga-etnis-eeuK
Bayu Aziz Purnama Santoso (2018). Representasi Nasionalisme Iklan Matahari Department Store Edisi Chinese New Year (Studi Kajian Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Retrieved from : http://repository.upnvj.ac.id/2600/
Dewi, W.P. (2018, January 7). Kata ‘tole’ dan ‘nduk’ dalam bahasa jawa ternyata berawal dari istilah ini. Retrieved from https://jateng.tribunnews.com/2018/01/07/kata-tole-dan-nduk-dalam-bahasa-jawa-ternyata-berawal-dari-istilah-ini
Dwijayanto, Andy. (2017, October 11). Matahari masih menyasar segmen menengah ke atas. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/matahari-masih-menyasar-segmen-menengah-ke-atas
Fitria, Fita and Wahyuningsih, Novita.(2019).Kebaya kontemporer sebagai pengikat antara tradisi dan gaya hidup masa kini.Jurnal ATRAT, 7(2), 128-138. Retrieved from https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/617
Franks Jefkins. 2004.Public Relations, Jakarta: PT. Gelors Aksara Pertama Erlangga
Haris, Syamsuddin (Ed.). (2007). Desentralisasi dan otonomi daerah: desentralisasi, demokratisasi&akuntabilitas pemerintahan daerah. Jakarta: LIPI Press
Harsrinuksmo, Bambang.(1999).Ensiklopedi wayang Indonesia.Jakarta: PT Sakanindo Printama.
Indonesian Batik. (n.d.). Retrieved February 15, 2020 from https://ich.unesco.org/en/RL/indonesian-batik-00170
Juniarti, Sherly &Wahjudi, Sugeng. (2018). Representasi harmonisasi antar budaya dalam iklan (analisis semiotika pada iklan matahari department store versi imlek 2018) Jurnal Semiotika, 12(2), 200-230. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/
Kilas balik. (n.d.). Retrieved from http://www.matahari.co.id/id/milestones/kilas-balik/87
Kurnia, F.M. (2016).Persepsi warna bagi mahasiswa etnis tionghoa universitas kristen petra.(Undergraduate thesis).Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=36292
Levey, G.B. (2012). Interculturalism vs. multiculturalism: a distinction without a difference?.Journal of Intercultural Studies, 33(2), 217-224. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/261322036_Interculturalism_vs_Multiculturalism_A_Distinction_without_a_Difference
Li, J. R., & Hsieh, Y. H. (2004). Traditional Chinese food technology and cuisine. Asia Pacific journal of clinical nutrition, 13(2), 147–155.
Lincoln, Yvonna S & Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. California: Sage
Lukman, C.C., Piliang, Y.A., &Sunarto, P. (2013). Kebaya encim as the phenomenon of mimicry in east indies dutch colonial’s culture. The International Institute for Science, Technology and Education, 13, 15-22. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.863.639&rep=re p1&type=pdf
Mafaja, Khoirul and Husain, Fadly.(2019). Kelompok kicau mania, kontes burung dan kesadaran konservasi burung kicau di kabupaten blora.Solidarity, 8(1), 601-613. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/32622
Mansouri, F. (ed.) 2017. Interculturalism at the crossroads, comparative perspectives on concepts, policies and practices. Paris: UNESCO Publishing Matahari department store kembali meriahkan jakarta fashion week 2018. (n.d.). Retrieved from http://www.matahari.co.id/id/fashions/matahari-rock-fun-jfw-2018-22
Mitra, Anusuya. (2018, September 4). Lucky colors in china. Retrieved from https://www.chinahighlights.com/travelguide/culture/lucky-numbers-and-colors-in-chinese-culture.htm
Musianto, L.S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 127-129. Retrieved from http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/15628/15620
Musman, Asti.(2017). Filosofi Rumah Jawa.Yogyakarta: Pustaka Jawi.
Nurainun, N & Rasyimah. (2008). Analisis Industri Batik di Indonesia. Fokus Ekonomi, 7(3), 124-135. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/24399-ID-analisis-industri- batik-di-indonesia.pdf
Olivia (2021). Ringkasan Umum Masyarakat Tionghoa di Indonesia. PT Kanisius. Yogyakarta. ISBN 978-979-21-6787-0
Pitts, M.J. (2017). Acculturation Strategies. In The international Encyclopedia of Intercultural Communication (Vol. 1, pp. 1-10). Retrieved from doi:10.1002/9781118783665.ieicc0006
Rosalina.(2010).Pandangan empat orang alumni sastra tionghoa universitas kristen petra terhadap kebaya dan qipao sebagai identitas diri.(Unpublished undergraduate thesis).Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=30817
Schriefer, Paula.(n.d).What’s the difference between multicultural, intercultural, and cross-cultural communication?. Retrieved from https://springinstitute.org/whats-difference-multicultural-intercultural-cross-cultural-communication/
Sigit, Agus. (2016, June 23). Surjan terdiri beragam motif, berikut maknanya. Retrieved from https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/surjan-terdiri-beragam-motif-berikut-maknanya/
Sugihartati, R., & Susilo, D. (2019). Acts against drugs and narcotics abuse: Measurement of the effectiveness campaign on Indonesian narcotics regulator Instagram. Journal of Drug and Alcohol Research, 8, 1-4.
Sunarmi, Guntur &Utomo, T.P.(2017). Arsitektur dan interior nusantara serijawa.Surakarta:UNS Press.
Susilo, D., Putranto, T. D., Neu, M. T. L. M., & Navarro, C. J. S. (2020). NAGEKEO WOMEN'S CULTURAL STRUGGLE AS A FLORES SUB-CULTURE AGAINST THE FLOW OF CIVILIZATION'S PROGRESS. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 001-015.
Tang, Cindy. (2018, October 17). Niangao – chinese new year cake. Retrieved from https://www.chinahighlights.com/travelguide/chinese-food/chinese-new-year-cake.htm
Tang, Cindy. (2019, December 25). Chinese new year food: top 7 lucky foods and symbolism. Retrieved from https://www.chinahighlights.com/travelguide/chinese-food/chinese-new-year-food.htm
Walah.(2019). In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.web.id/walah
Wasai. (n.d.). Chinese new year food. Retrieved from https://chinesenewyear.net/food/
Published
2021-05-09
How to Cite
Olivia, & Hati, G. P. (2021). Proses akulturasi dalam iklan elektronik chinese new year 2018 matahari department store. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v5i2.3635
Section
Articles