Strategi bisnis lembaga penyiaran lokal pt bali ranadha televisi (bali tv)

  • Putu Arina Hermarani Universitas Udayana
  • Ni Made Ras Amanda Gelgel
Abstract views: 181 , PDF downloads: 159
Keywords: Business Strategy; Local Broadcasters; Bali TV; Niche Theory.

Abstract

Based on the KPID Bali website in 2020, PT Bali Ranadha Televisi is the first and only private local television broadcasting institution in Bali Province that is still active and persists in broadcasting local programs. The agency established a local television broadcasting station called Bali TV. The purpose of this study is to determine the business strategy of the local broadcaster PT Bali Ranadha Televisi. This qualitative research uses Niche Theory Analysis in Media Ecology. The results of this study are: 1) There are 6 types of local broadcast program content on Bali TV, 2) The target of audiences are from children to adults, 3) The capital used by Bali TV is human resources (HR), income from production costs of broadcast programs, advertising revenues, broadcast programs, and additional off-air programs, 4) Bali TV is referred to as a generalist media because it has various sources of life support.

References

Allifiansyah, S. (2018). Studi Politainment dalam Perspektif Ekologi Media dalam Industri Televisi Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01). Diakses dari http://pknk.web.id/index.php/PKNK/article/view/94/104

Ardiyanti, H. (2016). Konsep dan Regulasi TV Lokal dalam Kerangka Penguatan Budaya Lokal. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri dan Hubungan Internasional, 2(2). Diakses dari http://jurnal.dpr.go.id/index.php/politica/article/view/297

Arsani, Cok. Istri Ari K. Amanda Gelgel, Ni Made Ras. Suryawati, IGA Alit. (2017). Pelaksanaan Regulasi Sistem Stasiun Jaringan Kompas TV Dewata. E-jurnal Medium. 1(1). Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/31465

Aslam, A. M. (2020). Ekonomi media televisi lokal studi di Jawa Pos Televisi (JTV) biro Banyuwangi. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya. Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/45815/

Asosiasi Televisi Lokal Indonesia. (2019). Perkumpulan Anggota Televisi Lokal Indonesia. Diakses dari http://atvli.or.id/wp-content/uploads/2019/09/Data-Anggota-September-2019.pdf

Atika, A. B. C., & Maulina, N. (2021). Ekologi Media Televisi Swasta Berdasarkan Program Informasi Lokal di Kalimantan Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. Vol. 6, No. 3. Diakses dari http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/557/563

Billah, Z. M., & Nuraeni, R. (2021). Strategi Televisi Lokal dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Deskriptif pada Televisi Lokal Radar TV Tasikmalaya). eProceedings of Management, 8(1). Diakses dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14409/14193

Bungin, Burhan. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran (Edisi pertama). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Haryati, H. (2013). Televisi Lokal dalam Representasi Identitas Budaya. Observasi, 11(1), Diakses dari https://www.neliti.com/publications/220555/televisi-lokal-dalam-representasi-identitas-budaya

Islamuddin, I., & Ranidiah, F. (2020). Perencanaan Strategi dalam Menghadapi Persaingan Industri Media Televisi Lokal (Studi Pada RB TV Bengkulu). Liquidity, 9(1), 52-62. Diakses dari http://www.ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/article/view/692

Jabbar, M. A., & Rosmalah, K. (2018). Strategi Programming Televisi Swasta dalam Program Tayangan Prime Time. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 9(1), 17-25. Diakses dari http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/1112

Komisi Penyiaran Indonesia. (2018). Buku Laporan Tahunan 2018. Diakses dari http://www.kpi.go.id/index.php/id/publikasi/laporan-akhir-tahun

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Lenggawa, V. A. (2019). Strategi jawa pos dalam menghadapi persaingan bisnis media di era revolusi industri 4.0. Konvergensi: jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 1(1), 19-38. Diakses dari http://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/252

Maulana, D. C. (2019). Strategi Kilisuci Televisi (KSTV) dalam Menegakkan Eksistensi Sebagai Televisi Lokal di Kota Kediri. Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya. Diakses dari http://eprints.upnjatim.ac.id/1288/1/7-Ety_Dwi_Susanti%2C_Yuli_Candrasari%2C_dan_Yudiana_Indriastuti.pdf

Mirza, F. (2011). Eksistensi TV Lokal di Antara Dominasi TV Nasional. Diakses dari http://www.slideshare.net/efmirza/eksistensi-tv-lokal-di-antara-dominasi-tv-nasional

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mudjiyanto, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; Ekologi Media Massa. Promedia. Vol. 3 (1). Diakses dari http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/692

Razali, G. (2020). Integrasi Media MNC Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kompetisi Pasar Bisnis Industri Penyiaran. Repository BSI. Diakses dari

https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/26258

Sholihah, Dian Maryam. (2020). Strategi radio MQ FM Bandung dalam persaingan industri penyiaran: Study ekologi media penyiaran Dimmick dan Rohtenbuhler. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diakses dari http://digilib.uinsgd.ac.id/39833/

Soryanto, H. H. (2018). Manajemen Penyiaran Radio El John 102.6 FM Dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Radio Pariwisata di Kota Pekanbaru. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses dari http://repository.uin-suska.ac.id/16665/

Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran. Jogjakarta: LKiS. Diakses dari https://books.google.co.id/books

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, D. (2020). Perubahan Pola Liputan Reporter TV Selama Pandemi Covid-19. J-IKA, 7(2), 137-147. Diakses dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/8402

Syafri, P., & Pannindriya, S. T. (2019). Strategi Riau Televisi (Riau TV) Menghadapi Persaingan dengan TV Nasional untuk Tetap Eksis Sebagai TV Lokal. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 10(3), 287-307. Diakses dari https://ekobis.stieriau-akbar.ac.id/index.php/Ekobis/article/view/215

Pancawati, Nimas Parista. (2018). Strategi Manajemen Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram Digital dalam Era Digital. Journal of Media and Communication Science. 1(3). Diakses dari https://pdfs.semanticscholar.org/fccf/15c3dc5421ab202fcc0fde7ad56fd01d79b9.pdf

Peraturan KPI tentang Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tahun 2012. Diakses dari http://www.kpi.go.id/download/regulasi/P3SPS_2012_Final.pdf

Wahyuni, Novia Azalea. (2018). Strategi Sriwijaya TV Dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. Eprints UIN Raden Fatah Palembang, Diakses dari http://eprints.radenfatah.ac.id/3493/

Windarto, W., Nuriyatman, E., & Mushawirya, R. (2020). Strategi Pengawasan Siaran Televisi Lokal Oleh Komisi Penyiaran Daerah. Wajah Hukum, 4(2), 276-282. Diakses dari https://repository.unja.ac.id/17985/

Yana, I. N. Y., Metera, I. M. G., & Resmi, N. N. (2021). Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai PT. Bali Ranadha Televisi (Bali TV) Biro Singaraja. Widya Amerta, 7(2), 1-14. Diakses dari https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/WA/article/view/659

Published
2021-08-30
How to Cite
HermaraniP. A., & GelgelN. M. R. A. (2021). Strategi bisnis lembaga penyiaran lokal pt bali ranadha televisi (bali tv). Jurnal Komunikasi Profesional, 5(4), 372-383. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i4.3883
Section
Articles