Discourse Network Analysis pada Stakeholder dan Integrated Value Creation dalam CSR Bank Mandiri

  • Monica Pratiwi Universitas Multimedia Nusantara
  • Bertha Sri Eko Murtiningsih Universitas Multimedia Nusantara
  • Rismi Juliadi Universitas Multimedia Nusantara
Abstract views: 701 , PDF downloads: 547
Keywords: Integrated Value Creation (IVC), stakeholder, Disclosure Network Analysis (DNA), reputasi perusahaan

Abstract

Program CSR tidak hanya aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendapatkan legitimasi dari masyarakat melainkan mampu mengintegrasikan keseluruhan nilai bersama setiap stakeholder dan bisnis secara berkelanjutan. Integrated Value Creation (IVC) adalah kombinasi antara CSR dan CSV. IVC adalah rangkaian proses untuk membantu perusahaan dalam mengintegrasikan semua nilai dan pemenuhan ekspektasi setiap stakeholder. Proses IVC terdiri dari 7 tahapan yaitu analisis konteks, stakeholder assessment, tinjauan kepemimpinan, peninjauan resiko, analisis kesempatan perusahaan, proses ­redesign, dan integrasi sistem. Dengan teori stakeholder mampu memetakan stakeholder sehingga Bank Mandiri mampu menyampaikan pesan komunikasi secara tepat sesuai kebutuhan setiap stakeholder. Melalui metode analisis jejaring wacana atau Disclosure Network Analysis (DNA), mengelola wacana yang didapatkan melalui 18 media massa online dan hasil wawancara untuk melihat bagaimana hubungan antar aktor, hubungan antar aktor yang terlibat dan konsep serta hubungan antar konsep yang berkenaan dengan strategi komunikasi CSR Program Kewirausahaan Petani Pamarican. Aktivitas CSR memberikan dampak melalui beragam aspek dalam perusahaan dan bisnis secara menyeluruh. Salah satu dampak yang akan diulas berkenaan dengan reputasi perusahaan. Reputasi perusahaan yang positif dapat dilihat melalui beragam dukungan dan keterlibatan dari para stakeholder seperti pemerintah, perusahaan BUMN, lembaga nonprofit, potensial petani, supplier, hingga pemerintah daerah Kebumen yang siap mendukung PT Mitra Desa Kebumen dioperasikan dengan mengimplementasikan sistem yang sama seperti Desa Pamarican. Tidak dipungkiri, keberhasilan Bank Mandiri dalam mengadakan Program Kewirausahaan Petani Pamarican mampu memberikan manfaat yang dirasakan petani dan semua stakeholder yang terlibat. Hal ini menjadi salah satu kunci penting yang mendukung dalam peningkatan reputasi perusahaan.

References

Ellerup Nielsen, A., & Thomsen, C. (2018). Reviewing Corporate Social Responsibility Communication: a Legitimacy Perspective. Corporate Communications, 23(4), 492–511. https://doi.org/10.1108/CCIJ-04-2018-0042
Eriyanto. (2022). Analisis Jejaring Wacana. PT Remaja Rosdakarya.
Esen, E. (2013). The influence of corporate social responsibility (CSR) activities on building corporate reputation. In Advances in Sustainability and Environmental Justice (Vol. 11). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S2051-5030(2013)0000011010
Freeman, R. E., Harrison, J. S., Wicks, A. C., Parmar, B., & Colle, S. de. (2010). Stakeholder Theory: The State of the Art (Vol. 4, Issue 1). Cambridge University Press.
Ghani, M. A. (2016). Model CSR Berbasis Komunitas: Integrasi Penerapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Korporasi. IPB Press.
Harrison, J. S., Barney, J. B., Freeman, R. E., & Phillips, R. A. (2019). The Cambridge Handbook of Stakeholder Theory. In The Cambridge Handbook of Stakeholder Theory. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108123495
Høvring, C. M. (2017). Corporate Social Responsibility as Shared Value Creation: toward a Communicative Approach. Corporate Communications, 22(2), 239–256. https://doi.org/10.1108/CCIJ-11-2016-0078
Iskandar, D. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.
Jeffrey, S., Rosenberg, S., & McCabe, B. (2018). Corporate Social Responsibility Behaviors and Corporate Reputation. Social Responsibility Journal, 15(3), 395–408. https://doi.org/10.1108/SRJ-11-2017-0255
Kelana, I. (2022). Pelaksanaan CSR di Indonesia Terus Meningkat, Ekonomi Sirkular Makin Penting. Republika.Co.Id.
Kymal, W. V. and C. (2015). Integrated Value Creation (IVC): Beyond Corporate Social Responsibility (CSR) and Creating Shared Value (CSV). Journal of Intenrational Business Ethics, 8(2), 2–5.
Leifeld, P. (2016). Policy Debates as Dynamic Networks German Pension Politics and Privatization Discourse. University of Chicago Press.
Mandiri, B. (2021). Bank Mandiri Optimalisasi Program Kewirausahaan Petani. Bank Mandiri.https://www.bankmandiri.co.id/en/web/guest/news-detail?primaryKey=44906187&backUrl=/en/web/guest/news
Munro, V. (2020). The Future of CSR and the New Ecosystem for CSR 4.0. CSR for Purpose, Shared Value and Deep Transformation, 203–229. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-035-820200009
Muslim, M. (2015). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10), 77–85. https://doi.org/10.33751/wahana.v1i10.654
Palazzo, M., Vollero, A., & Siano, A. (2020). From strategic corporate social responsibility to value creation: an analysis of corporate website communication in the banking sector. International Journal of Bank Marketing, 38(7), 1529–1552. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0168
Rusmini. (2017). METODE PENELITIAN: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pusaka.
Sahara, N. (2021). Bank Mandiri Optimalisasi Program Kewirausahaan Petani. Investor.Id.
Syariffudin, M. R. (2022). Pengantar Ilmu Hukum Dan Aspek Dalam Ekonomi. Prenada Media.
Visser, W., Matten, D., Pohl, M., & Tolhurst, N. (2010). The A-Z of Corporate Social Responsibility.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Sixth Edition (Vol. 5, Issue 3). SAGE Publication Inc.
Published
2023-05-25
How to Cite
Pratiwi, M., Murtiningsih, B. S. E., & Juliadi, R. (2023). Discourse Network Analysis pada Stakeholder dan Integrated Value Creation dalam CSR Bank Mandiri. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(2), 256 - 274. https://doi.org/10.25139/jkp.v7i2.5998
Section
Articles