Adaptasi Pengelolaan Siaran Radio Anak Muda Selama Pandemi Covid-19

  • Kartika Singarimbun LSPR Communication & Business Institute
  • Cyntia Keliat LSPR Communication & Business Institute
Abstract views: 358 , PDF downloads: 338
Keywords: komodifikasi media, radio anak muda, pandemi COVID-19

Abstract

Artikel ini meneliti tentang pengelolaan stasiun radio dalam menjawab pemberlakuan social distancing dan lockdown oleh pemerintah Indonesia pada saat pandemic COVID-19 tahun 2020. Radio Prambors & Radio Gen FM dipilih sebagai objek penelitian karena kedua radio ini menduduki peringkat atas untuk perolehan pendengar anak muda. Perhatian riset ini terutama diberikan pada tahun pertama pemberlakuan pandemic COVID-19 (Maret 2020 hingga Desember 2021); ketika pemerintah pertama kali memberlakukan PPKM. Pengumpulan data penelitian kualitatif ini dilakukan melalui wawancara mendalam melalui aplikasi zoom. Dengan pemahaman kritis teori ekonomi politik komunikasi dari Vincent Mosco, artikel ini menjelaskan bagaimana pandemi COVID-19 dilihat sebagai agen perubahan transformatif dalam memproduksi konten siaran. Selain mengeksplorasi bagaimana kedua radio ini menyesuaikan cara memproduksi konten siaran selama pandemic dan situasi yang ditimbulkan oleh social distancing & lockdown, penelitian ini juga untuk menjawab masalah yang muncul ketika produksi siaran dipindahkan dari studio ke rumah. Praktik komodifikasi isi media dan tenaga kerja terjadi dimana kedua radio ini dipaksa untuk menyesuaikan pengelolaan baik dari segi produksi maupun distribusinya ke anggota jaringan radio agar tetap dapat terus menyapa pendengarnya.  Dalam proses penyesuaian untuk memproduksi isi program terdapat banyak kendala seperti koneksi jaringan yang buruk, kebutuhan akan peralatan siaran dan keterampilan pekerja dalam memproduksi isi siaran, termasuk juga jadwal kerja yang tidak sesuai dengan kontrak yang mempengaruhi keseimbangan hidup produsen konten siaran. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa rumah sebagai tempat kreasi isi siaran cenderung memberikan kompromi atas standar produksi siaran yang seharusnya, termasuk distribusi dan kualitas audio.

References

Albarran, A. B., & Albarran, A. B. (2016). Defining Media Management. 1277(June). https://doi.org/10.1080/14241270802426766
Alexander, A., Owers, J., Carveth, R., Hollifield, A. A., Greco, A. N. (2004). Media economics: Theory and practice (3rd editio). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Atmadja, Vincent., Menayang, A.P., Marta, R.F., Widiyanto, Y.N. (2021). Mediamorphosis of Radio Broadcasting on a Drive-in Concert Event during Pandemic Era Y.N. Nyimak Journal of Communication, Vol. 5, No. 2, September 2021, pp. 273–293.
Bethy, R., Pawito, Utari, P. 2023. Literature Review: The Role of Radio During Pandemic for Socialization Efforts in New Normal Era. Journal of International Conference Proceedings (JICP) Vol. 6 No. 1, pp. 139-152
Bonini, T. (2014). Doing radio in the age of Facebook. Radio Journal, 12(1–2), 73–87. https://doi.org/10.1386/rjao.12.1-2.73_1
Chon, B. S., Choi, J. H., Barnett, G. A., Danowski, J. A., & Joo, S. H. (2003). A structural analysis of media convergence: Cross-industry mergers and acquisitions in the information industries. Journal of Media Economics, 16(3), 37–41. https://doi.org/10.1207/S15327736ME1603_1
Clemente-Suárez, V. J., Dalamitros, A. A., Beltran-Velasco, A. I., Mielgo- Ayuso, J., and Tornero-Aguilera, J. F. (2020). Social and psychophysiological consequences of the COVID-19 pandemic: an extensive literature review. Front. Psychol. 11:580225. doi: 10.3389/fpsyg.2020.580225
Coleman, J. (2020). UK community radio production responses to COVID-19. Brunel University London. https://bura.brunel.ac.uk/ bitstream/2438/21156/3/FullText.pdf/
Doyle, G. (2015). Multi-platform media and the miracle of the loaves and fishes. Journal of Media Business Studies, 12(1–2), 49–65. https://doi.org/10.1080/16522354.2015.1027113
Ephraim, P. E. (2020). The potentials of radio in combating misinformation about COVID-19 in Nigeria. In Fake news is bad news: Hoaxes, half- truths and the nature of today’s journalism. IntechOpen. https://www.intechopen.com/ online-first/the-potentials-of-radio-in-combat- ing-misinformation-about-covid-19-in-nigeria
Ferguson, D. A., & Greer, C. F. (2011). Local Radio and Microblogging: How Radio Stations in the U.S. are Using Twitter. Journal of Radio and Audio Media, 18(1), 33–46. https://doi.org/10.1080/19376529.2011.558867
Hausman, C., Messere, F., Benoit, P., O’Donnell, L. (2016). Modern Radio and Audio Production: Programming and Performance. 10th Edition. USA: Cengage Learning
https://wartakota.tribunnews.com/2017/08/05/akuisisi-enam-stasiun-baru-mari-group-targetkan-kuasai-65-persen-pendengar-radio-di-jakarta
https://wartakota.tribunnews.com/2017/08/05/akuisisi-enam-stasiun-baru-mari-group-targetkan-kuasai-65-persen-pendengar-radio-di-jakarta.
Ismandianto, Suyanto, Latifah, K., Muchid. (2022). Transformation of Radio Technology in The Digital Age. Nyimak Journal of Communication, Vol. 6, No. 1, March 2022, pp. 115–130
Laor, T., Galily, Y., & Tamir, I. (2017). Radio presence in online platforms in Israel. Israel Affairs, 7121(August), 1–19. https://doi.org/10.1080/13537121.2017.1345420
Lim, M. (2011). Democratization and Corporatization Media in Indonesia. USA.
Mosco, V. (2015.) Political Economy of the Media. https://doi.org/10.1002/9781405186407.wbiecp057.pub3
Nielsen. 2018. Nielsen Media Measurement.
Sellas, T. (2019). Podium Podcast and the freedom of podcasting : Beyond the limits of radio programming and production constraints. 17(1), 63–81. https://doi.org/10.1386/rjao.17.1.63
Sinaga, C.N.AP., Nasution, N. Yenni, E. (2021). Management Strategy of Online Radio: Post COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 3rd Jogjakarta Communication Conference (JCC 2021). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 596
Whitaker, S. C. (2012). Mergers & Acquisitions Integration Handbook: Helping Companies Realize the Full Value of Acquisitions. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Wimmer, R. D., & Dominick, J. R. (2011). Mass Media Research: An Introduction. In Writing.
Yin, R. . (2014). Case study research: Design and methods (2nd editio). Thousand Oaks: Sage.
www.bps.go.id
www.pramborsfm.com
www.kemenkeu.go.id
www.beritasatu.com
Published
2024-05-28
How to Cite
Singarimbun, K., & Keliat, C. (2024). Adaptasi Pengelolaan Siaran Radio Anak Muda Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Profesional, 8(1), 065 - 083. https://doi.org/10.25139/jkp.v8i1.6408
Section
Articles