Reader Comments

Howard Deff

by David Manchaster (2018-06-12)


Wisata alam menjadi salah satu pilihan yang pas untuk merelakskan pikiran setelah menjalani aktivitas rutin yang cukup melelahkan. Menurut sewa mobil di jogja Yogyakarta adalah salah satu daerah yang memiliki kekayaan alam yang menakjubkan untuk dikunjungi. Tidak hanya pantai yang terkenal di Gunungkidul, salah satu wisata alam yang menarik perhatian adalah Goa Selarong. Untuk mencampai ke goa Selarong sebelumnya pengunjung harus menaiki anak tangga yang jaraknya sekitar 400 meter.
Goa Selarong tersebut terletak di dukuh Kembangputih, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Menurut tempat rental mobil di goa ini kamu bisa menapaki kisah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam memberontak para penjajah. Sehingga wajar saja jika di bagian depan dari goa Selarong terdapat patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggangi kuda. Patung tersebut sebagai lambang penghargaan atas perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda.
Wisata alam ke Goa Selarong bisa menambah wawasan kamu mengenai sejarah karena terdapat beberapa napak tilas Pangeran Diponegoro. Sebab, goa ini menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro setelah rumahnya dibakar habis. Terdapat beberapa goa dalam Goa Selarong diantaranya adalah goa Kakung yang biasa digunakan Pangeran Diponegoro untuk membuat strategi perang. Kemudian ada pula goa Putri namun sayangnya goa ini dikunci dan tidak boleh dimasuki oleh pengunjung.
Sekarang Goa Selarong menurut harga rental mobil cenderung ramai dikunjungi oleh wisatawan karena bukti sejarah yang melekat pada goa tersebut. Ya, banyak yang penasaran dengan perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan serta bersembunyi dari Belanda pada saat itu. Disisi lain, perjalanan wisata ke Goa Selarong juga bisa menambahkan wawasan anak-anak yang ingin berlibur sekaligus belajar.
Untuk masuk ke lokasi wisata goa bekas napak tilas dari Pangeran Diponegoro ini, kamu cukup membayar retribusi sekisar Rp. 4.000. Tentu wisata goa ini sangat menarik untuk dikunjungi, selain lekat dengan sejarah perjuangan pahlawan Indonesia namun juga sangat terjangkau.
Lokasi wisata ini tergolong sangat tertata rapi dan bersih sehingga pengunjung akan dibuat terasa nyaman. Nah, apabila ingin mengunjungi ke lokasi wisata Goa Selarong maka kamu bisa naik kendaraan pribadi dari arah Jogja. Kamu hanya cukup menempuh jarak sekisar 15.6 km dan ambil Jl. Bantul. Setelah melewati Ring Road Selatan maka akan ada penunjuk jalan sehingga kamu bisa mengikuti penunjuk jalan tersebut.