Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Green Product Natural Coffee

  • Universitas Bina Sarana Informatika
  • 2STMIK Nusa Mandiri, Indonesia
  • Universitas BSI Bandung, Indonesia
Abstract views: 949 , PDF downloads: 906
DATA JAWABAN KUESIONER RESPONDEN GREEN PRODUCT (Bahasa Indonesia) downloads: 0
KUESIONER GREEN PRODUCT GAYA HIDUP DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

Fenomena masyarakat Indonesia akan prioritasnya pada kesehatan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, terbukti pada tahun 2016 Indonesia berhasil meraih peringkat 4 Negara paling sehat di ASEAN. Hal ini menunjukan bahwa Indonesia mulai membiasakan hidup sehat. Dengan fenomena tersebut, beberapa perusahaan makanan dan minuman mulai merubah strategi pemasarannya dimana salah satu caranya dengan menciptakan green product yang disesuaikan dengan gaya hidup sehat yang dimiliki. Objek penelitian ini merupakan masyarakat penikmat kopi, dimana saat ini mulai berkembang berbagai macam jenis kopi salah satunya kopi organik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah statistik kuantitatif dengan alat pengolah data berupa software SPSS for windows. Adapun hasil dari pengolahan data ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara green.

Decision Factors for Purchasing Natural Coffee Green Product

Abstract

            The phenomenon of Indonesian society for its priority on health from year to year has increased, proven in 2016 Indonesia succeeded in reaching the 4th most healthy country in ASEAN. This shows that the people of Indonesia began to get used to a healthy lifestyle. With the phenomenon, some food and beverage companies began to change their marketing strategy, one of them is by creating a green product that refers to a healthy lifestyle. Object of this research is people who loves to drink a coffee. The writer use statistic kuantitatif method by using SPSS for windows as the instrument. Result of processing the data it can be concluded that there is a significant influence between green product and lifestyle to decision of buying Ur Farm Natural Coffee.

References

Albino, V. et all. (2009). Environmental Strategies and Green Product Development: an overview on sustainabilitu-driven companies. Business Strategy and the Environment, 8, 83–96.
Arikunto. (2002). Prosedur Suatu Penelitian; Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chang, N. J., & Fong, C. M. (2010). Green Product Quality, Green Corporate Image, Green Customer Satisfaction, and Green Customer Loyalty. African Journal of Business Management, 4, 13.
Chinnici, D’Amico, & Pecorino. (2002). A multivariate statistical analysis on the consumers of organic products. British Food Journal, 104, 187–199.
Depkes, R. (2007). Profil Kesehatan 2007. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Divine, & Lepisto. (2005). Analysis of Healthy Lifestyle Consumer. Journal of Consumer Marketing, 22, 275–283.
Hermawan, A., & Yusran, H. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana.
Kaharu, & Budiarti. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5. https://doi.org/2461-0593
Kasali, R. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed). New Jersey: Prentice Hall.
Kriyantono, R. (2010). Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisaso, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana.
Mustinda, L. (2016, December 6). Gaya Hidup Sehat, Produk Alami dan “Instagramable” Jadi Penentu Tren. Detik News. Retrieved from https://food.detik.com/info-sehat/d-3364293/gaya-hidup-sehat-produk-alami-dan-instagramable-jadi-penentu-tren
Nugroho, S. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Kencana Prenanda Media.
Pankaj, K. ., & Vishal. (2014). Consumer Adoption of Green Products and Their Role in Resource Management. Indian Journal of Commerce & Management Studies, 5(3), 22–28.
Rahayu, L., Abdilah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis, 43, 121–131.
Ridwan, M., Fauzi, A., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Green Product, Green Advertising dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada mahasiswa jurusan ilmu administrasi bisnis angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 fakultas ilmu administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Mer. Jurnal Administrasi Bisnis, 55 No.1.
Ririn. (2008, November 14). Investasi Kesehatan dengan Produk Organik. Republika Newsroom.
Sandu, M. C. (2014). Important elements in consumer’s decision-making process, (4), 365–373.
Setiadi, N. . (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Shaputra, R. (2013). Penerapan Green Marketing pada Bisnis Produk Kosmetik. JIBEKA, 7(3), 47–53.
Steven. (2007, March 26). Why healthy lunch.
Sugeng. (2007, February 28). Indonesia Berpotensi Jadi Produsen Tanaman Organik Dunia. Antara News. Retrieved from http://www.antara.co.id/print/?i=1190369888
Sugi, E., & Khuzaini. (2017). Analisis Pengaruh Green Marketing, Vorporate Social Responsibilitu, Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U., & Dkk. (2010). Pemasaran Strategik (Perspektif Value-Based Marketing & Pengkuruan Kinerja). Bogor: IPB Pres.
Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Swastha, & Handoko, T. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Wijaya, D. N., Sunarti, & Pangestu, E. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Konsumen Starbucks , Kota Malang ), 55(2), 75–83.
Yuniarti, V. . (2015). Perilaku Konsumen, Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2019-05-01
Section
Articles