PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN

  • Meilantifa Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Abstract views: 3242 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2100

Abstract

Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar aktif di mana siswa menemukan dan menyelidiki sendiri materi yang akan dipelajari, sehingga materi yang diperoleh dapat tertanam dan tahan lama dalam ingatan.Tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada dengan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Kawung 2 Surabaya. Penelitian ini dilakukan di SMP Kawung 2 Surabaya. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple group random sampling. KelasVIIIB terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC terpilih sebagai kelas kontrol .Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran discovery Learning lebih baik daripada dengan model pembelajaran langsung pokok bahasan lingkaran di SMP Kawung 2 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Meilantifa Meilantifa, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

References

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya : Kata Pena.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas, Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Haety, N. I dan Mulyana, E. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Journal.fpmipa.upi.edu.
Published
2018-11-07
Section
Articles