AUTHOR GUIDELINES

Call for Paper

Redaksi Jurnal Ilmiah MANAJEMEN PUBLIK DAN KEBIJAKAN SOSIAL mengundang para peneliti untuk mengirimkan artikel ilmiah berupa kajian ilmiah, karya penelitian dan ide-ide inovasi ilmiah di bidang Ilmu Administrasi khususnya terkait dengan Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. Artikel yang dimuat melalui proses telaahan dari mitra bestari/ reviewer serta proses peyuntingan tim redaksi. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial terbit 2 (dua) kali dalam setahun dibulan Januari dan bulan Juli.

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

1. Naskah merupakan karya asli penulis dan belum pernah diterbitkan di media massa, majalah, atau jurnal lain, baik didalam maupun diluar negeri. Penulis diharuskan menandatangani surat pernyataan mengenai hal tersebut (formulir disediakan oleh tim redaksi)

2. Disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebanyak satu paragraf yang terdiri dari kurang lebih 250 kata, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 11pt, spasi 1, dan isi abstrak lebih ditekankan pada hasil temuan dan rekomendasi. Disertai kata kata kunci terdiri dari 3-5 kata. Abstrak diharapkan lebih komunikatif dan tidak monoton.

3. Judul utama artikel (ditulis tidak lebih dari 12 kata) Penambahan Kalimat Penjelas Dapat Dilakukan Pada Bagian Ini (Judul menggambarkan isi artikel, dan menggunakan kata, istilah, singkatan, rumus, jargon seperti yang digunakan pada judul laporan hasil penelitian, contoh kata: pengaruh, analisis, hubungan dan sejenisnya)

4. Disertai keterangan tentang penulis yang berisi nama penulis (ditulis tanpa gelar akademik), instansi tempat penulis bekerja, nomor telepon, nomor fiksimil, alamat email, dan //atau informasi lain yang dapat dipergunakan untuk keperluan korespondensi

5. Diketik dengan menggunakan spasi tunggal/ satu spasi

6. Jumlah halaman berkisar antara 15 sampai 20 halaman

7. Ukuran kertas, margin, jenis huruf, dan indensi adalah sebagai berikut :

  • Ø Kertas berukuran A4
  • Ø Margin Kiri-Kanan-Atas-Bawah adalah 2 cm
  • Ø Jenis huruf yang digunakan adalah huruf Times New Roman ukuran 12 pt
  • Ø Indensi 0,5

8. Disertai sumber bacaan atau salah satu referensi yang relevan minimal 5 buah.

9. Penulisan footnote diperkenankan jika penulis ingin memberikan penjelasan atas konsep /pendapat pakar/penulis, dari referensi yang dikutip oleh penulis. Dengan kata lain penulisan footnote bukan untuk menuliskan sumber bacaaan/referensi.

10. Penulisan sumber bacaan/referensi dilakukan secara alfabetis dengan menggunakan Gaya Harvard (sistem penulis-tanggal)

 

Jika sumber bacaan /referensi berupa jurnal

       Cecilia,Engko. 2008. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Individual Dengan Self Esteem dan Self  Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 10, No. 1, April

Jika sumber bacaan/referensi berupa buku

 

a.  Dari Buku oleh Satu Pengarang

Bambang Riyanto 1984, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Kedua, Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada, Yogyakarta.

b. Dari Buku oleh Dua Pengarang

Cohen, Morris R, & Ernest Nagel, 1939, An Introduction to Logic and Scientific Method, Harcourt, Brace & Co., New York.

c. Dari Buku oleh Tiga Pengarang atau Lebih

Sukanto, R, et al. 1980, Business Forecasting, Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

d. Dari Buku oleh Pengarang yang Sama

Van Horne, James C 1986, Financial Management and Policy, Ninth Edition, New Jersey, Prentice-Hall International Editions._______, 1990, Fundamentals of Financial Management, Sixth Edition, Prentice-Hall Inc., New Jersey.

e. Dari Buku tanpa pengarang

Undang-Undang RI No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan, Penerbit Handayani, 1992.

 

Jika sumber bacaan/referensi berupa skripsi/tesis/disertasi
Suwastini, 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Royal Progress Jakarta. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Jika sumber bacaan/referensi dari Internet
Hardasulistya, D. (2009). Peranan Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi. Artikel.http://danangharda.blogspot.com/2009/12/peranan-gaya-kepemimpinandalam.html diakses pada tanggal 27 Desember 2009.

11. Sistematika Penulisan artikel

Jika artikel merupakan hasil pemikiran (bukan merupakan penelitian empiris), maka sistematika penulisan artikel yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Pembahasan
  3. Kesimpulan

Referensi

Jika artikel merupakan hasil penelitian empiris, maka sistematika penulisan artikel yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

  1. Latar Belakang
  2. Landasan Teoritis
  3. Metode
  4. Hasil Penelitian dan Analisis
  5. Kesimpulan dan Rekomendasi

Referensi

12. Artikel dikirimkan ke Redaktur dan penyunting Jurnal : [email protected]