Pengelolaan Work Values Pada Gen Y Dalam Meningkatkan Komitmen Kerja

  • STIE Bank BPD Jateng
Abstract views: 589 , PDF downloads: 834

Abstract

Salah satu tantangan baru bagi dunia kerja adalah tingginya jumlah millennial (Generasi Y) yang masuk kedalam dunia kerja dengan keistimewaan yang cenderung berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Dalam dunia pekerjaan, millennial sering disebut-sebut sebagai generasi yang menyukai kebebasan dan fleksibilitas seperti kebebasan belajar, bekerja, maupun berbisnis. Generasi ini juga dikatakan sebagai challenge seeker. Tahun 2020 hingga tahun 2030 diprediksi bahwa Indonesia akan mencapai puncak populasi usia produktif sebesar 70% dari total penduduk Indonesia (Sebastian, Amran, dan Youth Lab, 2016). Hal ini bisa menjadi keuntungan untuk perekonomian dan kemajuan Indonesia apabila generasi millennial sebagai generasi dengan jumlah yang besar bisa dikelola dengan baik. Terlebih lagi apabila setiap perusahaan dapat mengelola tenaga kerja millenialnya. Generasi Y telah menjadi topik penelitian yang sudah banyak diangkat di dunia karena banyaknya usia produktif dan angkatan kerja yang didominasi oleh generasi tersebut. Hanya saja di Indonesia masih sedikit penelitian yang mengangkat topik mengenai generasi Y. Alasan yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini adalah penelitian sebelumnya mengenai generasiY yang dilakukan di Amerika maupun negara-negara lainnya belum tentu sama dengan karakteristik generasi Y di Indonesia. Adapun jumlah sampel adalah 200 sampel. Hal ini sudah memenuhi syarat minimum sampel yang mampu digunakan untuk olah data statistik. Namun yang digunakan hanya 100 data karena data lainnya tidak bisa digunakan dalam penelitian dengan alasan jawaban responden yang tidak merata pada setiap kuesionernya.

References

Angeline, T. (2011). Managing generational diversity at the workplace: expectations and perceptions of different generations of employees. African Journal of Business Management, 5(2), 249–255. https://doi.org/10.5897/AJBM10.335
Berkup, S. B. (2014). Working With Generations X And Y In Generation Z Period: Management Of Different Generations In Business Life. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, 5(19), 2039–9340. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n19p218
Broadbridge, A. M., Maxwell, G. A., & Ogden, S. M. (2007). 13_2_30: Experiences, perceptions and expectations of retail employment for Generation Y. Career Development International, 12(6), 523–544. https://doi.org/10.1108/13620430710822001
Davis, E. (2016). Work Value Priority of Millennial Students.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gallup. (2016). How Millennials Want to Work and Live From the Chairman and CEO.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gursoy, D., Chi, C. G. Q., & Karadag, E. (2013). Generational differences in work values and attitudes among frontline and service contact employees. International Journal of Hospitality Management, 32(1), 40–48. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2012.04.002
Hobart, B. (2014). Understanding Generation Y: What You Need to Know About the Millennials. PrincetonOne. Retrieved from http://www.princetonone.com/news/PrincetonOne White Paper2.pdf
Kupperschmidt, B. (2000). Multigeneration employees: strategies for effective management. The Health Care Manager, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.1097/00126450-200019010-00011
Lyons, S. T., Higgins, C. A., & Duxbury, L. (2010). Work values: Development of a new three-dimensional structure based on confirmatory smallest space analysis. Journal of Organizational Behavior, 31, 969–1002. https://doi.org/10.1002/job
Lyons, S. T., Schweitzer, L., Ng, E. S. W., & Kuron, L. K. J. (2012). Comparing apples to apples: A qualitative investigation of career mobility patterns across four generations. Career Development International, 17(4), 333–357. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/MRR-09-2015-0216
Martin, C. a. (2005). From high maintenance to high productivity: What managers need to know about Generation Y. Industrial and Commercial Training, 37(1), 39–44. https://doi.org/10.1108/00197850510699965
McCrindle, M. (2006). New Generations at Work: Attracting, Recruiting, Retraining & Training Generation Y. McCrindle Research.
Meier, J., Austin, S. F., & Crocker, M. (2010). Generation Y in the workforce : Managerial challenges. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 6(1991), 68–79.
Papavasileiou, E. F., & Lyons, S. T. (2015). A comparative analysis of the work values of Greece’s “Millennial” generation. The International Journal of Human Resource Management, 26(17), 2166–2186. https://doi.org/10.1080/09585192.2014.985325
Robbins, S. (2013). Organizational Behavior. Zhurnal Eksperimental’noi i Teoreticheskoi Fiziki. https://doi.org/10.12737/4477
Sajjadi, A., Sun, B. C., & Castillo, C. A. (2012). Generational differences in work attitudes.
Sebastian, Y., Amran, D., & Youth Lab. (2016). Generasi Langgas: Millennials Indonesia. Jakarta: Gagas Media.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Sillerud, H. (2011). Generational differences in employee work values - An explorative study in a Norwegian work context.
Smola, K. W., & Sutton, C. D. (2002). Generational differences: Revisiting generational work values for the new millennium. Journal of Organizational Behavior, 23(SPEC. ISS.), 363–382. https://doi.org/10.1002/job.147
Sortheix, F. M., Chow, A., & Salmela-Aro, K. (2015). Work values and the transition to work life: A longitudinal study. Journal of Vocational Behavior, 89, 162–171. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2015.06.001
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Twenge, J. M. (2010). A review of the empirical evidence on generational differences in work attitudes. Journal of Business and Psychology, 25(2), 201–210. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9165-6
Twenge, J. M., Campbell, S. M., Hoffman, B. J., & Lance, C. E. (2010). Generational Differences in Work Values: Leisure and Extrinsic Values Increasing, Social and Intrinsic Values Decreasing. Journal of Management, 36(5), 1117–1142. https://doi.org/10.1177/0149206309352246
Published
2020-08-17
Section
Articles