Penggunaan Media Pembelajaran Flash Dengan Strategi K-W-L Dalam Membaca Pemahaman Teks Eksposisi

  • Soesiana Tri Eka Silver Universitas Dr. Soetomo
  • Retno Suciati Universitas Dr. Soetomo
  • Hetty Purnamasari Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Yuni Hanifah Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 336 , PDF downloads: 318
Keywords: media pembelajaran Flash, membaca pemahaman, teks eksposisi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bahwa strategi KWL (Tahu, Ingin Tahu, dan Belajar) dapat digunakan dengan media Flash dalammembaca pemahaman bahasa Indonesia pada teks eksposisi.Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif , peneliti menggunakan siswa kelas delapan sebagai subjek penelitian, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi  ceklist, wawancara guru dan siswa, penggunaan angket dengan rentang 4 pilihan serta tes tertulis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa observasi ceklist dikelas memperoleh nilai 92,92 dengan kategori baik. Hasil wawancara guru dengan total skor 87,5, dan hasil wawancara dengan siswa dengan skor 86,6. Adapun dari hasil angket adalah 94,0. Tingkat kualitas kemampuan awal siswa dari hasil prestes menunjukkan kategori kurang dengan rerata nilai 63, 07 dan tes hasil belajar diperoleh hasil baik dengan rerata nilai sebesar 79, 6 dengan acuan Kriteria Ketuntasan Minimal 70.

References

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Wiryodijoyo, Suwaryono. 2009. Membaca: Strategi, Pengantar, dan Tekniknya.Jakarta:Depdikbud

Smaldino, Sharon E. 2011. Instructional Technology & Media for Learning, Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana

Akyuz, Voklan. 2004. The Effects of Textbook Style and Reading Strategy on Student ‘Achievment and Attitudes Towards Heat and Temperature. Thesis. The graduate School of Natural and Applied Sciences, Middle East Technical University.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca: Sebagai suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Djiwandono,Soenardi.2011. Tes Bahasa , Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta; PT.Indeks.

Rasyid, Harun dan M. Asrori. Efektivitas Strategi Pembelajaran K-W-L Teaching Model untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Nomor 1, tahun IX, 2008.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2022-08-09
How to Cite
Silver, S. T. E., Suciati, R., Purnamasari, H., & Hanifah, S. Y. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Flash Dengan Strategi K-W-L Dalam Membaca Pemahaman Teks Eksposisi . Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 53-68. https://doi.org/10.25139/fn.v5i1.4836
Section
Articles