Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun

  • Universitas Dr Soetomo
  • Universitas Dr Soetomo
  • Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 3851 , PDF downloads: 5086
Keywords: Penguasaan kosakata, bahasa indonesia, usia anak 4-5 tahun

Abstract

Bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, manusia membutuhkan bahasa sebagai media. Dengan kata lain, bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat dalam bentuk simbol suara yang dihasilkan oleh alat ucapan manusia untuk menyampaikan atau menerima pesan, gagasan, gagasan dan informasi. Berbicara tidak lepas dari kosakata. Kosakata adalah bagian penting dari bahasa tersebut. Penguasaan kosakata dapat mempengaruhi kemampuan bahasa seseorang. Demikian juga, kemampuan seseorang untuk menggunakan dan belajar bahasa dipengaruhi banyak oleh kosa kata yang dimiliki anak tersebut. Permasalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana menguasai kelas bahasa Indonesia yang dikuasai anak usia 4-5 tahun di TK Kasih Ibu Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Kabupaten Malinau Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah: Jelaskan penguasaan kelas kata bahasa Indonesia yang dikontrol oleh anak usia 4-5 tahun di TK Kasih Ibu Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Kabupaten Malinau Barat. Penelitian ini memiliki manfaat, yaitu (1) hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pengguna bahasa, terutama penggunaan tingkat bahasa daerah dan bahkan tingkat nasional. (2) dapat bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar penguasaan kosakata di TK khususnya penguasaan bahasa Indonesia dan merupakan bentuk usaha untuk memperluas pengetahuan dan wawasan tentang bahasa khususnya bahasa kosa kata anak.

Kata kunci: Penguasaan kosakata, bahasa indonesia, usia anak 4-5 tahun

References

Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
A. Chaedar. 1989. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Satu Kedekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
http://jurnal-online.um.ac.id
Keraf, Gorys. 1970. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah
Kridalaksana, Harimurti. 1995. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada.
Moleong, j. Lexy. 2011. Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Rosda
Mujianto dan Saraswati. 2000. Pisikolinguistik Telaah Keterpelajaran dalam Pemerolehan Bahasa. Malang: UMM
Mulyono, Anton M, dkk. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Partana dan Sumarsono. 2002. Sosiolingustik Yogyakarta: Sabda
Pateda, Mansoer. 1990. Sosiolinguisti. Bandung: Angkasa Press
Subyakto dan Nababan, 1992. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia
Sudariyanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan. Yogya: Duta Wacana
Sudaryanto. 1993: Metode Dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: DutaWacana UniversityPress.
Suharsini Arikunto. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. yogyakarta: Rineka Cipta.
Suyono. 1990. Dasar-dasar dan Pengajaran. Malang: Yayasan Asih Asuh. Malang
Terigan, Guntur Henry. 1994. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa.
Widjaja. 1986. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Rine Cipta
Widjana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Published
2017-12-28
How to Cite
, , & . (2017). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.762
Section
Articles