PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI KEBERLANGSUNGAN BISNIS UMKM

Maya Cendana

Abstract

Iklim perekonomian di Indonesia sekarang sedang tumbuh dan berkembang terutama untuk bisnis UMKM. Di dalam menggerakkan perekonomian mikro kecil dan menengah, banyak masyarakat Indonesia menjadi pedagang kecil yang memasarkan suatu produk kepada orang lain. Mereka mencoba peruntungan nasib menjadi pedagang untuk mencari keuntungan. Beberapa pedagang menjual dagangannya di lapak dan lainnya ada yang menjual keliling. Banyak dari pedagang Indonesia belum memanfaatkan teknologi informasi untuk berjualan, padahal teknologi informasi dapat dimanfaatkan hanya dari genggaman tangan,salah satunya melalui media sosial. Media sosial seperti Facebook,Instagram dan Twitter dapat digunakan untuk menjual barang dagangannya. Kegiatan pengabdian ini memberikan informasi secara menyeluruh mengenai media sosial untuk para pedagang atau pegiat bisnis UMKM. Kegiatan ini jugaakan memberikan strategi untuk memenangkan pangsa pasar dalam media sosial. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang berbisnis UMKM untuk menjual bisnisnya secara online melalui media sosial.

Full Text:

PDF

References

Bayer, J., Ellison, N., Schoenebeck, S., Brady, E., & Falk, E. B. (2018). Facebook in context(s): Measuring emotional responses across time and space. New Media and Society, 20(3), 1047–1067. https://doi.org/10.1177/1461444816681522

Bin Hasri, Sigit Santoso, D. S. T. (2014). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Daerah Di Kabupaten Ngawi. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 2(1).

Li, Y., Hughes, A. L., & Howe, P. D. (2018). Communicating Crisis with Persuasion: Examining Official Twitter Messages on Heat Hazards. Proceedings of the 15th International Conference on Information Systems for Crisis Response and Management ISCRAM2018, (May 2018).

Meier, A., & Schäfer, S. (2018). The Positive Side of Social Comparison on Social Network Sites: How Envy Can Drive Inspiration on Instagram. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 21(7), 411–417. https://doi.org/10.1089/cyber.2017.0708

Permana, S. D. H. (2016). E-Marketing Strategy In Game Industry With Social Media Using E-Business Model, 258–263.

Pratiwi, T. A., & Bungin, H. M. B. (n.d.). KEBEBASAN BERPENDAPAT MELALUI FACEBOOK DAN TWITTER.:

Waluyo, A. J., & Budiarsi, S. Y. (n.d.). SISTEM INFORMASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM. Kompetensi Trunojoyo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.