Peran Komunitas Maya Dalam Memotivasi Ibu-ibu Untuk Berwirausaha

  • Dr Soetomo University
Abstract views: 417 , PDF downloads: 310

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan media sosial memungkinkan perempuan untuk keluar dari wilayah domestik dan berpartisipasi dalam ranah publik. Lalu mereka tergabung dalam grup-grup media sosial, dan mendapatkan manfaat dari grup media sosial yang mereka ikuti, terutama facebook dan whatsapp.

Salah satu grup di Facebook yang menarik perhatian adalah Langsungenak, sebuah grup yang memfokuskan perhatiannya pada kuliner. Grup ini banyak diminati kaum perempuan, meski sebagian kecil anggotanya juga dari kaum laki-laki. Dari komunitas yang tergabung dalam grup facebook, anggota Langsungenak kemudian mengembangkan diri menjadi grup-grup Whatsapp yang jumlahnya lebih kecil, sesuai wilayahnya, dan menambah intensitas komunikasi para anggotanya. Sedemikian intens sehingga mereka sering mengadakan acara-acara pertemuan dalam dunia nyata. Perkembangan dari pertemanan dalam komunitas maya menjadi komunitas nyata ini ternyata juga melahirkan sebuah ikatan. Mereka kemudian sering saling memotivasi untuk mengembangkan hobi dan kegemaran memasak itu untuk mengubahnya menjadi peluang usaha. Dan para anggota Langsungenak pun termotivasi untuk berwirausaha di bidang kuliner

Kata Kunci: komunitas maya, Langsungenak, kuliner, wirausaha

References

Agustina, Tri Siwi., (2019), Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0, Jakarta, Mitra Wacana Media
Alyusi, Shiefti Dyah., (2016), Media Sosial : Interaksi, Identitas, dan Modal Sosial, Jakarta, Prenadamedia
Efzioni A. And Efzioni O., (1997) Communities Virtual vs Real, Science
Hasbullah, J., (2006), Sosial Kapital : Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia, Jakarta, MR United Press
Lin, N., (2001) Social Capital : a Theory of Social Structure and Action, Cambridge, UK, Cambridge University Press
Spellerberg, Anne., (1997), Toward a Framework for The Measurement of Social Capital
Suharto., (2005a), Analisis Kebijakan Publik : Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial, Bandung, Alfa Beta
Tambunan, TH., (2009), UMKM di Indonesia, Jakarta, Ghalia
Woolcock, M., (2001), The Place of Social Capital in Understanding Social and Economic Outcomes, ISUMA, Canadian Journal of Policy Research Vol. 2
https://kumparan.com
https://www.go-jek.com/
https://katadata.co.id/
Published
2019-05-21
Section
Articles