PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU DI PPT NUR INSANI SURABAYA

  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 1432 , PDF downloads: 1278

Abstract

Peran media pembelajaran pada pendidikan anak usia dini sangatlah penting mengingat perkembangan anak pada saat itu berada pada masa berfikir konkrit. Oleh karena itu pendidikan untuk anak usia dini harus berdasarkan realita artinya anak diharapkan dapat mempelajarai sesuatu secara nyata, sehingga memungkin kan anak dapat belajar secara konkrit. Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu proses belajar siswa sehingga dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai. Dengan demikian diharapkan terjadi perubahan perilaku  berupa kemampuan pengetahuan . sikap dan motorik siswa.

            Pembuatan media pembelajaran untuk anak usia dini merupakan kegiatan yang merupakan kemampuan yang memadahi yang membutuhkan persyaratan tertentu yaitu pengetahuan perkembangan anak dan ketrampilan kreatif untuk membuat media sehingga alat permainan edukatif betul-betul efektif dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Oleh karena itu guru PAUD perlu mendapat pelatihan membuat media pembelajaran dan cara memanfaatkan dalam pembelajarn.

Tujuan Kegiatan pengabdian pada masayarakat ini bertujuan untuk meningkatkan

sumberdaya manusia guru-guru di PPT Nur Insani Surabaya dalam mengembangkan media pembelajaran bagi anak usia dini (PAUD).

References

Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.
Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada
Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BP-PLSP) Regional II Jaya Giri
Bandung. (2004). Panduan Pengembangan APE PAUD Bersumber Lingkungan Sekitar.
Bandung : Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar,
Penilaian, Pembuatan dan Penggunaan Sarana (Alat Peraga) di Taman Kanak-kanak .
Jakarta: Depdiknas.
_____. (2003). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
_____. (2004). Kurikulum 2004 Kerangka Dasar. Jakarta: Depdiknas.
_____. (2004). Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
_____. (2003). Pembuatan dan Penggunaan APE (Alat Permainan Edukatif) Anak Usia 3-6
Tahun. Jakarta : Depdiknas.
Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Heinich, Molenda and Russel (1993). Instructional Media. New York: Macmillan Publishing Company.
Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, N., Rivai, A(1997). Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Sudjana., N., Rivai, A(1997). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Sudono, Anggani. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Depdiknas.
Suhaenah, A.S. (1998). Pemanfaatan dan Pengembangan Sumber Belajar di Sekolah Dasar.
Jakarta : Depdiknas.
Zaman, B., Hernawan, A.H. dan Eliyawati, C. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Modul
Universitas Terbuka. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Published
2019-10-02
Section
Articles