Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Mayoritas penduduk pesisir Surabaya bermata pencaharian sebagai nelayan yang berada dalam kategori menengah ke bawah dari segi sosial ekonomi. Untuk meningkatkan pendapatan keluarga, peranan dan fungsi istri nelayan di dalam suatu keluarga nelayan sangat penting sebagai penambah keuangan keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kontribusi pendapatan istri nelayan karang penyelam terhadap pendapatan rumah tangga dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi curahan waktu kerja istri nelayan karang penyelam di pesisir Surabaya Jawa Timur. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pendapatan istri nelayan karang pnyelam terhadap total pendapatan keluarga masih tergolong kecil  yaitu sebesar 25,48%. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap curahan waktu kerja istri nelayan karang penyelam yaitu pendapatan suami, pendapatan istri, jumlah anggota keluarga dan umur. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap curahan kerja istri nelayan karang penyelam yaitu variabel pendidikan.

 

Kata Kunci : curahan waktu kerja, istri nelayan, kerang, nelayan karang, pendapatan

Article Details

How to Cite
(2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CURAHAN WAKTU KERJA ISTRI “NELAYAN KARANG PENYELAM” DI PESISIR SURABAYA JAWA TIMUR. TECHNO-FISH, 4(2), 95-105. https://doi.org/10.25139/tf.v4i2.3095

References

  1. Eliana, N dan Ratina, R. 2007. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Curahan Jam Kerja Wanita Pada PT. Agricinal Kelurahan Bentuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Jurnal EPP, Vol 4 (2) : 8-14.
  2. Ghozali, I. 2009. Ekonometrika Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  3. Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis Paradikma Kuantitatif. Jakarta, ID: Grasindo.
  4. Kusnadi 2006. Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung: Humaniora Utama Press.
  5. Pristyandana, dkk. 2009. Analisis Profil Sosial-Ekonomi Keluarga Nelayan di Pesisir Pantai Surabaya (Studi Kasus Pada Masyarakat Nelayan Tradisional Kecamatan Bulak Surabaya). Seminar Nasional Statistika IX. ITS. Surabaya.
  6. Poerwanto. 2012. Analisis Regresi WLS (Weighted Least Squares). http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab3/2008-2-00432-MN%20Bab%203.pdf.
  7. Purwanti, dkk. 2004. Curahan Waktu dan Produktivitas Kerja Wanita Nelayan di Pedesaan Pantai Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Vol 16 (1).
  8. Purwanti. 2010. Model Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Sekala Kecil. Malang: UB Press.
  9. Samadi, Budi. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber daya manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  10. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  11. Wambraw, D. 2007. Tingkat Partisipasi Penduduk Wantia dalam Pasar Kerja di Irian Jaya. Universitas Cendrawasih, Irian Jaya.