PEMBERIAN PERSENTASE PROTEIN YANG BERBEDA DALAM PAKAN UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG

  • Endah Sih Prihatini Universitas Islam Lamongan
  • Yogi Febrianto Universitas Islam Lamongan

Abstract

Budidaya ikan lele keberhasilannya ditentukan pakan. Prosentase protein dalam pakan mempengaruhi kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelangsungan hidup ikan lele dengan prosentase protein yang berbeda dalam pakan dan mengetahui pertumbuhan ikan lele dengan prosentase protein yang berbeda dalam pakan. Penelitian ini dilaksanakan mulai 25 Juni sampai dengan 15 Juli 2020 2020 di desa Karang Wedoro kecamatan Turi kabupaten Lamongan.. Metode yang digunakan adalah eksperimen dendan rancangan acak lengkap. Perlakukan yang digunakan adalah Pakan dengan prosentase protein 20 %, Pakan yang digunakan adalah pakan pellet (pabrik) Pakan dengan prosentase protein 20 %, pakan  dengan prosentase protein 30 %, Pakan dengan prosentase protein 40 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pakan dengan prosentase protein 30 % memberikan kelangsungan hidup tertinggi. Sedangkan pakan dengan prosentase  protein 40 % memberikan pertumbuhan yang tertinggi. Disarankan perlu dilaksanakan penelitian terapan kadar protein 30 % pada budidaya ikan lele atau jenis ikan lainnya.

References

Boyd, C.E. (1992). Water Quality In Pond For Aquaculture, Aubum University.Aubum Alabama. New York.
Direktorat Jendral Perikanan dan Budidaya. (2007.) Petunjuk Teknis Budidaya Udang. Program Intensifikasi Pembudidayaan Ikan. Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta.
Effendi, H, (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengolahan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan, Kanisius Yogyakarta.
Hanafiah, K. A., (2014). Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi , Raja Grafindo Perkasa, Depok.
Handajani dan Widodo. (2010). Nutrisi Ikan, UMM Press, Malang.
Indrawan et al. (2016). Pengaruh Pemberian Pakan dengan Level Protein Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Belut Sawah (Monopterus albus) Pada Media Kultur.. Jurnal Media Akuatika .ojs.uho.ac.id.
Kordi, M.G.H., (20120. Kiat Sukses Pembesaran Lele Unggul, Liliy Publisher, Yogyakarta.
Lucas, et al. (2015). Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Larva gurami (Osphronemus goramy) dengan Pemberian Beberapa jenis Pakan yang Berbeda , Jurnal Budidaya Perairan 3 (2) : 19 – 28.
Nejad, et al. (2006). The EFFECT Baccillus spp Bacteria used as Probiotics On Digestive Enzyme Activity, Survival and Growth In The Indian White Shrimp Fenneropenaeus indicus. Aquaculture.
Pamunjtak, W. (2010). Panduan Budidaya Lele. Pustaka Araska Media Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kuakitatif dan R& H , Alfabeta, Jakarta.
Published
2021-06-30
How to Cite
Prihatini, E., & Febrianto, Y. (2021). PEMBERIAN PERSENTASE PROTEIN YANG BERBEDA DALAM PAKAN UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG. TECHNO-FISH, 5(1). https://doi.org/10.25139/tf.v5i1.3217