Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab <p><strong>Soetomo Administrasi Bisnis:</strong> adalah salah satu Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Dr. Soetomo, didirikan pada Januari 2023. Soetomo Administrasi Bisnis adalah Jurnal yang bertujuan untuk menerbitkan naskah berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk bidang administrasi bisnis. Jurnal ini terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober, yang memuat minimal 5 naskah untuk setiap terbitan.</p> <p><strong>ISSN</strong> 2985-9956 (Online)</p> <p><strong>Fokus dan Cakupan:</strong> Publikasi ini memuat berbagai tulisan ilmiah berupa hasil penelitian, kajian teoritis dan konseptual, aplikasi praktis dari kalangan akademisi dan praktisi bisnis.</p> <p>&nbsp;</p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 423px; top: 84px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> en-US [email protected] (Dr. Dian Ferriswara, SE., MM.) [email protected] (Aldila Dina) Thu, 04 Apr 2024 06:59:01 +0700 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bukit Amaish Cafe dan Resti di Parepare Sulawesi Selatan https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7252 <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bukit Amaish Café dan Resto di Parepare Sulawesi Selatan, dari penelitian ini memakai jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Responden dari penelitian ini berjumlah sebanyak 41 responden yang merupakan pengunjung Bukit Amaish Café dan Resto. Teknik ini menggunakan sampling incidental dalam menggunakan responden, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil uji signifikan F menujukkan hasil perhitungan F hitung &gt; F tabel (11,124 &gt; 3,245) dengan diperoleh nilai sig (0,000 &lt; 0,05) maka secara simultan (bersama-sama) variabel independen harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Bukit Amaish Café dan Resto. Uji signifikasi parsial harga menjelaskan bahwa nilai t hitung &lt; t tabel (1,293 &lt; 2,024) dengan signifikan 0,204 &gt; 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya hipotesis menunjukkan hasil harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. uji signifikasi parsial variabel lokasi diperoleh hasil nilai t hitung = 2.066 yang artinya t hitung &gt; t tabel (2,066 &gt; 2,024) dengan signifikan 0,046 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis diterima karna menunjukkan hasil lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Bukit Amaish Café dan Resto.</span></p> <p><strong>Kata kunci: Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian</strong><span style="font-weight: 400;">.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 331px; top: 290px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Kasmawati, Damajanti Sri Lestari, Liling Listyawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7252 Thu, 04 Apr 2024 03:14:47 +0700 Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Graha Resik di Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8128 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Graha Resik di surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan </span><em><span style="font-weight: 400;">cleaning service</span></em><span style="font-weight: 400;"> PT. Graha Resik Surabaya. Jumlah sampel sebanyak 45 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">simple random sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">serta menggunakan rumus slovin dalam menentukan sampel. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Graha Resik di Surabaya, stres kerja tidak berpengaruh kinerja karyawan pada PT. Graha Resik di Surabaya. Beban kerja dan stres kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Graha Resik di surabaya.</span><strong>&nbsp;</strong></p> Yasinta Farida Hasia, Hadi Sugiyanto, Isro'ani Widayati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8128 Thu, 04 Apr 2024 03:15:09 +0700 Pengaruh Faktor-faktor Kompensasi Terhadap Kinerja Mitra Driver Grab di Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8127 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompensasi Finansial Langsung, Kompensasi Finansial Tidak Langsung, dan Kompensasi Non-Finansial terhadap Kinerja Mitra Driver Grab di Surabaya baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mitra driver grab di Surabaya yang tidak diketahui pasti jumlahnya, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampel teknik sampling insidental, teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data ini menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, serta uji koefisien determinasi R</span><span style="font-weight: 400;">2</span><span style="font-weight: 400;">. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompensasi Finansial Langsung, Kompensasi Finansial Tidak Langsung, dan Kompensasi Non-Finansial berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Mitra Driver, Kompensasi Finansial Langsung berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Mitra Driver, Kompensasi Finansial Langsung berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Mitra Driver, Kompensasi Finansial Tidak Langsung berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Mitra Driver, Kompensasi Non-Finansial tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Mitra Driver.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 10px; top: 256px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Galang Gumelar Satrio Nuswantoro, Anita Asnawi, Moch Arfani Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8127 Thu, 04 Apr 2024 04:44:01 +0700 Pengaruh Kompensasi Finansial Lansung dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Karunia Kencana Permai Sejati 3 di Kalimantan Tengah https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8126 <p><span style="font-weight: 400;">Sumber daya manusia dalam suatu perusahaan harus dikembangkan dan dilatih kemampuannya untuk menghasilkan tenaga kerja yang kredibel dan mumpuni. Hal tersebut berpengaruh pada kinerja karyawan dalam perusahaan. Peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh kompensasi finansial langsung dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Karunia Kencana Permaisejati 3 di Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan bagian panen PT. Karunia Kencana Permaisejati 3 di Kalimantan Tengah. Metode pengambilan sampel menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">simple random sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dengan sampel berjumlah 131 responden. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini sebagai berikut: </span><span style="font-weight: 400;">1</span><span style="font-weight: 400;">Pada analisis regresi linier berganda menunjukan persamaan Y = 13,221 + 0,072 X</span><span style="font-weight: 400;">1</span><span style="font-weight: 400;"> + 0,509 X</span><span style="font-weight: 400;">2. </span><span style="font-weight: 400;">Adapun </span><span style="font-weight: 400;">2</span><span style="font-weight: 400;">Pengujian hipotesis pertama dengan uji F diketahui bahwa kompensasi finansial langsung dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. </span><span style="font-weight: 400;">3</span><span style="font-weight: 400;">Pengujian hipotesis kedua dengan uji t pada variabel kompensasi finansial langsung secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Pada</span><span style="font-weight: 400;"> 4</span><span style="font-weight: 400;">pengujian hipotesis ketiga dalam uji dominan diketahui bahwa disiplin kerja berpengaruh paling tinggi dengan unstandardized coefficient beta 0,509 </span><span style="font-weight: 400;">5</span><span style="font-weight: 400;">Kompensasi finansial langsung dan disiplin kerja berpengaruh 26,8 % terhadap kinerja sedangkan 73,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -10px; top: 266px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Desya Oktarina, Liling Listyawati, Damajanti Sri Lestari Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8126 Thu, 04 Apr 2024 04:44:54 +0700 Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Ulang Ovo di Kota Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8125 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan ulang OVO di kota Surabaya baik secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap minat penggunaan ulang OVO. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survei yang bersifat asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini ialah pengguna yang telah</span> <span style="font-weight: 400;">melakukan transaksi layanan OVO minimal dua kali, berdomisili di Surabaya dan berpendidikan</span> <span style="font-weight: 400;">minimal SMA/ Sederajat. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus cochran dalam&nbsp; menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui.&nbsp; Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis&nbsp; regresi linier berganda, uji F dan uji T. Hasil penelitian&nbsp; ini membuktikan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap Minat Penggunaan Ulang OVO serta persepsi kemudahan merupakan variabel yang dominan berpengaruh&nbsp; terhadap Minat Penggunaan Ulang OVO</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -2px; top: 194px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Nabilah Febdiranti, Sarwani, Andry Herawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8125 Thu, 04 Apr 2024 04:45:51 +0700 Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Teradap Keputusan Nasaba Dalam Memilih Tabungan Xpresi di Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Utama Darmo Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8124 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap keputusan nasabah dalam memilih tabungan xpresi di Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Utama Darmo Surabaya baik secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui dan menganalisa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">survey</span></em><span style="font-weight: 400;">. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menjadi nasabah di Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Utama Darmo Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden yang telah disebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">random sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dalam mengumpulkan respondennya. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada nasabah yang memiliki tabungan xpresi di Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Utama Surabaya. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji instrumen, uji analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, kualitas pelayanan dan citra perushaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah serta kualitas pelayanan merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah.&nbsp;</span></p> Fari Rejeki, Andry Herawati, Liling Listyawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8124 Thu, 04 Apr 2024 04:46:47 +0700 Pengaruh E-WOM dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA di Kabupaten Jombang https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8123 <p><span style="font-weight: 400;">Saat ini perkembangan teknologi di dunia sudah semakin cepat. Penggunaan teknologi dalam transaksi keuangan yang semakin berkembang pesat membuat tren pembayaran digital sudah mulai dikenal. Kini pembayaran menggunakan kartu (</span><em><span style="font-weight: 400;">cashless</span></em><span style="font-weight: 400;">) dan dompet digital (</span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet</span></em><span style="font-weight: 400;">) semakin marak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wom </span></em><span style="font-weight: 400;">dan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-service quality </span></em><span style="font-weight: 400;">terhadap keputusan penggunaan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet </span></em><span style="font-weight: 400;">DANA di Kabupaten Jombang secara simultan dan parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berdomisili di Jombang dengan minimal berusia 17 tahun dan telah menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet </span></em><span style="font-weight: 400;">DANA minimal satu kali. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus </span><em><span style="font-weight: 400;">moe, </span></em><span style="font-weight: 400;">sehingga didapat sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, dokumentasi, dan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wom </span></em><span style="font-weight: 400;">dan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-service quality </span></em><span style="font-weight: 400;">secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet </span></em><span style="font-weight: 400;">DANA di Kabupaten Jombang.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 78px; top: 280px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Rani Valentine Sura Kusuma, Liling Listyawati, Damajanti Sri Lestari Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8123 Thu, 04 Apr 2024 04:47:30 +0700 Pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying di KKV Tunjungan Plaza Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8122 <p><span style="font-weight: 400;">Saat ini perkembangan teknologi di dunia sudah semakin cepat. Penggunaan teknologi dalam transaksi keuangan yang semakin berkembang pesat membuat tren pembayaran digital sudah mulai dikenal. Kini pembayaran menggunakan kartu (</span><em><span style="font-weight: 400;">cashless</span></em><span style="font-weight: 400;">) dan dompet digital (</span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet</span></em><span style="font-weight: 400;">) semakin marak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wom </span></em><span style="font-weight: 400;">dan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-service quality </span></em><span style="font-weight: 400;">terhadap keputusan penggunaan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet </span></em><span style="font-weight: 400;">DANA di Kabupaten Jombang secara simultan dan parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berdomisili di Jombang dengan minimal berusia 17 tahun dan telah menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet </span></em><span style="font-weight: 400;">DANA minimal satu kali. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus </span><em><span style="font-weight: 400;">moe, </span></em><span style="font-weight: 400;">sehingga didapat sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, dokumentasi, dan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wom </span></em><span style="font-weight: 400;">dan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-service quality </span></em><span style="font-weight: 400;">secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan </span><em><span style="font-weight: 400;">e-wallet </span></em><span style="font-weight: 400;">DANA di Kabupaten Jombang.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 25px; top: 280px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Nuzulul Elvina Putri, Dian Ferriswara, Andry Herawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8122 Thu, 04 Apr 2024 04:48:17 +0700 Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Richeese Factory di Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8121 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek </span><em><span style="font-weight: 400;">(brand trust)</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap Keputusan Pembelian pada Richeese Factory di Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen Richeese Factory di Surabaya dengan kriteria minimal usia 15 tahun yang telah melakukan pembelian produk Richeese Factory baik online maupun offline dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden dan dibulatkan menjadi 100 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Dalam teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">non-probability sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dengan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;"> untuk mengumpulkan sampel yang telah melalui pertimbangan peneliti. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh secara parsial dengan nilai t</span><span style="font-weight: 400;">hitung </span><span style="font-weight: 400;">&gt; t</span><span style="font-weight: 400;">tabel</span><span style="font-weight: 400;"> yaitu 2,260 &gt; 1,984 bernilai signifikansi 0,026 &lt; nilai signifikan </span><em><span style="font-weight: 400;">alpha</span></em><span style="font-weight: 400;"> sebesar 0,05, sedangkan Kepercayaan Merek </span><em><span style="font-weight: 400;">(brand trust)</span></em><span style="font-weight: 400;">) tidak berpengaruh secara parsial dengan nilai t</span><span style="font-weight: 400;">hitung </span><span style="font-weight: 400;">&lt; t</span><span style="font-weight: 400;">tabel</span><span style="font-weight: 400;"> yaitu 0,907 &lt; 1,984 bernilai signifikansi 0,366 &gt; nilai signifikan </span><em><span style="font-weight: 400;">alpha </span></em><span style="font-weight: 400;">sebesar 0,05. Akan tetapi Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek </span><em><span style="font-weight: 400;">(brand trust)</span></em><span style="font-weight: 400;">) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai F</span><span style="font-weight: 400;">hitung</span><span style="font-weight: 400;"> &gt; F</span><span style="font-weight: 400;">tabel</span><span style="font-weight: 400;"> yaitu 20,052 &gt; 3,09 dan nilai signifikasi &lt;0,05.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -20px; top: 314px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Nova Widyastari Dewi Camelia, Damajanti Sri Lestari, Anita as Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8121 Thu, 04 Apr 2024 04:49:01 +0700 Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Scarlett Whitening di Marketplace Shopee https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8120 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian online produk Scarlett Whitening di Marketplace Shopee baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian online produk<br>Scarlett Whitening di Marketplace Shopee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel independen (X) Brand Ambassador dan Brand Image dan variabel dependen (Y) Keputusan Pembelian. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna Marketplace Shopee sebanyak 100 responden melalui penyebaran kuesioner di Google formulir. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador (X 1 ) dan Brand Image (X 2 ) secara parsial berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador (X 1 ) dan Brand Image (X 2 ) secara simultan berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji dominan menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador (X 1 ) berpengaruh secara dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).</p> Maria Feliciana Gracia Tandy, Liling Listyawati, Anita Asnawi Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8120 Thu, 04 Apr 2024 04:49:58 +0700 Pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8119 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span><span style="font-weight: 400;">semangat kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka</span><span style="font-weight: 400;"> baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap </span><span style="font-weight: 400;">kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka</span><span style="font-weight: 400;">. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel independen (X) Semangat Kerja dan Disiplin Kerja dan variabel dependen (Y) Kinerja Pegawai. Sampel pada penelitian ini adalah </span><span style="font-weight: 400;">pegawai yang bekerja di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka sebanyak 50 responden melalui penyebaran kuesioner di Google formulir</span><span style="font-weight: 400;">. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa </span><span style="font-weight: 400;">variabel Semangat Kerja (X</span><span style="font-weight: 400;">1</span><span style="font-weight: 400;">) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y), sedangkan variabel Disiplin Kerja (X</span><span style="font-weight: 400;">2</span><span style="font-weight: 400;">) secara parsial berpengaruh terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y)</span><span style="font-weight: 400;">. </span><span style="font-weight: 400;">Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel Semangat Kerja (X</span><span style="font-weight: 400;">1</span><span style="font-weight: 400;">) dan Disiplin Kerja (X</span><span style="font-weight: 400;">2</span><span style="font-weight: 400;">) secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y). Hasil uji dominan menunjukkan bahwa variabel Disiplin Kerja (X</span><span style="font-weight: 400;">2</span><span style="font-weight: 400;">) berpengaruh secara dominan terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y)</span><span style="font-weight: 400;">.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -25px; top: 280px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Ignatius Rizky Kurniawan Fernandez, Liling Listyawati, Andry Herawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8119 Thu, 04 Apr 2024 04:50:42 +0700 Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Teradap Kinerja Karyawan Pada PT Support Logistics Indonesia https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8118 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Support Logistics Indonesia. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisi data uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), hasil uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji multikolinieritas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji parsial {uji t} dan uji simultan {uji F}), dan Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil uji parsial, dapat dilihat bahwa nilai t hitung 2,254 &gt; t tabel 1,672 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 &lt; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H₁ diterima yang berarti terdapat pengaruh X₁ terhadap Y. Ho ditolak dan H₁ diterima atau terdapat pengaruh antara beban kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Support Logistics Indonesia. Berdasarkan hasil uji parsial, dapat dilihat nilai t hitung 2,071 &gt; t tabel 1,672 dengan tingkat signifikan sebesar 0,043 &lt; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H₂ diterima yang berarti terdapat pengaruh X₂ terhadap Y. Ho ditolak dan H₂ diterima. atau terdapat pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Support Logistics Indonesia. Berdasarkan hasil uji simultan, dapat dilihat nilai F hitung 8,716 &gt; F tabel 3,19, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 &gt; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa X₁ dan X₂ memiliki pengaruh secara simultan terhadap Y. </span><span style="font-weight: 400;">Dari penelitian menunjukan bahwa beban kerja (X₁) dan lingkungan kerja (X₂) memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) pada PT Support Logistics Indonesia.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 208px; top: 228px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Fani Pramujadi, Damajanti Sri Lestari, Fedianty Augustinah Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8118 Thu, 04 Apr 2024 04:51:27 +0700 Pengaruh Fasilitas Kerja dan Linkunan Kerja Terhadap Semangat Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Eban Kabupaten Timor Tengah Utara https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8116 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja dan lingkungan kerja terhadap semangat kerja tenaga kesehatan di Puskesmas Eban Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Jumlah responden pada penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Eban yang berjumlah 65 orang dan merupakan populasi tenaga kesehatan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik seperti regresi linier berganda, uji t, uji f, dan determinan koefisien yang diolah melalui SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan persamaan regresi linier berganda adalah Y = 0,311 + 0,353 X1 + 0,543 X2. Hasil uji t untuk fasilitas kerja adalah 0,137 &gt; 0,05 yang berarti fasilitas kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja. Sementara lingkungan kerja mendapat hasil 0,000 &lt; 0,05 yang berarti lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja. Hasil uji F penelitian ini mendapat nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05 yang berarti fasilitas kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 149px; top: 280px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Vinvensius Henrico Noraldi Kelana, Liling Listyawati, Anita Asnawi Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8116 Thu, 04 Apr 2024 05:09:09 +0700 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Reward Teradap Kinerja Karyawan PT. Papua Jaya Bangunan di Manokwari https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8115 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan </span><em><span style="font-weight: 400;">reward</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap kinerja karyawan PT Papua Jaya Bangunan di Manokwari baik secara simultan maupun parsial. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Papua Jaya Bangunan. Jumlah sampel sebanyak 54 Responden yang telah disebarkan kuisioner melalui link google form.</span><strong>&nbsp; </strong><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini menggunakan Teknik purpose sampling dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan. selanjutnya data analisis menggunkan uji instrumen, uji asumsi klasik, analissi regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan </span><em><span style="font-weight: 400;">reward</span></em><span style="font-weight: 400;"> memiliki pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja karyawan di PT. Papua Jaya Bangunan.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 31px; top: 184px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Christian Putra Pratama, Liling Listyawati, Anita As Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8115 Thu, 04 Apr 2024 05:11:14 +0700 Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Dafam Signature Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8114 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Hotel Grand Dafam Signature Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian yang ditulis oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Grand Dafam Signature Surabaya sebanayk 114 Responden yang telah disebarkan kesuluh karyawan melalui link google form. Penelitian ini menggunakan Teknik purpose sampling dalam mengumpulkan respondennya, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah uji instrumental meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikoliniaritas, analisis regresi linier berganda, dan Uji hipotesis meliputi Uji F (simultan), Uji t (parsial), dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja dan lingkungan kerja memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan di Hotel Grand Dafam Signature.</span></p> <p>&nbsp;</p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 71px; top: 208px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Dyah Rizki Nurzalza, Anita Asnawi, Moch Arfani Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8114 Thu, 04 Apr 2024 05:13:25 +0700 Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stress Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Hotel M-Baalap Palangkaraya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8113 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepusan kerja dan stress kerja terhadap turnover intention pada karyawan hotel M-Bahalap Palangkaraya baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian yang dibuat oleh penulis menggunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan M-Bahalap Hotel sebanyak 114 responden yang telah disebarkan keseluruh karyawan melalui link google form. Penelitian ini menggunakan Teknik purpose sampling dalam mengumpulkan respondennya, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah uji instrumental meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikoliniaritas, analisis regresi linier berganda, dan Uji hipotesis meliputi Uji F (simultan), Uji t (parsial), dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja dan Stres Kerja memiliki pengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap turnover intention.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 5px; top: 170px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Fabrizio A D Rego, Damajanti Sri Lestari, Liling Listyawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8113 Thu, 04 Apr 2024 05:15:47 +0700 Pengaruh Harga dan Fasilitas Jasa Kapal Terhadap Keputusan Pembelian Tiket KM. Kirana VII Lintasan Surabaya Lombok PP di PT. Dharma Lautan Utama Cabang Perak Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8111 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan fasilitas kapal terhadap keputusan pembelian tiket KM. Kirana VII di PT. Dharma Lautan Utama Cabang Perak Surabaya,&nbsp; baik secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian tiket KM. Kirana VII. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan KM. Kirana VII yang membeli tiket dan menggunakan armada tersebut minimal 1 (satu) kali pada tahun&nbsp; 2023, jumlah sampel sebanyak 100 responden yang telah disebarkan melalui </span><em><span style="font-weight: 400;">google form</span></em><span style="font-weight: 400;">. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus </span><em><span style="font-weight: 400;">cochran</span></em><span style="font-weight: 400;"> dalam menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, serta uji&nbsp; koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan fasilitas jasa kapal mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian tiket KM. Kirana VII serta harga merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket KM. Kirana VII.</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 13px; top: 256px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Rafriend Sri Kurniawan, Liling Listyawati, Andry Her Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8111 Thu, 04 Apr 2024 05:18:45 +0700 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tirta Sukses Perkasa https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8129 <p><span style="font-weight: 400;">Gaya kepemimpinan transformasional dalam suatu perusahaan, memiliki keterkaitan terhadap Work Engagement yang menjadi bagian penting dan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam perusahaan. Seorang pekerja yang terikat akan berkomitmen terhadap tujuan, menggunakan segenap kemampuanya untuk menyelesaikan tugas, menjaga perilakunya saat berkerja, memastikan bahwa dia telah menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan tujuan dan bersedia mengambil langkah perbaikan atau evaluasi jika memang diperlukan. Pelatihan kerja adalah proses peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan, dengan adanya pelatihan kerja juga dapat pengubahan sikap sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaannya lebih efektif. </span><span style="font-weight: 400;">Berdasarkan apa yang telah diuraikan maka dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tirta Sukses Perkasa.</span><span style="font-weight: 400;"> Dari hasil regresi yang didapat maka dapat dibuat persamaaan regresi sebagai berikut : </span><span style="font-weight: 400;">Y = a + bX1 + bX2 + bX3 + e .&nbsp;</span><span style="font-weight: 400;">Y = 18,934+1,082X1+ 0,511X2+ 3,861 . </span><span style="font-weight: 400;">Koefisien regresi a (alfa) memiliki nilai18,934, hal ini menunjukkan bahwa apabila&nbsp; (alfa) mengalami penurunan sebesar satu satuan, maka Kinerja (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 18,934. Koefisien regresi Kepemimpinan (X1)memiliki nilai 1,082, hal ini menunjukkan bahwa apabila variabel Kepemimpinan (X1)ini mengalami penurunan sebesar satu satuan, maka Kinerja (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 1,082. Koefisien regresi Pelatihan Kerja (X2) memiliki nilai0,511, hal ini menunjukkan bahwa apabila variabel Pelatihan Kerja (X2) ini mengalami penurunan sebesar satu satuan, maka Kinerja (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,511. Nilai thitungKepemimpinan (X1)terhadap Kinerja (Y) sebesar 7,835, lebih besar dari ttabel1,69, hal ini menunjukkan diterimanya H1 yang menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan (X1)terhadapKinerja (Y). Nilai thitungPelatihan Kerja (X2)terhadap Kinerja (Y) sebesar 2,882, lebih besar dari ttabel1,69, hal ini menunjukkan diterimanya H1 yang menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan Pelatihan Kerja (X2)terhadap Kinerja (Y). Diketahui dari kurva uji t variabel Pelatihan Kerja (X2)diatas nilai signifikansi berada pada daerah yang di arsir, maka dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dengan tingkat variabel bebas yaitu Pelatihan Kerja (X2)berpengaruh signifikan terhadap Kinerja (Y).</span></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -45px; top: 376px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Fariz Lutfi Suparno, Moch Arfani, Anita Asnawi Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8129 Thu, 04 Apr 2024 05:20:56 +0700 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kantor Advokat Gress Gustia and Partners https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8130 <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pengguna jasa kantor advokat Gress Gustia </span><em><span style="font-weight: 400;">and Partners </span></em><span style="font-weight: 400;">baik secara parsial maupun simultan. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah klien yang telah menggunakan jasa advokat Gress Gustia </span><em><span style="font-weight: 400;">and Partners </span></em><span style="font-weight: 400;">minimal dua kali. Jumlah sampel sebanyak 55 responden yang telah disebarkan kuesioner melalui link </span><em><span style="font-weight: 400;">google form</span></em><span style="font-weight: 400;">. Penelitian ini menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus </span><em><span style="font-weight: 400;">slovin </span></em><span style="font-weight: 400;">dalam menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian ini diketahui. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan mempunyai pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengguna jasa kantor advokat Gress Gustia </span><em><span style="font-weight: 400;">and Partners.</span></em></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 54px; top: 184.344px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Putri Kristanti Mooy, Fedianty Augustinah, Dian Ferriswara Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8130 Thu, 04 Apr 2024 05:23:11 +0700 Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mega Syari’ah Cabang Semut Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7405 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling serta menggunakan rumus slovin dalam menentukan sampel. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisisregresi linier berganda, uji F, uji koefisien determinasi. uji t serta uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diensi kualitas layanan ya terdiri dari tangible,responsiveness dan emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya, sedangkan dimensi reliability dan assurance tidak berpengauh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Semut Surabaya. Dalam penelitian ini juga didapat hasil variabel dimensi tangible adalah variabel yang paling dominan dibanding variabel dimensi lainnya.</p> Sherly Rahayu Noer Lutfi'ah, Damajanti Sri Lestari, Liling Listyawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7405 Thu, 04 Apr 2024 05:28:24 +0700 Pengaruh Celebrity Endorse Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Ms Glow Di Official Store Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7403 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>celebrity endorse</em> dan <em>word of mouth</em> terhadap keputusan pembelian produk kecantikan MS Glow di <em>Official Store </em>Surabaya dengan pengujian secara parsial maupun simultan. Didalam penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah wanita dewasa yang pernah melakukan pembelian terhadap produk MS Glow di Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Dalam Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik <em>non-probability sampling </em>dengan metode <em>purposive sampling</em> untuk mengumpulkan sampel yang telah melalui pertimbangan peneliti. Selanjutnya analisi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel <em>celebrity endorse </em>dan <em>word of mouth</em> berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan MS Glow di <em>official store </em>Surabaya.</p> <p>&nbsp;</p> Mabruro Arifah Arifah, Anita Asnawi, Liling Listyawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7403 Thu, 04 Apr 2024 06:45:05 +0700 Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Cafe Morning Mate Di Kota Malang https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7381 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>brand image, </em>harga dan promosi terhadap minat beli konsumen cafe morning mate di kota malang baik secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap minat beli kondumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan / kondumen yang telah melakukan transaksi pembelian miniman 2 kali, jumlah sampel sebanyak 96 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik <em>random sampling</em> dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus <em>unknown populations </em>dalam menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>brand image</em> dan harga berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap minat beli konsumen cafe morning mate di kota malang&nbsp; promosi berpengaruh baik secara simultan namun tidak berpengaruh baik secara parsial.</p> Ananta Krisna Sandy, Isro'ani Widayati, Hadi Sugiyanto Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7381 Thu, 04 Apr 2024 06:49:02 +0700 Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Album Dan Merchandise K-Pop Pada Fanbase Nctzen Sidoarjo https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7328 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian album dan <em>merchandise</em> <em>K-POP</em> pada fanbase NCTzen Sidoarjo. Populasi pada penelitian ini yaitu anggota fanbase NCTzen Sidoarjo dengan sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian ini didapatkan dari kuesioner yang telah diisi oleh responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Uji instrumen menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Heterokadistisitas, Uji Multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Regresi Linear Berganda. Uji Hipotesis menggunakan Uji T, Uji F, dan Uji R2. Hasil penelitian ini ada pengaruh parsial juga simultan antara harga, promosi, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian <em>merchandise</em> <em>K-POP</em> pada fanbase NCTzen Sidoarjo.</p> <p><em>This study was conducted with the aim of knowing the effect of price, promotion and trust on purchasing decisions for K-POP albums and merchandise at the NCTzen Sidoarjo fanbase. The population in this study were members of the NCTzen Sidoarjo fanbase with a sample of 100 respondents. The data for this study were obtained from questionnaires that had been filled out by respondents. The sampling technique used probability sampling technique. Instrument tests use Validity and Reliability Tests. The Classical Assumption Test used is Normality Test, Heterocadicity Test, Multicollinearity Test. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression Test. Hypothesis Test using T Test, F Test, and R2 Test. The results of this study indicate that there is a partial as well as simultaneous influence between price, promotion, and trust on purchasing decisions for K-POP merchandise at the NCTzen Sidoarjo fanbase.</em></p> Gustania Rizky Ekasanti, Anita Asnawi, Liling Listyawati Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7328 Thu, 04 Apr 2024 06:51:16 +0700 Pengaruh Variasi Produk Dan Store Astmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Miniso Surabaya https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7304 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi produk dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Miniso Surabaya baik secara simultan maupun parsial. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Miniso yang ada di Kota Surabaya dengan populasi sasaran yaitu konsumen yang pernah berkunjung ataupun berbelanja di Miniso Surabaya dalam periode pembelian selama bulan Januari sampai dengan bulan Juli tahun 2023. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, dengan teknik simple random sampling dan cochran dalam menentukan jumlah sampelnya dikarenakan populasi penelitian ini tidak diketahui. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Selanjutnya data dilakukan analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F (Uji Simultan), uji t (Uji parsial), dan uji R<sup>2</sup> ( Uji determinasi berganda). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variasi produk dan store atmosphere secara simultan dan signifikan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan secara parsial, variabel variasi produk dan store atmosphere memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -1px; top: 51px;"> <div class="gtx-trans-icon">&nbsp;</div> </div> Anggun Eka Pratiwi, Liling Listyawati, Anita Asnawi Copyright (c) 2024 Soetomo Administrasi Bisnis https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7304 Thu, 04 Apr 2024 06:54:37 +0700