PENGARUH PRESSURE, OPPORTUNITY, RATIONALIZATION, DAN CAPABILITY TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK (Studi Empiris pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Dr. Soetomo)

  • Moch. Yusril Abdillah Amiputra
  • bambang raditya purnomo Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 46 , pdf downloads: 40

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan membuktikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi yaitu Pressure, Opportunity, Rationalization, dan Capability. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode purposive sampling. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Dr. Soetomo Surabaya tahun 2016 dan 2017.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pressure berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi; (2) Opportunity berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi; (3) Rationalization berpengaruh negatif signifikan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi; (4) Capability berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi; (5) Pressure, Opportunity, Rationalization dan Capability berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi.

Published
2022-11-27
Section
Articles