PENGARUH SOSIALISASI PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN PADA WAJIB PAJAK TERHADAP TINGKAT PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA KAB. BANGKALAN MADURA TAHUN 2020

  • Lailil Maghfiroh
Abstract views: 7 , pdf downloads: 12
Keywords: Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, kualitas Pelayanan, SPT

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi pajak, pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan pada wajib pajak terhadap tingkat pelaporan SPT Tahuaan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan Madura. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bangkalan pada tahun 2020 yang berjumlah 121.394 wajib pajak. Sampel yang digunakan adalah purpose sampling method. Teknik pengumpulan data yaitu menyebarkan kuesioner dengan jumlah responden 100 wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Bangkalan Madura. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan alat bantu komputer yang menggunakan program SPSS versi 25.

Hasil analisis data dalam uji secara simultan menunjukkan bahwa sosialisasi pajak, pengetahuan pajak, dan kualitas pelayanan pada wajib pajak berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan Madura. Berdasarkan hasil uji secara pasial menunjukkan bahwa sosialisasi pajak, pengetahuan pajak, dan kualitas pelayanan pada wajib pajak berpengaruh terhadap tingkat pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan Madura.

Published
2022-11-27
Section
Articles