PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PELATIHAN BREVET PAJAK (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Dr. Soetomo Surabaya)

  • Fifi Rahmawati Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Miftahol Horri Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 103 , PDF Journal downloads: 306
Keywords: Motivasi, Pengetahuan Perpajakan, Biaya Pendidikan dan Pelatihan Brevet Pajak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi,
pengetahuan perpajakan dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa
mengikuti pelatihan brevet pajak. Pelatihan brevet pajak sangat penting karena
memberikan pengetahuan dan kemampuan yang komprehensif dalam bidang
perpajakan sehingga dapat memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik dan
benar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Dr.
Soetomo Surabaya angkatan tahun 2016 dan 2017 yang berjumlah 162 orang.
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 116 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan
motivasi, pengetahuan perpajakan dan biaya pendidikan secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti pelatihan brevet pajak
dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial motivasi
berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti pelatihan brevet pajak
hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0,017 < 0,05, pengetahuan perpajakan
berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti pelatihan brevet pajak
dibuktikan dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan biaya pendidikan berpengaruh
secara signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti pelatihan brevet pajak
dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

References

Abdillah, E. (2011). Pengaruh Motivasi Kualitas Dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppa). Universitas Negeri Semarang.

Aryani, N. P. D., & Erawati, N. M. A. (2016). Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir, Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16.

Benny, E. dan Y. (2006). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Chandraswari, M. U. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Iain Surakarta Dalam Mengikuti Pendidikan Brevet Pajak. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Dosen Pendidikan 2. (2020). Akuntansi Pajak adalah. DosenPendidikan.Com from https://www.dosenpendidikan.co.id/akuntansi-pajak/ diakses Februari 2020

Duta.co. (2019). Siapkan Kompetensi Perpajakan, FEB Unisma Gelar Brevet Pajak A & B. Kantor Berita Religius from from https://duta.co/siapkan-kompetensi- perpajakan-feb-unisma-gelar-brevet-pajak-a-b diakses Januari 2020

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.

Universitas Diponegoro.

Hadiprasetyo, T. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Universitas Negeri Yogyakarta.

IAI. Pelatihan Brevet Pajak A dan B Terpadu serta Brevet C. diakses Maret 2020 Ikbal, M. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk

Mengikuti Pendidikan PPAk. Universitas Diponegoro.

Indrawati, N. (2009). Motivasi dan Minat Mahasiswa untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Pekbis Jurnal, Vol.1 No.2, hal 124-130.

Kholis, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak ( Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Surakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta.

Komarudin, M. F., & Afriani, R. I. (2018). Investigasi Minat Studi Brevet Pajak Pda Mahasiswa Akuntansi Di Stie Bina Bangsa. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11.

Lestari, I. (2014). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Ekonomi, Karir Dan Kualitas Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Brevet Pajak. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal Ansiru Pai, 1(2).

Muyassaroh, E. (2012). Perpajakan Brevet A dan B. Pustaka Yustisia.

Prasetyo, E., Pranoto, S., & Anwar, S. (2016). Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan Dengan Minat Mengikuti Brevet Pajak Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi Xix, Lampung.

Sarjono, B. (2011). Faktor-fakor yang mempengaruhi minat mengikuti program pendidikan brevet pajak di STIE Perbanas Surabaya. The Indonesian Accounting Review, Vol. 1, No.

Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian. Zifatama Jawara. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. ALFABETA.

Suryaningsum, W. dan. (2005). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Akuntansi Dan Manajemen, Vol. XVI T, Hal. 67-77.

Yudithia. (2014). Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Sekolah Terhadap Kompetensi Siswa Kelas Xii Pada Kelompok Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian

Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) Di Smk 1 Sedayu. Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2023-03-18
How to Cite
Fifi Rahmawati, & Miftahol Horri. (2023). PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PELATIHAN BREVET PAJAK (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Dr. Soetomo Surabaya). Soetomo Accounting Review, 1(2), 190-202. https://doi.org/10.25139/sacr.v1i2.6071
Section
Articles