PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Nurul Azizah Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Saibat Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 56 , PDF Journal downloads: 282
Keywords: Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Perputaran Modal Kerja, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran piutang terhadap
profitabilitas, untuk menguji pengaruh perputaran persediaan terhadap profitabilitas,
untuk menguji pengaruh perputaran modal kerja terhadap profotabilitas. Populasi dalam
penelitian ini yaitu perusahaan manufaktu ryang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada
sector industry dasar dan kimia dalam periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalahTeknik purposive sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 102 sampel. Teknik analisis yang digunakkan dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa perputaran
piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan
manufaktur periode 2016-2018. Perputaran persediaan berpengaruh positif namun tidak
signifikan terhadap profotabilitas pada perusahaan manufaktur periode 2016-2018.
Perputaran modal kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap profitabilitas
pada perusahaan manufaktur periode 2016-2018.

References

BUKU

Kasmir. (2012). AnalisaLaporanKeuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Munawir. (2010). AnalisaLaporanKeuangan. Yogyakarta : Liberty

Riyanto, Bambang. (2011). Dasar-DasarPembelanjaan Perusahaan.Yogyakarta : BP-FE

Hery.(2017). Kajian Riset akuntansi mengula sberbagai hasil penelitian terkini dalam bidang akuntansi da nkeuangan. In Jakarta: PT Grasindo.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Kuangan Lainnya. In PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

JURNAL

AryWirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi.

Azlina, N. (2009). Pengaruh Tingkat Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal Dan Skala Perusahaan TerhadapProfitabilitas. JurnalPendidikanEkonomi Dan Bisnis.

Budiansyah, O., Safitri, Y., D.W Cherrya (2016). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. E- jurnal Akuntansi

Deni,I.(2014).Pengaruh Tingkat PerputaranKas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar

di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kepulauan Riau.

Hartanto, Widya Kurnia. (2017). PengaruhPerputaranPiutang Usaha TerhadapProfitabilitas (studikasus pada PT. Unilever Indonesia Tbkperiode 2006-2015). JurnalAkuntansi.

UniversitasKatolikParahyagnganFakultasEkonomi. Bandung.

Iradawati, S. N.(2011).Pengaruh modal kerja terhadap likuiditas pada kegiatan usaha perdagangan. Balance Economics, Bussiness, Management and Accounting Journal.

KuspintaDiagriya, T. (2018). Pengaruh Intelektual Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2014-2016). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Luh Komang Suarnami, I Wayan Suwendra, W. C. (2014). Pengaruh Perputaran Piutang dan Periode Pengumpulan Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pembiayaan. E-Journal Bisma Univesitas Pendidikan Ganesha.

Matodang, Lasni Roha. (2017). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Likuiditas Pada CV. Tbita Jaya Agro Industri Medan. Jurnal Fkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan.

Novari, P., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Prakoso, B. (2014). Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Pembiayaan Listing di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Administrasi Bisnis.

Rahma, A. (2011). Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur PMA dan PMDN yang Terdaftar di BEI Periode 2004-2008. UNDIP INSTITUTIONAL REPOSITORY (UNDIP-IR).

Suminar, M. T. (2013). Pengaruh Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang dan Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2013. Jurnal UNPAD.

Surya, Emilda. (2012). Pengaruh Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada PT. Matahari Putra Prima Tbk. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan IlmuSosial. Universitas Islam Negri Sultas Syarif Kasim. Riau.

WEB

www.idx.co.id

Published
2023-03-18
How to Cite
Nurul Azizah, & Saibat. (2023). PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Soetomo Accounting Review, 1(2), 203-213. https://doi.org/10.25139/sacr.v1i2.6072
Section
Articles