PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN, DAN RASIONALISASI TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Dr.Soetomo Surabaya)

  • Happy Widigdho Chandra Anugerah Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 54 , PDF Journal downloads: 25
Keywords: Kesempatan, Perilaku Kecurangan Akademik, Rasionalisasi, Tekanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Tekanan, Kesempatan, dan Rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Universitas Dr.Soetomo Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang diukur dengan skala likert. Teknik pemilihan sampel menggunakan insidental sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Dr.Soetomo Surabaya, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 86 mahasiswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tekanan, dan kesempatan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Namun rasionalisasi menunjukan berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Universitas Dr.Soetomo Surabaya.

References

Albrecht, W.S. 2012. Fraud examination, fourth edition. USA: South-Western.
Alwahid. (2015). Jangan Ditiru! 7 Kecurangan yang Identik dengan Mahasiswa. https://media.ihram.asia/2015/12/ 30/jangan-ditiru-7-kecurangan- yang-identik-dengan-mahasiswa/ (Diakses pada 10 Juni 2020).
Apriani, dkk. 2017. Pengaruh Pressure, Opportunity Dan Rationalization Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol.7, No.1. Banyuasri
Aulia, Farah. 2015. Faktor-faktor Yang Terkait Dengan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. Vol.6, No.1, Mei 2015, hlm.23-32. Padang
Indonesia. 2003. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Institut Akuntan Publik Indonesia. 2013. Standart Audit (“SA”) 240 Tanggung Jawab Auditor Terkait dengan Kecurangan dalam Suatu Audit atas Laporan Keuangan. Jakarta.
Muffakir, M., & Listiadi, A. (2016). Pengaruh Faktor Yang Terdapat Dalam Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. Jurnal Pendidikan Akuntansi Beranda > Vol 22, No 2 (2019) > Tantama. Jakarta
Murdiansyah, Isnan, Made Sudarma, dan Nurkholis. 2017. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Akuntansi Aktual. Vol. 4, No. 2, Juni 2017, hlm. 121-133. Malang.
Otaviani, Nike. 2018. Analisis Faktor-faktor yang Mempengarui Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2014-2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Electronic Theses And Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Pamungkas, D. D. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. Lumbung Pustaka Uibersitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Prawira, I. D. M. S., & Iranto, G. 2015. Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang). Jurnal IlmiahMahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol: 3 No: Malang
Priantara, D. 2013. Fraud Auditing & Investigation. Jakarta: Mitra Wacana Media
Republika.co.id. 2013. Puluhan Mahasiswa Harvard Menyontek, Kok Bisa?. (Online). (www.republika.co.id/berita/inter nasional/global, diakses 10 Juni 2020)
Sari, D. S., Rispantyo. & Kristianto, D. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle (Tekanan, Kesempatan Dan Rasionalisasi) Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi Faculty of Economic Universitas Slamet Riyadi Vol.13 No.4. Surakarta
Sindonews.com. 2017. Mencegah Plagiasi di Kampus, (Online). (https://nasional.sindonews.com, diakses 10 Juni 2020)
Singleton, Tommie W. dan Aaron J.Singleton. 2010. Fraud Auditing and Forensic Accounting Fourth Edition. John Wiley & Sons, New Jersey.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metode). Vol. 9. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodelogi Penelitian Bisnis & Ekonomi ( Vol.1 ). Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Tuanakotta, Thedorus M. 2017. Akuntansi Forensik dan Audit Inventigatif Edisi 2. Jakarta: Selemba Empat.
Widianto,A. & Sari, Y.P. 2017. Deteksi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa D III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal Dengan Model Fraud Triangle. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi) Vol.2 No.1 Politeknik Harapan Bersama Tegal. Tegal
Zaeni, M., Carolina, A. & Setiawan, A.R. 2015. Analisis fraud diamond dan gone theory terhadap academic fraud (studi kasus mahasiswa akuntansi se- Madura). Simposium Nasional Akuntansi 18 UniversitasSumatara Utara. Medan
Published
2023-12-20
How to Cite
Happy Widigdho Chandra Anugerah. (2023). PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN, DAN RASIONALISASI TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Dr.Soetomo Surabaya). Soetomo Accounting Review, 2(1), 51-64. https://doi.org/10.25139/sacr.v2i1.7567