PENGARUH GENDER, LATAR BELAKANG PEKERJAAN, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI WILAYAH KABUPATEN MANGGARAI

  • Katarina Yenita Kurniawan Universitas Dr Soetomo
  • Mustika Winedar Universitas Dr Soetomo
Abstrak views: 137 , PDF Journal (English) downloads: 95

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Gender, Latar Belakang Pekerjaan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Wilayah Manggarai. Mengunakan data primer dan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Mengunakan aplikasi pengolah data memlalui SPSS versi 25 untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden yang berdomsili di Kabupaten Manggarai. denga purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Gender berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Wilayah Manggarai, Latar Belakang Pekerjaan tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Wilayah Manggarai dan Tingkat Pendidikan tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Wilayah Manggarai.

Referensi

Fitriani, dewi, dkk. ( 2014). Pengaruh gender, latar belakang pekerjaan dan tingkat Pendidikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal infestasi. Vol. 10 No. 2 desember 2014 hal. 115-122.
Kakunsi, E.dkk.( 2017 ). Pengaruh Gender dan Tingkat pendidikan terhadap kepatuhan wajib pajak di wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna. Universitas Sam patulangi Manado, Jurnal riset akuntansi going concern 12(2).
Amylin dan Yusronilah. ( 2009 ). Analisis pengaruh tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan wajib pajak terhadap motivasi dalam memenuhi kewajiban pajak. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, JMK Vol. No 3.
Widya, Yasa. (2021). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kewajiban moral, tingkat pendidikan dan kondisi keuangan pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja- Indonesia. Volume 9, Number 1, pp. 101-108.
Pasaribu, Ganda Frisno Dan Christine Tjen. ( 2015). Pengaruh faktor-faktor demografi terhadap keputusan perpajakan di Indonesia. Jurnal berkala Akutansi dan Keuangan Indonesia. Volume 1 Nomor 2 Tahun 2015.
Rahman, A. ( 2018 ) . Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Kepatuhan membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Universitas Negeri Padang
Rustiyaningsih, sri. ( 2011 ). Faktor-faktor yang mepengaruhi kepatuhan wajib pajak. Widya Warta, No.02 Tahun XXXV, ISSN 0854-1981
Amin, widjaja tunggal. ( 1995 ). Pelaksanaan Pajak Penghasilan Perseorangan. Rineka cipta. Jakarta.
Centre for tax Policy and Administration. ( 2004) . Compliance Risk Management: Managing Improving Tax Compliance. Organisation for Economic Coperation and Development.
https://www.pajakku.com
Diterbitkan
2023-12-20
Bagian
Articles