Evaluasi Program Pengaduan Masyarakat Melalui Website Whistleblowing System (WBS) Pada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur

  • Marlytha Gading Vanny Putri Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Kamariyah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 109 , Full Text downloads: 184

Abstract

Evaluasi Program Pengaduan Masyarakat Melalui Website Whistleblowing System
(WBS) Pada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur. Program Studi Ilmu Administrasi
Negara, Fakultas Ilmu Administrasi - Universitas Dr. Soetomo, Agustus 2023. Dalam Peraturan
Gubernur Jawa Timur nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Penanganan
Pengaduan (Whistleblowing System) di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur,
pasal 1 dijelaskan bahwa Pengaduan adalah informasi yang disampaikan oleh Whistleblower
sehubungan dengan adanya pelanggaran. Unit Pengelola Pengaduan yang selanjutnya disingkat
UPP adalah unit yang bertugas untuk mengelola pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat
atau pihak yang memberikan informasi terkait hal aduan adanya pelanggaran. Dalam penelitian
ini peneliti ingin mengetahui apakah implementasi pelayanan pengaduan masyarakat yang ada
di Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur sudah sesuai dengan Peraturan yang
mengatur tentang pelayanan pengaduan masyarakat. Dengan evaluasi dalam upaya menciptakan
pemerintah yang lebih responsif ini akan mencerminkan komitmen Satuan Polisi Pamong Praja
Provinsi Jawa Timur dalam meningkatkan pelayanan pengaduan yang lebih on point dan tepat
guna bagi masyarakat. Atas dasar ini, penelitian yang diambil merupakan jenis/tipe penelitian
kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis
atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Efisiensi pengoprasian program
WBS yang dibuat dan dikelola oleh Satpol PP Prov Jatim menjadikan daerah tidak lagi membuat
aplikasi pengaduan di Satpol PP daerah sendiri-sendiri. Kecukupan kondisi sarana dan prasarana
yang belum memadai seperti jaringan internet dan tingkat pengetahuan masyarakat yang minim
serta kapasitas SDM baik dari aparatur pemerintahan maupun masyarakat yang masih kurang
memahami penggunaan teknologi menjadi alasan belum dapat memenuhi seluruh aspek dalam
pengoperasian WBS Satpol PP Prov Jatim. Responsivitas dampak dari penggunaan WBS di
Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur sebagai sarana pengaduan masyarakat telah
memperbaiki kualitas pelayanan dengan melakukan upgrade skill kepada aparatur yang bekerja
termasuk menciptakan kondisi pelayanan pemerintahan yang aman, nyaman dan tertib. Hal
tersebut juga mendapat respon yang baik dari masyarakat guna mengadukan kinerja pelayanan
publik di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur.
Kata Kunci: Evaluasi Pelayanan Pengaduan, WBS, Satpol PP Prov. Jatim

Published
2023-11-06
How to Cite
Putri, M. G. V., Roekminiati, S., & Kamariyah, S. (2023). Evaluasi Program Pengaduan Masyarakat Melalui Website Whistleblowing System (WBS) Pada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur. Soetomo Administrasi Publik , 489 - 500. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7264

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>