Pengaruh Digital Marketing dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pengguna GoFood di Mojokerto Saat Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan persepsi
manfaat terhadap keputusan pengguna GoFood di Mojokerto saat pandemi Covid-19 baik
secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan
pengguna GoFood. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan transaksi
pembelian makanan dengan menggunakan layanan GoFood lebih dari satu kali pada bulan
Desember 2021 sampai dengan Januari 2022, jumlah sampel sebanyak 96 responden yang telah
disebarkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling
dalam mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus cochran dalam menentukan
sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Selanjutnya, data analisis
menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t,
serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan
persepsi manfaat mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap
keputusan pengguna GoFood serta persepsi manfaat merupakan variabel yang dominan
berpengaruh terhadap keputusan pengguna GoFood di Mojokerto saat pandemi Covid-19.
Kata kunci : Digital Marketing, Persepsi Manfaat, GoFood.