Pengaruh Nilai Anggota dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota (Pada Koperasi Simpan Pinjam di Wilayah Dusun Simorejo Kepohbaru Bojonegoro)

  • Iza Maulida Fauziah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Andry Herawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 47 , Full Text downloads: 46

Abstract

Kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota,
apabila kualitas layanan tidak baik maka akan memberi pengaruh yang tidak baik terhadap
kepuasan anggota. Selain itu nilai anggota juga menentukan dalam kepuasan anggota yang
dilakukan oleh anggota. Tujuan yang didiskusikan dari penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh nilai anggota dan kualitas layanan terhadap kepuasan anggota. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi tanpa
harus menarik sampel penelitian karena jumlah populasinya tidak lebih besar 100 orang
responden, yaitu anggota koperasi simpan pinjam di wilayah Dusun Simorejo Kepohbaru
Bojonegoro yang berjumlah 85 anggota. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer,
teknik pengumpulan data melalui survey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai
anggota tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota, sedangkan kualitas layanan
berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Nilai anggota dan kualitas layanan berpengaruh
terhadap kepuasan anggota. Kualitas layanan paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota.
Kata kunci : Nilai Anggota, Kualitas Layanan, Kepuasan Anggota

Published
2022-06-13
Section
Articles