Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Industri otomotif nasional cukup baik, salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan jumlah kelas menengah dimana terjadi peningkatan kesejahteraan dan pengetahuan sehingga masyarakat semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk. Penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh atribut produk yang meliputi: merek, fitur, kualitas, desain dan garansi baik secara parsial, simultan maupun dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memiliki produk sepeda motor matic Honda yang berdomisili di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo berusia 17 tahun ke atas dan pernah terlibat dalam pembelian sepeda motor matic Honda. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian adalah (1) analisis regresi linier berganda menunjukkan Y=4.703+0.155(X1)+0.200(X2)+0.113(X3)+0.004(X4)+0.216(X5), (2) pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t menunjukkan merek dan garansi secara parsial berpengaruh signifikan sedangkan fitur, kualitas, dan desain secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, (3) pengujian hipotesis kedua menggunakan uji F menunjukkan atribut produk yang terdiri dari merek, fitur, kualitas, desain dan garansi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo dengan pengaruh sebesar 32,1%, (4) pengujian hipotesis ketiga dengan uji dominan menunjukkan atribut produk berupa merek yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo.