Inovasi Pelayanan Publik Dalam Penertiban Perijinan Online Di Kota Surabaya Melalui Surabaya Single Window (SSW)

  • Alexs Febriawan Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 52 , Full Text downloads: 86

Abstract

Inovasi pada sektor publik telah menjadi perencanaan penting di berbagai negara, terutama di negara berkembang karena adanya inovasi pelayanan dalam sektor publik di anggap memberikan kontribusi dalam peningatankualitas pelayanan publik dan sebagai solusi dalam pemecahan masalah pelayanan publik. Inovasi dalam sektor publik identik dengan perubahan yang dilakukan oleh pemerintah yang dikenal sebagai konsep e-government. Dengan pengimplementasian Aplikasi Surabaya Single Window sistem pelayanan lebih cepat, mudah, pasti dan transparan. Adanya aplikasi ini memberi keuntungan kepada pengguna layanan, masyarakat dan pemerintah sebagai penyedia layanan. Selain itu dengan proses yang mudah, cepat, pasti dan transparan banyak masyarakat yang ingin mengurus perizinan sehingga menambahkan pendapatan daerah maupun pertumbuhan laju investasi yang meningkat. Mekanisme dari Aplikasi ini juga mempermudah kordinasi antara Pemerintah dengan Pemerintah, Pemerintah dengan Masyarakat dan Pemerintah dengan para pebisnis. Berdasarkan jenis penelitiannya, penulis memilih menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Inovasi Pelayanan Publik Dalam Penerbitan Perjanjian Online di Kota Surabaya Melalui Surabaya Single Window. Pada penelitian ini, yang menjadi fokus kajian penelitian adalah tentang bagaimanakah inovasi penerbitan perijinan online melalui Surabaya Single Window di Kota Surabaya dan bagaimana dampak keberadaan Surabaya Single Window dalam pengurusan penerbitan perizinan di Kota Surabaya. Surabaya Single Window merupakan layanan terpadu yang bertujuan untuk memudahkan warga Surabaya atau warga asing yang ingin berinvestasi di Surabaya, yang berfungsi sebagai layanan sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam hal pelayanan perizinan dan non perizinan.Inovasi pada sektor publik telah menjadi perencanaan penting di berbagai negara, terutama di negara berkembang, karena adanya inovasi pelayanan dalam sektor publik di anggap memberikan kontribusi dalam peningatan kualitas pelayanan publik dan sebagai solusi dalam pemecahan masalah pelayanan publik. Inovasi dalam sektor publik identik dengan perubahan yang dilakukan oleh pemerintah yang dikenal sebagai konsep e-government. Dengan pengimplementasian Aplikasi Surabaya Single Window sistem pelayanan lebih cepat, mudah, pasti dan transparan. Adanya aplikasi ini memberi keuntungan kepada pengguna layanan, masyarakat dan pemerintah sebagai penyedia layanan. Selain itu dengan proses yang mudah, cepat, pasti dan transparan banyak masyarakat yang ingin mengurus perizinan sehingga menambahkan pendapatan daerah maupun pertumbuhan laju investasi yang meningkat. Mekanisme dari Aplikasi ini juga mempermudah kordinasi antara Pemerintah dengan Pemerintah, Pemerintah dengan Masyarakat dan Pemerintah dengan para pebisnis.Berdasarkan jenis penelitiannya, penulis memilih menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Inovasi Pelayanan Publik Dalam Penerbitan Perjanjian Online di Kota Surabaya Melalui Surabaya Single Window.Pada penelitian ini, yang menjadi fokus kajian penelitian adalah tentang bagaimanakah inovasi penerbitan perijinan online melaluiu SurabayaSingle Window di Kota Surabaya dan bagaimana dampak keberadaan Surabaya Single Window dalam pengurusan penerbitan perizinan di Kota Surabaya. Surabaya Single Window merupakan layanan terpadu yang bertujuan untuk memudahkan warga Surabaya atau warga asing yang ingin berinvestasi di Surabaya, yang berfungsi sebagai layanan sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam hal pelayanan perizinan dan non perizinan.

Published
2022-08-11
Section
Articles