STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS RUANG TERBUKA HIJAU DI HUTAN KOTA PAKAL SURABAYA

  • B Agung Wahyu Kristianto Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Eny H Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 321 , Full Text downloads: 567

Abstract

Pembangunan berwawasan lingkungan pada dasarnya merupakan upaya sadar dan terencana untuk menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Karakter utama dari pembangunan jenis ini adalah
keberpihakannya pada manusia dan/atau berpusat pada kepentingan manusia (people-centered development) dan bukan berpusat pada produksi (pruductions–cetered development). Dalam kerangka inilah upaya untuk menciptakan dan memelihara Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi amat penting. Sehingga dapat merumuskan masalah yaitu bagaimana langkah strategi peningkatan kualitas dan dampak Ruang Terbuka Hijau di Hutan Kota Pakal Surabaya Surabaya?.

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah strategi peningkatan kualitas ruang terbuka hijau di hutan kota pakal Surabaya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini strategi yang digunakan yaitu memperbaiki saluran irigasi sehingga tidak menimbulkan genangan pada wilayah Hutan Kota Pakal, memperbaiki gazebo agar dapat dinikmati dan tidak terganggu dengan genangan air sehingga dapat meningkatkan efek relax bagi pengunjung, mengadakan suatu kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan masih bernuansa alam, seperti pentas seni atau pertunjukan yang diadakan oleh masyarakat sekitar Hutan Kota Pakal selain itu juga dapat mengadakan pameran tanaman untuk kebutuhan edukasu di dalam Hutan Kota Pakal Surabaya, menambahkan kegiatan penanaman pohon bagi pengunjung agar masyarakat juga aktif dalam menjaga keasrian Hutan Kota Pakal, membuat jalur khusus pengunjung dari tempat parkir menuju ke Hutan Kota Pakal untuk melewati perlintasan rel kereta api agar pengunjung lebih aman, penambahan tempat kegiatan beraktifitas yang semi tertutup bagi pengunjung Hutan Kota Pakal agar terhindar dari cuaca panas dan hujan.

Published
2022-08-11
Section
Articles