Penerapan Prinsip Good Governance Pada Layanan E-Klampid Di Dinas Kependudukan Dan Pecatatan Sipil Kota Surabaya

  • Dio Bintang Pratama Harlian Harlian Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Widyawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 37 , Full Text downloads: 151

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Inovasi Pelayanan Administrasi  Kependudukan e-Klampid Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat inovasi, yaitu e-Klampid. Elektronik Lahir, Mati, Pindah, Datang, Kawin, dan Cerai merupakan layanan online untuk pengurusan akta kelahiran, akta kematian, pindah datang dan pindah keluar bagi WNI, serta akta perkawinan dan akta perceraian bagi masyarakat non-muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Administrasi  Kependudukan e-Klampid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada atribut inovasi relative advantage bahwa inovasi e-Klampid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya ini mempunyai nilai keunggulan dan nilai lebih yang mana dalam hal ini tingkat  keuntungan yang dimiliki sebuah inovasi dapat dilihat melalui nilai ekonomi, kecepatan bekerja, kemudahan bekerja dan kesenangan atau kepuasan masyarakat, serta hemat tenaga karena tidak perlu berkali-kali datang. Compatibility, bahwa terdapat kesesuaian dengan SOP yang berlaku serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Complexity, bahwa tidak terdapat kerumitan, artinya penggunaan inovasi e-Klampid lebih memudahkan masyarakat. Triability, bahwa inovasi e-Klampid telah dilakukan uji coba pada tahun 2014. Observability, bahwa melalui inovasi e-Klampid masyarakat dapat dengan mudah melihat sejauh mana proses pelayanan yang telah didaftarkan, dan output yang dihasilkan dari adanya inovasi e-Klampid dapat dirasakan oleh masyarakat.

Published
2022-10-04
Section
Articles