Strategi dan Inovasi Pelayanan Pelaporan Spt Pph Badan Melalui Aplikasi E-Spt di Kpp Pratama Surabaya Karang Pilang
Abstract
Dalam mengoptimalkan penerimaan pajak, Dirjen Pajak melakukan inovasi baru yaitu pelaporan SPT yang kini dapat dilakukan secara praktis dengan menggunakan gadget dan internet saja. Hal ini dicetuskan pemerintah dengan mempertimbangkan permasalahan yang kerap dihadapi oleh masyarakat berkaitan dengan perpajakan, yaitu panjangnya antrian, tidak efisiennya waktu yang ada, serta tidak efektif. SPT atau surat pemberitahuan sendiri merupakan surat yang dipergunakan rakyat untuk mengutarakan atau melaporkan penghasilan yang diterima, objek pajak, maupun harta yang terkena pajak sesuai dengan peraturan undang-undang mengenai perpajakan. Dalam pelaksanaannya tentu perlu disertai dengan strategi dan inovasi pelayanan yang sesuai agar dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak badan dalam melakukan pelaporan pajak. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi serta inovasi pelayanan yang dilakukan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang dalam pelaporan SPT PPh Badan melalui E-SPT. Sehingga dapat merumuskan masalah yaitu bagaimana strategi dan inovasi pelayanan pelaporan SPT PPh Badan melalui aplikasi E-SPT di KPP Pratama Surabaya, Karang Pilang?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendalami, dan memberikan gambaran strategi serta inovasi pelayanan pelaporan SPT PPh Badan melalui ESPT di KPP Pratama Surabaya, Karang Pilang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi pelayanan yang dilakukan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang adalah strategi adaptif yaitu strategi dimana instansi melakukan penyesuaian dalam sistem pelayanannya agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang terjadi pada masa kini. Hal tersebut ditunjukkan dari penyuluhan pajak yang tidak hanya dilakukan secara offline namun juga online dan adanya pelatihan mengenai kode etik dalam melayani masyarakat secara berkala agar kualitas pelayanan dapat meningkat. Inovasi E-SPT sebagai program pelayanan dinilai baik karena sudah memenuhi prinsip-prinsip baiknya suatu inovasi pelayanan yaitu responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Dilihat dari praktisnya program E-SPT dan transparan.