Inovasi Kebijakan E-Lampid Dalam Meningkatkan Pelayanan Surat Dan Data Kependudukan (Studi Kasus Terhadap Pelaksanaan Program E-Lampid Di Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya)

  • Theofilus Paulinus Bhia Laru Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Eny Hariyati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 270 , Full Text downloads: 586

Abstract

Pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah di bidang administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat inovasi, yaitu E-Lampid. E-Lampid merupakan layanan online untuk pengurusan akta kelahiran, akta kematian, pindah datang dan pindah keluar bagi WNI, serta akta perkawinan dan akta perceraian bagi masyarakat non-muslim. Selanjutnya E-Lampid disebar hingga tingkat Kelurahan di Kota Surabaya untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah di Kelurahan Penjaringan Sari Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualititatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data hasil dari penelitian. Lokasi yang dipilih untuk penelitian ini adalah Kelurahan Penjaringan Sari Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Fokus penelitian ini adalah inovasi e-lampid dalam peningkatan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Penjaringan Sari Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Published
2022-10-10
Section
Articles