Pengaruh Orientasi Pasar, Lingkungan Bisnis Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Inovasi Sebagai Variabel Interverning Pada Bank Jatim Cabang Utama Surabaya

  • Yudi Eko Prasetyo Universitas Dr. Soetomo
  • Susanto S Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 105 , PDF downloads: 67

Abstract

Marketing performance is a measure of a company's success which is measured over a predetermined time period. The purpose of this research is to analyze the influence of market orientation, business environment, and organizational culture on marketing performance through innovation development. This type of research is an associative survey. The sample in this study were 112 employees of Bank Jatim Surabaya Main Branch using census sampling technique. The analysis technique in this research is using AMOS analysis. The findings in this study prove that market orientation, business environment, and organizational culture have a significant effect on innovation development. The findings also prove that market orientation, business environment, organizational culture, and innovation development have a significant effect on marketing performance.

References

Ferdinand, Augusty., (2000). “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategy”. Research Paper Serie. No. 01 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro (Maret).

Ferdinand, Augusty, 1999. “Strategic Toward Sustainable Competitive Advantage, Unpublised DBA Thesis, Souttherm Cross, Lismore, Australia.

Firman Agung Pristiwantoro (2003). “Analisis variable variable yang mempengaruhi pengembangan inovasi untuk meningkatkan kinerja pemasaran (Studi pada Bank Mandiri di Jawa Tengah)”. Thesis MM Universitas Diponogero, tidak dipublikasikan, Semarang.

Ghozali, I. & Fuad.(2008). Structural Equation Modeling. Semarang: Universitas Diponegoro.

Giska Ova Gradistya, Naili Farida (2016). “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Batik di Jawa Tengah)”. Universitas Diponegoro.

Hair et al. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.

Han, Jin K., Namwoon Kim & Rajendra K. Srivastava, 1998. “Market Orientation and Organizational Performance: Is Innovation a Missing Link?”. Journal Of Marketing, Vol 62 (October).

Heri Setiawan (2013). “Pengaruh Orientasi Pasar, Budaya Organisasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Kecil Pengolahan di Kota Palembang)”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.11 No.3 September 2013.

Melanny Methasari, Gogi Kurniawan dan A. Rochim Sidik (2018). “Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Di Kabupaten Madiun”. Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN “Veteran” Jatim Volume 8 Nomor 2 Oktober tahun 2018.

Melanie V. A. Karinda, Lisbeth Mananeke, Ferdy Roring (2018). “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon”. Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lapian, Agnes Adelina., Massie, James,. Ogi, Imelda (2016). “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi produk Terhadap Kinerja Pemasaranpada PT. BPR Prisma Dana Amurang”. Vol. 30 No. 2 Juli 2015, 30(2), 161–177.

Pattipeilohy, S. Y. E., dan Y. Wijaya. 2018. “Kajian Teologi Moral Terhadap Fashion sebagai Isu Budaya Populer”. Kawistara, 8, (1) : 91-103.

Robbins,Stephen P. and Coulter,Mary. (2010). Managemen Edisi Kesepuluh. Jakarta. Erlangga.

Robbins,Stephen P. and Coulter,Mary. (2012). Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

R. Mohammad Fajri Abdillah (2016). “Analisis Orientasi Pasar, Lingkungan Bisnis Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Bidang Kuliner Rumah Makan Padang di Jakarta Selatan Yang terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta”. Perbanas.

Rediyono, Ujianto (2013). “Pengaruh Inovasi, Budaya Organisasi dan Teamwork Terhadap Kinerja Manajerial Serta Implikasinya Pada Kinerja Bank Perkreditan Rakyat di Provinsi Kalimantan Timur”. DIE, Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen April 2013, Vol. 9 No.2. Hal. 103 – 119.

Septiana Novita Dewi, Aris Tri Haryanto (2016). “Pengaruh Ketidak Pastian Lingkungan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Dengan Inovasi Sebagai Varibel Mediator (Studi Pada

Bank Perkreditan Rakyat Di Solo Raya)”. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi STIE AUB Surakarta, Volume 11, No 2, September 2016.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sukesi (2020). “Riset Pemasaran (disertai contoh-contoh dan studi kasus)”. Surabaya. Unitomo Press.

Wahyono, (2002), “Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume I, No. 1, Mei 2002.

Published
2022-11-23
Section
Articles