Analisis Strategi Pemasaran Produk Kartu Kredit dalam Menarik Minat dan Kepuasan Masyarakat Generasi Milenial Menjadi Calon Nasabah Diera Pandemi Covid 19

  • Achmad Dwi Noviyanto
  • J.F.X. Susanto Sukiman
Abstract views: 176 , PDF Journal downloads: 360

Abstract

ABSTRAK: Dunia perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam hal memajukan ekonomi
nasional. Sebagai lembaga keuangan, bank mempunyai tugas pokok berupa menghimpun dana
(funding)dan kemudian menyalurkan kembali dana (lending)tersebut kepada masyarakat . Bank Rakyat
Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat
Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16
Desember 1895 dan telah beroperasi sejak Desember 1985. Bank BRI adalah perusahaan Bank BUMN di
Indonesia. Terhitung sejak tanggal 15 Oktober 2021 PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
mengumumkan produk kartu kreditnya. Kartu Kredit BRI merupakan Kerjasama Bank BRI dengan
MasterCard Internasional yang merupakan pemimpin system pembayaran yang diterima seluruh dunia.
Dengan memprioritaskan kepuasan dan kemudahan bagi para nasabahnya Kartu Kredit BRI dapat
digunakan untuk bertransaksi diseluruh jaringan outlet (merchant) yang berlogo Mastercard/Maestro/Cirrus
yang tersebar diseluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan
minat masyarakat terhadap calon nasabah di bank BRI Kaliasin Surabaya. Populasi dari penelitian ini
adalah calon nasabah generasi milenial yang belum memiliki kartu kredit untuk menjadi bank BRI 2021
dengan jumlah 150 orang. Sedangkan sampel adalah orang yang mengisi kuisioner kuisioner online yang
akan dibagikan kekaryawan dan pengunjung bank bri kaliasian surabaya berjumlah 150 orang. Metode
yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa

Direct Marketing memiliki pengaruh langsung terhadap minat masyarakat, Promosi memiliki pengaruh tidak
langsung terhadap minat masyarakat generasi milenial, Price Diskon memiliki pengaruh langsung terhadap
minat generasi milenial, afiliansi marketing memiliki pengaruh langsung terhadap minat masyarakat
generasi milenial, Produk Kartu Kredit memiliki pengaruh langsung terhadap minat masyarakat generasi
milenial, Minat Masyarakat Generasi Milenial memiliki pengaruh langsung terhadap Kepuasan Masyarakat
Generasi Milenial untuk menjadi Calon Nasabah,
Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Minat Masyarakat; Calon Nasabah; PLS.


ABTRACT: The world of banking has a very important role in advancing the national economy. As a
financial institution, a bank has the main task of collecting funds (funding) and then channeling the funds
(lending) back to the public. Bank Rakyat Indonesia (BRI) is one of the largest state-owned banks in
Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) was founded in Purwokerto, Central Java by Raden Bei Aria
Wirjaatmadja on December 16, 1895 and has been operating since December 1985. Bank BRI is a stateowned bank company in Indonesia. As of October 15, 2021 PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
announced its credit card product. BRI Credit Card is a partnership between Bank BRI and MasterCard
International, which is the leading payment system accepted worldwide. By prioritizing and making it easy
for its customers, BRI Credit Cards can be used for transactions throughout a network of outlets (merchants)
bearing the Mastercard/Maestro/Cirrus logo that are spread all over the world. This study aims to determine
the influence of marketing strategies and public interest on prospective customers at BRI Kaliasin bank,
Surabaya. The population of this study is prospective millennial generation customers who do not yet have
a credit card to become a BRI bank in 2021 with a total of 150 people. While the sample is 150 people who
fill out online questionnaires that will be distributed to employees and visitors to Bank BRI Kaliasian
Surabaya. The method used is Partial Least Square (PLS). Based on the results of the analysis, it can be
interpreted that Direct Marketing has a direct influence on public interest, Promos have an indirect influence
on the interest of the millennial generation, Price Discounts have a direct influence on the interest of the
millennial generation, Affiliate marketing has a direct influence on the interest of the millennial generation,
Credit Card Products has a direct influence on the interest of the millennial generation community, the
interest of the Millennial Generation Community has a direct influence on the Satisfaction of the Millennial
Generation Community to become Prospective Customers,
Keyword: Marketing Strategy; Community Interests; Prospective Customer; PLS.

References

Apriliani, N. D., Bachmid, S., & Saifullah, S. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan Ib Baitullah Hasannah Pada Bank BNI Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 75–95. https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.12.75-95

Ahsan, Zuhdi (2012) Hubungan minat .fotograji dengan motivasi bekerja pada anggota Of'KGnisasijheprel club Universilas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas [slam Negeri Maulana Malik Ibrahim (Skripsi).

[AKKI] Asosiasi Kartu Kredit Indonesia, 2016. Daftar Perkembangan Jumlah Kartu Kredit diindonesia 2016. [internet].[diunduh pada 2016 April 20]. Tersedia pada http://www.akki.or.id/index.php/cr

[BI] Bank Indonesia. 2013. Daftar Penerbit Kartl.1 Kredit di Indonesia. 2013. [internet). [diunduh pada 2015 September 11). Tersedia pada

http://www.bi.go.id/id/statistik/sistempembayaran/apmk/documents/dafta rpenerbitkartukredit5.pdf

[BRl] Bank Rakyat Indonesia. 2021. Laporan Tahunan (prospektus) 2021. [internet). [diunduh pada 2021 Oktober 2021). Tersedia pada https://www.ir- bri.com/misc/CA/Prospektus-PMHMETD.pdf

Bank Rakyat Indonesia, 2021. Jenis-Jenis Kartu Kredit Bank Rakyat lndonesia.(https://kartukredit.bri.co.id) 16 Oktober 2021

Barnawi & Arifin, A., 2012. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter.

Jogjaka1ta: Ar-Ruzz Media.

Budi santoso, T dan Triandam, S. 2006, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Salemba Empat: Jakarta.

DEWI, B. R. S. (2019). Pengaruh Diskon Dan Hadiah Terhadap Penggunaan Kartu Kredit (Studi Pada Pemandiring Kartu Kredit Bank Mandiri Cabang Mataram). Ganec Swara, 13(2), 221. https://doi.org/10.35327/gara.v13i2.85

Dospinescu, O., & Anastasiei, B. (2019). SS symmetry Key Factors Determining the Expected Benefit of Customers When Using Bank Cards : An Analysis on. Journal Symmetry.

Efriyanti, Farida dan Wijaya Olivia , 2016. '' Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Sangga Buana Seputih Banyak Lampung Tengah". Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 6 No. 2 April 20 I 6 : 155 - l 75, Universitas Bandar Lampung.

Hasanudin, Nurwulandari, A., & Safitri, R. kris. (2021). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 494–512.

Handoko, T.H., Personalia, M. and Manusia, S.D., 2011. Edisi 2. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, BPFE, Yogyakarta

Hendarsyah, D. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 85–96. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.204.

Imtihan, I., Hasan, I., & Anisak, P. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Kartu Kredit. Jurnal Ecogen, 4(2), 240. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11037

Kondoy, B. M. . J., Tewal, B., & Worang, F. (2016). Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan menjadi Nasabah di BPR Prisma Dana Manado. Jurnal EMBA, 4(4), 1025–1036.

Majhaf, S. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16–

https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192

Mawardi. (2018). Pengaruh Promosi Tabungan Bank Sumsel Babel Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Palembang. Al-Tijary, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21093/at.v4i1.1282

Nadlifatin, R., Persada, S. F., Clarinda, M., Handiwibowo, G. A., Laksitowati, R. R., Prasetyo, Y. T., & Perwira Redi, A. A. N. (2022). Social media-based online entrepreneurship approach on millennials: A measurement of job pursuit intention on multi-level marketing. Procedia Computer Science, 197, 110–117. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.124

Nor Cahya Ningtias, K., & Duriany Soemarso, E. (2019). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG BRITAMA PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk CABANG PEMBANTU PURI ANJASMORO SEMARANG. Keunis, 7(1), 20.

https://doi.org/10.32497/keunis.v7i1.1530

Pratiwi, D., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Atirbut Tabungan, Mutu Tabungan dan Promosi Penjualan Terhadap Citra Perusahaan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Nasabah ( Studi kasus pada Bank Jateng Cabang Kordinator Semarang

). Diponegoro Journal Of Management, 5, 1–15.

Qurthuby, M. M. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah Cibadak-Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 17. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4682

Published
2022-12-07
Section
Articles