Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr <p>Soetomo Business Review (SBR) adalah jurnal berbasiskan daring yang mendiskusikan kajian teoretis dan aplikatif dari diskursus Bisnis dan Ekonomika. Dengan pendekatan berbasiskan interdispliner, SBR mempertanyakan ulang sejauh mana perkembangan Bisnis, Manajemen, dan Ekonomika diaplikasikan dalam pelbagai kajian. SBR menerima naskah sepanjang tahun dengan perspektif kemandirian untuk diseminasi ilmu pengetahuan.</p> en-US [email protected] (Sukesi) [email protected] (Sasetyo Aryono) Tue, 05 Mar 2024 05:22:52 +0700 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGEMBANGAN KARIR DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSKESMAS TENGGABA DI SUMBA BARAT DAYA PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7983 <p>Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan,<br>pengembangan karir dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di Puskesmas<br>Tenggaba di Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini dilakukan<br>dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menitikberatkan pada<br>pengujian hipotesa dengan alat analisa metode statistik dan menghasilkan kesimpulan yang<br>dapat digeneralisasikan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh<br>karyawan Puskesmas Tenggaba di Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur.<br>Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate<br>random sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana semua anggota mempunyai<br>kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel sesuai dengan proporsinya. Jumlah sampel<br>berdasarkan perhitungan masing-masing cluster tersebut, sehingga didapatkan sampel<br>sebesar 1 + 31 + 43 = 75 orang. Alat uji yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier<br>berganda dengan bantuan software SPSS. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat<br>disimpulkan bahwa, hasil dari uji validitas adalah valid, uji reliabilitas adalah reliabel. Dari<br>hasil Uji F didapatkan hasil bahwa Kepemimpinan (X1), Pengembangan Karir (X2) dan<br>Lingkungan Kerja (X3) secara simultan terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada Puskesmas<br>Tenggaba di Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Dari hasil uji t dapat<br>diketahui bahwa Kepemimpinan (X1), Pengembangan Karir (X2) dan Lingkungan Kerja (X3)<br>secara parsial terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada Puskesmas Tenggaba di Sumba Barat<br>Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur<br>Kata Kunci:&nbsp;</p> Andri Yulius Bobo, Dr. Liosten R.R. Ully Tampubolon, MM, Prof. Dr. Drs. H. Eddy Yunus, ST., MM, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7983 Mon, 04 Mar 2024 14:54:19 +0700 PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KERTAS BUNGKUS NASI MERK DUA ELANG PT TEMA WADAH LESTARI DI KABUPATEN MALANG https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7984 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh tempat terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh produk terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh produk terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan, menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan, dam pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan pada produk kertas bungkus nasi merk Dua Elang PT Tema Wadah Lestari di Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Surabaya dan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh agen dan distributor PT Tema Wadah Lestari dengan jumlah yang belum diketahui secara pasti.. Sampel penelitian ini menggunakan<em> simple random sampling </em>dan perhitungannya menggunakan teori dari Hair et al, jumlah sampling sebanyak 115 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode statistik dengan permodelan <em>Structural Equation Modelling</em> (SEM) <em>Partial Least Square </em>(PLS). Penelitian ini menyimpulkan bahwa Produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, produk, harga, promosi, tempat, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, Produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan.</p> Agus Suryo Atmojo Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7984 Mon, 04 Mar 2024 21:45:50 +0700 PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI STAF URUSAN KEUANGAN SATUAN KERJA POLDA PAPUA BARAT https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7985 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, kemampuan kerja dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai staf urkeu Satuan Kerja Polda Papua Barat, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, kemampuan kerja dan disiplin kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai staf Urkeu Satuan Kerja Polda Papua Barat, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis variabel manakah di antara motivasi kerja, kemampuan kerja dan disiplin kerja yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai staf Urkeu Satuan Kerja Polda Papua Barat. Jumlah sample yang digunakan 98 responden. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan</p> <p>(1) secara simultan motivasi kerja (X1), kemampuan kerja (X2) dan disiplin kerja (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), (2) motivasi kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, (3) kemampuan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, (4) disiplin kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dan (5) kemampuan kerja adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan (Y).</p> Maurits Walalayo, Prof. Dr. Drs. H. Eddy Yunus, ST., MM, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, Dr.Liosten R.R. Ully Tampubolon, MM Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7985 Mon, 04 Mar 2024 22:22:33 +0700 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KLINIK MATA SURABAYA https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7944 <p>Jenis penelitian ini kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif.. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan melalui Kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data adalah kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel insidental. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah karyawan Klinik Mata Surabaya dengan sampel sebanyak 75 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier untuk hipotesis 1, 2, 3, 4 dan 5, analisis jalur dan uji sobel .untuk hipotesis 6 dan 7 melalui program SPSS 20.0 <em>for windows</em>. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,49 dan t hitung (4,808) &gt; t tabel (1,667); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai r sebesar 0,437 dan t hitung (4,148) &gt; t tabel (1,667); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai r sebesar 0,282 dan t hitung (2,510) &gt; t tabel (1,667); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai r sebesar 0,284 dan t hitung (2,532) &gt; t tabel (1,667); (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai r sebesar 0,364 , dan t hitung (3,339) &gt; t tabel (1,667) pada taraf signifikansi 5%; (6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening dengan nilai r sebesar 0,383 dan t hitung (2,0834) &gt; t tabel (1,667); (7) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai variable intervening dengan nilai r sebesar 0,39 dan t hitung (2,07021) &gt; t tabel (1,667).</p> Ratih Rahayu, Prof Dr H Eddy Yunus ST MM, Dr. Meithiana Indrasari, ST.,MM, Dr. Liostien R.R Ully Tampubolon, MM Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/7944 Mon, 04 Mar 2024 22:33:24 +0700 PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PEKEN SURABAYA https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8034 <p>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kualitas hubungan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan toko kelontong Peken Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah staf ASN di Pemerintah Kota Surabaya yaitu sebanyak 2693 orang dan sampel yang diambil sebanyak 140 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas hubungan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas hubungan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, kualitas hubungan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.</p> Niā€™matul Masruroh, Slamet Riyadi Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8034 Tue, 19 Mar 2024 10:11:38 +0700 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS YANG BERDAMPAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUBSEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN DI BURSA EFEK INDONESIA https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8035 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>tax avoidance, leverage,</em> ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai intervening. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Industri otomotif Indonesia dalam sektor manufaktur telah menjadi sebuah pilar penting karena banyak perusahaan mobil yang terkenal di dunia membuka (kembali) pabrik-pabrik manufaktur mobil atau meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Populasi dan sampel sebanyak 10 perusahaan subsektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang telah di unggah pada BEI. Analisis data menggunakan sobel tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tax avoidance tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Leverage tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Tax avoidance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sales growth tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.</p> Novita Susilowati, Aminullah Assagaf, Iwan Pangestu Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8035 Tue, 19 Mar 2024 10:41:41 +0700 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM DENGAN EARNING PER SHARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN RETAIL DI BURSA EFEK INDONESIA https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8036 <p>Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis faktor yang dapat ada pengaruh pada harga saham diantaranya CR, DER, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan dan EPS. Pendekatan penelitian didasarkan pada pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel berjumlah 27 perusahaan ritel terdaftar BEI. Data yang digunakan yaitu data sekunder (laporan keuangan). Analisis data menggunakan uji Sobel. Penelitian menunjukkan pertumbuhan pendapatan ada pengaruh positif dan signifikan pada laba per saham.&nbsp; Ukuran perusahaan ada pengaruh positif dan signifikan pada laba per saham. Rasio utang pada ekuitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada laba per saham. Rasio lancar tidak ada pengaruh pada laba per saham. Laba per saham (EPS) memiliki dampak positif yang besar pada harga saham. Pertumbuhan penjualan tidak ada pengaruh pada harga saham. Ukuran perusahaan ada pengaruh positif dan signifikan pada harga saham. Rasio hutang pada ekuitas tidak&nbsp; ada pengaruh pada harga saham. Rasio lancar mempengaruhi harga saham.</p> Iwan Pangestu, Aminullah Assagaf, Novita Susilowati Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8036 Tue, 19 Mar 2024 10:57:46 +0700 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (APLIKASI JOSS) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI DPMPTSP PROVINSI JAWA TIMUR https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8037 <p>Berdasarkan pada hasil penelitian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan perizinan berusaha terhadap kepuasan masyarakat, dengan mempertimbangkan penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening. Responden penelitian ini berjumlah 331 responden dari masyarakat yang menggunakan layanan DPMPTSP Jawa Timur maupun service point di Bakorwil. Responden diberi pertanyaan melalui kuesioner yang kemudian dilakukan analisis <em>Structural Equation Modelling</em> (SEM) melalui metode <em>Partial Least Square </em>(PLS) dan dibantu dengan penggunaan <em>software</em> berupa SmartPLS4 menghasilkan korelasi antara variabel konstruk sesuai dengan tujuan penelitian ini diselenggarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh dari Kualitas Pelayanan terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan memiliki pengaruh terhadap konstruk Kepuasan Masyarakat. Namun saat Penggunaan Teknologi Informasi menjadi variabel intervening tidak memiliki pengaruh terhadap konstruk variabel Kepuasan Masyarakat. Bahwa Penggunaan Teknologi Informasi dapat menjadi mediasi antara Konstruk Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat.</p> Nawang Wulan Dyah Puspitasari , Daniel Gunarto Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8037 Tue, 19 Mar 2024 11:11:20 +0700 PENGARUH KOMPENSASI, STRES KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURABAYA https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8038 <p>Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang berperan aktif dalam menggerakkan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Faktor pertama yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah kompensasi. Kemudian, faktor kedua yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah faktor Stres Kerja. Organizational Citizenship Behavior merupakan faktor ketiga yang mempengaruhi Kinerja Pegawai. Selain keempat faktor tersebut, faktor Kepuasan Kerja juga dapat mempengaruhi Kinerja Karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah penelitian yaitu Pengaruh Kompensasi, Stres Kerja dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pada Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Surabaya. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi sampel penelitian ini adalah pegawai Bagian Administrasi Pengadaan Barang/Jasa dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Surabaya yang berjumlah 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini adalah Kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Karyawan, Stres Kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Kepuasan Karyawan, Organizational Citizenship Behavior berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Karyawan, Kompensasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kepuasan Karyawan. Kinerja, Stres Kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Organizational Citizenship Behavior berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan, dan Kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Kompensasi dan Stres Kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan, sedangkan Organizational Citizenship Behavior berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan.</p> Martania Wahyuning Puspa, Sukesi Copyright (c) 2024 Soetomo Business Review https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/8038 Tue, 19 Mar 2024 00:00:00 +0700